Inilah Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Totok Wajah

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Desember 2021
Inilah Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Totok WajahInilah Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Totok Wajah

Totok wajah merupakan metode pengobatan dengan memberikan tekanan di titik-titik tertentu pada wajah. Praktik yang juga disebut acupressure ini bisa melancarkan aliran darah dan meredakan ketegangan, sehingga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan.”

Halodoc, Jakarta – Selama ini, totok wajah mungkin lebih dikenal sebagai perawatan untuk kecantikan.  Memang benar, salah satu manfaat yang bisa diberikan dari perawatan tanpa menggunakan jarum tersebut bisa membuat wajah terlihat lebih bercahaya dan awet muda.

Namun, nyatanya, totok wajah juga sudah lama dilakukan sebagai pengobatan untuk mengatasi masalah kesehatan apapun, mulai dari hidung tersumbat dan sakit kepala, hingga demam dan meriang. Yuk, simak manfaat totok wajah selengkapnya di sini.

Apa Itu Totok Wajah?

Totok wajah atau disebut juga facial acupressure adalah metode pengobatan yang sudah lama dilakukan yang didasarkan pada praktik akupuntur, pengobatan tradisional China. Metode pengobatan ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada titik-titik tertentu pada wajah yang disebut acupoints dengan menggunakan jari atau alat khusus. Nah, menekan titik-titik tersebut bisa membantu melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Selain bisa dilakukan di klinik kecantikan, totok wajah juga bisa dilakukan sendiri di rumah untuk sekadar mengurangi rasa nyeri maupun sakit kepala.

Berbagai Manfaatnya

Berikut adalah beberapa manfaat totok wajah bagi kesehatan dan kecantikan:

  1. Meredakan Stres

Bila kamu sedang merasa stres akibat tuntutan pekerjaan yang tinggi, totok wajah merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasinya. Caranya, letakkan bantalan jari telunjuk dan jari tengah kamu di pelipis, lalu gosok titik tersebut dengan arah melingkar, lalu bernapaslah secara perlahan selama 10 kali tarikan napas.

Totok wajah bisa meredakan stress dengan cara menenangkan pikiran kamu. Selain itu, cara tersebut juga bisa membantu mengatasi sakit kepala tegang.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Totok wajah merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi sakit kepala. Metode acupressure bisa membantu meredakan ketegangan yang terjadi di kepala atau mata yang bisa menyebabkan sakit kepala.

  1. Mengatasi Hidung Tersumbat

Melakukan totok wajah dengan menekan titik bitong, yaitu titik yang ditemukan di bawah lubang hidung di mana alur nasolabial bertemu dengan hidung, yang bermanfaat untuk meredakan hidung tersumbat.

  1. Mengatasi Mata Lelah

Bila akhir-akhir ini kamu terlalu sering menatap layar dalam waktu lama, seperti layar smartphone, komputer atau TV, kamu bisa mempertimbangkan melakukan totok wajah yang bermanfaat untuk menghilangkan kelelahan pada mata.

  1. Memperbaiki Gejala Bell’s Palsy

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa pijat akupresur efektif dalam mengurangi gejala Bell’s palsy.

  1. Meredakan Migrain

Sebuah studi tahun 2017 juga menunjukkan bahwa totok wajah bisa meredakan sakit kepala kronis akibat migrain. Hal ini karena proses menekan dan memijat wajah bisa membantu melancarkan aliran darah di kepala dan wajah, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri.

  1. Membuat Awet Muda

Totok wajah diminati oleh banyak wanita karena manfaatnya yang satu ini. Memberi tekanan pada titik-titik wajah tertentu bisa merangsang produksi kolagen yang membuat kulit kencang, sehingga kulit wajah kamu pun bisa terlihat lebih muda dan bebas dari kerutan.

Itulah beberapa manfaat totok wajah. Bila kamu tertarik untuk melakukan metode pengobatan tersebut, pastikan kamu memilih terapi yang ahli dan berpengalaman untuk melakukannya. Selain itu, ingat juga bahwa totok wajah hanya membantu memperbaiki gejala dan meredakan rasa nyeri. Jadi, pengobatan medis tetap dibutuhkan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Nah, bila kamu sakit dan membutuhkan obat-obatan tertentu, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu perlu keluar rumah, cukup order obat melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Facial Reflexology: Benefits, Common Points, Tools, and More.
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Facial Pressure Points, Plus 1 for Relaxation.
The Health Site. Diakses pada 2021. 5 acupressure points on your face that can improve your health (Slide Show)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan