Inilah Manfaat Mandi Susu untuk Kecantikan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Juli 2021

"Menjaga kecantikan kulit menjadi salah satu manfaat mandi susu yang sudah tidak diragukan lagi. Manfaatnya dapat kamu nikmati jika rutin melakukannya. Tidak perlu di salon, kamu dapat melakukannya sendiri di rumah dengan tips berikut ini."

Inilah Manfaat Mandi Susu untuk Kecantikan KulitInilah Manfaat Mandi Susu untuk Kecantikan Kulit

Halodoc, Jakarta – Mandi susu memang memiliki manfaat bagi kecantikan kulit. Namun, takaran susu dan durasi saat mandi menjadi hal penting untuk diperhatikan. Jika dirasa tidak nyaman dan menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya segera hentikan.

Baca juga: 8 Perawatan untuk Mencegah Jerawat Batu di Pipi

Manfaat Mandi Susu bagi Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat mandi susu bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi Kulit Kering

Melembapkan dan mengatasi kulit kering menjadi manfaat mandi susu yang pertama. Hal tersebut karena kandungan lemak dan protein dalam susu yang menyerap dan menempel di kulit.

Kandungan asam laktat di dalam susu juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Asam laktat merupakan asam alfa hidroksi yang biasa terdapat dalam produk perawatan kulit dan kosmetik.

2. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat mandi susu selanjutnya adalah menghaluskan dan mencerahkan kulit. Mandi susu membuat sel-sel kulit mati terangkat, sehingga kulit pun terlihat lebih cerah. Kandungan vitamin E dan zinc dalam susu juga dapat membantu proses regenerasi kulit baru. Regenerasi sel tersebut menghasilkan kulit baru yang lebih halus.

3. Mencegah Penuaan

Mencegah penuaan merupakan manfaat mandi susu selanjutnya. Hal tersebut karena vitamin E dalam susu dapat menangkal radikal bebas yang mempercepat gejala penuaan.

Selain itu, kandungan vitamin D dalam susu dapat meningkatkan elastisitas kulit. Memiliki elastisitas kulit yang baik akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih muda.

4. Mengobati Kulit dari Sengatan Matahari

Paparan sinar UV akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Manfaat mandi susu selanjutnya adalah mengobati kulit setelah terpapar sengatan matahari.

Susu memiliki kandungan protein, lemak, vitamin A, dan asam amino yang baik untuk mengatasi kulit terbakar. Setelah mandi susu, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya untuk merelaksasi kulit setelah terkena sengatan matahari.

5. Meredakan Gatal

Tahukah kamu jika kulit gatal dan bersisik karena penyakit kulit psoriasis dapat diredakan dengan berendam di dalam air hangat?

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mandi air susu yang dicampur dengan garam, minyak mineral, madu, atau minyak zaitun.

Sejumlah bahan alami tersebut mampu melembapkan kulit dan membantu meringankan gejala gatal dan kulit kering pada pengidap psoriasis.

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Mencegah Jerawat

Bisakah Dilakukan Sendiri di Rumah?

Di masa pandemi seperti sekarang ini, memang sebaiknya melakukan kegiatan apa pun di dalam rumah, tidak terkecuali mandi susu. Manfaat mandi susu bagi kesehatan dan kecantikan kulit dapat kamu nikmati jika melakukannya secara rutin. Begini cara mandi susu di rumah:

  • Siapkan 2–3 cangkir susu murni tanpa mengandung gula tambahan atau perasa apa pun.
  • Campurkan bahan ke dalam air untuk mandi.
  • Berendam di dalamnya selama kurang lebih 15–20 menit.
  • Jangan lupa untuk menggosok tubuh agar sel-sel kulit mati terangkat.
  • Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

Baca juga: Tabir Surya Meringankan Pregnancy Mask saat Hamil

Tidak disarankan untuk merendam terlalu lama karena dapat memicu dehidrasi.

Selain menggunakan air susu saja, kamu bisa mencampurnya dengan sejumlah bahan alami, seperti garam, minyak mineral, madu, atau minyak zaitun.

Jika kamu mengidap alergi, sebaiknya urungkan niat untuk mandi susu agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan. Jika sudah terlanjur dan muncul sejumlah reaksi alergi, hubungi dokter tepercaya di aplikasi Halodoc.

Referensi:
Dr. Axe. Diakses pada 2021. What Is a Milk Bath? Plus, Benefits and Recipes.
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of a Milk Bath, How Do You Take One, and Is It Safe?
Very Well Health. Diakses pada 2021. Milk Baths for Your Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan