• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh

Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 September 2020
Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh

Halodoc, Jakarta - Vitamin adalah unsur penting dari makanan yang telah lama diketahui mempengaruhi sistem imun. Vitamin A dan D telah mendapatkan perhatian khusus dalam beberapa tahun terakhir karena terbukti memiliki efek yang tidak terduga dan penting pada respon imun atau kekebalan tubuh.

Meskipun vitamin yang larut dalam air memiliki banyak tugas dalam tubuh, salah satu yang terpenting adalah membantu membebaskan energi yang ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi. Sementara itu, manfaat yang lainnya adalah membantu menjaga jaringan tetap sehat dan memperkuat imun tubuh. 

Baca juga: Mulai Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus

Manfaat Penting yang Diperoleh Dari Vitamin

Berikut ini beberapa manfaat vitamin untuk membantu menjaga tubuh agar tetap sehat, yaitu: 

  1. Melepaskan Energi. Beberapa vitamin B adalah komponen kunci dari koenzim tertentu (molekul yang membantu enzim) yang membantu melepaskan energi dari makanan.
  2. Menghasilkan Energi. Thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, dan biotin terlibat dalam produksi energi. 
  3. Membangun protein dan sel. Vitamin B6, B12, dan asam folat membantu metabolisme asam amino (bahan penyusun protein) dan membantu sel berkembang biak.
  4. Membuat Kolagen. Salah satu dari banyak peran yang diberikan oleh vitamin C adalah membantu membuat kolagen, menyatukan luka, menopang dinding pembuluh darah, dan membentuk dasar pembuatan dan penguat gigi dan tulang. 

Vitamin Penting untuk Menjaga Imun Tubuh

Vitamin bisa bersumber dari berbagai makanan yang dikonsumsi atau suplemen khusus. Namun, sebelum kamu mengonsumsi suplemen vitamin khusus, sebaiknya kamu bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc sesuai kebutuhan tubuh akan vitamin. 

Nah, peningkatan daya tahan tubuh bisa kamu dapatkan melalui beberapa vitamin berikut ini: 

  • Vitamin C. Merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit. Vitamin C memperkuat sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Vitamin D: Vitamin ini baik untuk menjaga imunitas tubuh. Ia mampu memperkuat tubuh dalam melawan zat patogen. Konsumsi vitamin D mampu mengurangi risiko terjadinya infeksi pernapasan. Hal ini tentunya penting untuk menjaga kesehatan tubuh di masa-masa pandemi seperti ini.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

  • Vitamin E: Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang baik untuk melawan serangan radikal bebas. Kamu bisa menemukan vitamin E yang terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, hingga biji bunga matahari. 
  • Vitamin B Kompleks: Yaitu termasuk B6 dan B12, keduanya berperan penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Kebanyakan orang dewasa mengalami kekurangan vitamin ini. Kamu bisa menemukannya dalam kandungan sereal, loh.
  • Zinc: Zinc bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin ini diperlukan dalam proses perkembangan sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk memerangi inflamasi. Orang yang kekurangan nutrisi ini biasanya berisiko lebih tinggi mengalami berbagai infeksi dan penyakit, termasuk pneumonia. Kandungan zinc bisa kamu temukan dalam tiram, kepiting, daging tanpa lemak, kacang buncis, dan yoghurt. 

Vitamin yang Larut dalam Lemak

Kebanyakan vitamin larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak masuk ke darah melalui saluran getah bening di dinding usus. Banyak vitamin yang larut dalam lemak berjalan melalui tubuh hanya di bawah pengawalan protein yang bertindak sebagai pembawa.

Baca juga: Rutin Konsumsi Kencur, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Makanan berlemak dan berminyak adalah reservoir bagi vitamin yang larut dalam lemak. Di dalam tubuh, jaringan lemak dan hati bertugas sebagai penahan utama vitamin-vitamin dan melepaskannya sesuai kebutuhan. 

Sampai batas tertentu, kamu bisa menganggap vitamin ini sebagai mikronutrien. Kamu mungkin saja mengonsumsi suplemen vitamin sesekali, atau dalam dosis mingguan atau bulanan. Sebab tubuh akan membuang kelebihan dan membuangnya secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan tubuh kamu. 

 

Referensi:

Help Guide. Diakses pada 2020. Vitamins and Minerals

Nature Reviews Immunology. Diakses pada 2020. Vitamin effects on the immune system: vitamins A and D take centre stage

Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. The benefits of vitamin supplements