5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Juli 2023
5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

“Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun jarang terjadi, tetapi tubuh bisa mengalami kekurangan vitamin E. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E menjadi cara tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin E. Dengan begitu, manfaat vitamin E dapat kamu rasakan dengan optimal, seperti mengoptimalkan kesehatan mata dan menjaga keseimbangan hormon.”

Halodoc, Jakarta – Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil. Namun sayangnya vitamin tidak diproduksi oleh tubuh. Vitamin didapat tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan membuat tubuh berfungsi lebih optimal.

Baca juga: Ini 3 Alasan Harus Konsumsi Suplemen Vitamin E

Ada berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya vitamin E. Vitamin E menjadi suplemen paling populer karena fungsinya sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan. Senyawa tokoferol pada vitamin E bersifat fat soluble atau larut dalam lemak. Yuk, ketahui lebih banyak manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh.



Inilah Sumber Vitamin E

Sumber makanan yang mengandung vitamin E banyak ditemukan pada kacang-kacangan, seperti almond dan kacang tanah. Selain itu, kandungan vitamin E juga terdapat pada jagung, kedelai, minyak biji bunga matahari, dan bibit gandum.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine (NLM) Amerika Serikat, sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, daun lobak, dan brokoli juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Tidak hanya sayuran, kandungan vitamin E juga terdapat pada buah-buahan, seperti alpukat, tomat, pepaya, mangga, dan wortel.

Baca juga: Ini 6 Buah yang Bikin Kulit Makin Mulus



Kenali Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan

Sebagian besar orang hanya mengetahui manfaat vitamin E sebatas pada kemampuannya untuk menghaluskan kulit. Padahal, masih banyak kegunaan vitamin E.

Berikut ini beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan, yaitu:



1. Antioksidan untuk Penangkal Radikal Bebas

Radikal bebas memang membahayakan bagi tubuh, karena dapat merusak sel tubuh sekaligus memicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan keluhan pada jantung.

Oleh karena itu, konsumsi sayur-sayuran seperti bayam dan sawi bisa mencegah terjadinya penuaan sel, karena kedua jenis sayuran ini memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.



2. Menunjang Kesehatan Mata

Banyak gangguan mata yang disebabkan adanya ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh, kandungan antioksidannya mampu menjaga kesehatan sel mata lebih baik.



3. Menjaga Keseimbangan Hormon

Manfaat vitamin E lainnya untuk keseimbangan sistem endokrin dan saraf karena mampu menyeimbangkan sistem hormon. Beberapa gejala hormon yang tidak seimbang antara lain kenaikan berat badan, sakit perut akibat menstruasi, infeksi saluran kemih, hingga alergi dan kecemasan berlebih. Konsumsi buah-buahan dan sayuran kaya vitamin E bisa mencegah munculnya keluhan-keluhan tersebut.



4. Nutrisi Penting untuk Menunjang Kehamilan dan Perkembangan Janin

Bagi kehamilan dan perkembangan janin, vitamin E juga memiliki peranan penting karena berfungsi untuk melindungi asam lemak kritis pada janin.

Selain itu, vitamin E pun memiliki dampak positif pada tahap awal perkembangan saraf dan otak. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin E alami untuk menghindari terjadinya kelainan pada janin.



5. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Selain tokoferol, vitamin E juga mengandung senyawa tokotinerol. Penelitian menunjukkan bahwa fungsi antiinflamasi pada tokotrienol berkontribusi terhadap pencegahan penyakit Alzheimer.

Vitamin E berperan dalam memperlambat kehilangan memori dan penurunan fungsi otak. Konsumsi vitamin E yang dibarengi dengan vitamin C juga dapat mengurangi risiko demensia.

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh Suplemen? Ini Kriterianya

Selain dari makanan, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin E dari multivitamin. Tidak perlu repot, kamu bisa beli multivitamin menggunakan aplikasi Halodoc. Multivitamin pesanan kamu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam ke rumah kamu. 

Sebaiknya konsumsi vitamin E sesuai dengan dosis yang tepat. Vitamin E yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu efek samping, seperti mual, sakit kepala, hingga lemas. Untuk memastikan dosis yang tepat kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar manfaat vitamin E terasa lebih optimal.

Baca juga: 5 Makanan Sumber Vitamin E yang Baik untuk Kulit




Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The Benefits of Vitamin E.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are Vitamins, and How Do They Work?
Hotze. Diakses pada 2021. 6 Important Health Benefits of Vitamin E.
Healthline. Diakses pada 2021. The 9 Most Important Vitamins for Eye Health.
Web MD. Diakses pada 2021. Vitamin E.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan