• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Tepat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Inilah Cara Tepat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Cara Tepat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang penting dilakukan. Pasalnya, daya tahan tubuh memegang peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Daya tahan tubuh yang terjaga dengan baik bisa membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi yang bisa menyebabkan penyakit. 

Kabar baiknya, menjaga daya tahan tubuh ternyata bisa dilakukan dengan sederhana. Menerapkan gaya hidup sehat, di antaranya mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mengelola stres, serta cukup istirahat adalah kunci menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kamu bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen khusus untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh

Tips Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Pada dasarnya, daya tahan tubuh memiliki peran yang sangat penting, yaitu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah infeksi penyebab penyakit. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Lantas, apa saja cara dan tips yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh? 

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, cukup beristirahat, serta melengkapinya dengan konsumsi suplemen khusus. Agar daya tahan tubuh selalu terjaga, kamu bisa mengonsumsi suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral. 

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Sebab, kekurangan beberapa jenis vitamin, seperti zinc, selenium, asam folat, zat besi, serta vitamin A, B6, C, dan E disebut bisa memengaruhi daya tahan tubuh. Namun, masih dibutuhkan penelitian pada manusia untuk membuktikannya dan mencari tahu apa yang menjadi penyebab hal ini bisa terjadi.

Baca juga: 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Secara umum, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, di antaranya: 

1. Konsumsi Makanan Sehat 

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, termasuk buah dan sayuran. 

2. Mengelola Stres 

Daya tahan tubuh bisa terjaga dengan baik dengan cara mengelola stres. Sebab, ternyata ada kaitan antara tingkat stres seseorang dengan kekebalan tubuh. Selain menghindari stres, kamu juga bisa mengelola hal ini dengan melakukan latihan pernapasan atau meditasi. 

3. Cukup Beristirahat 

Menjaga daya tahan tubuh salah satunya bisa dilakukan dengan istirahat. Dengan cukup istirahat, tubuh akan lebih bugar dan pada akhirnya membuat kekebalan tubuh bertambah. Saat daya tahan tubuh bekerja maksimal, risiko infeksi maupun serangan penyakit akan menjadi lebih kecil. 

4. Konsumsi Suplemen Khusus 

Di samping menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi suplemen khusus juga bisa membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Namun, penting untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi multivitamin juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan tubuh yang tidak bisa dipenuhi dari pola makan yang diterapkan. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Biar lebih mudah, dapatkan rekomendasi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan menggunakan fitur Halofit di aplikasi Halodoc. Layanan ini dirancang khusus untuk membantu menentukan jenis, dosis, serta waktu yang tepat dalam mengonsumsi vitamin. Langkah pertama adalah melakukan skrining rekomendasi suplemen oleh apoteker. Nantinya kamu akan diminta untuk menjawab beberapa jenis pertanyaan di aplikasi. Kemudian, lihat dan dapatkan rekomendasi paket suplemen yang dibutuhkan. Setelah mengetahui jenis dan asupan vitamin yang dibutuhkan, kamu akan diarahkan untuk memilih paket suplemen untuk dibeli. Halodoc menyediakan suplemen berkualitas yang dikemas praktis, yaitu sesuai dosis harian.

 

Referensi:
Harvard university. Diakses pada 2021. How to boost your immune system.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Ways to Boost Your Body’s Natural Defenses. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Strengthen Your Immune System With 4 Simple Strategies.