Inilah Tanaman dan Bunga yang Aman untuk Anjing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   29 April 2021
Inilah Tanaman dan Bunga yang Aman untuk AnjingInilah Tanaman dan Bunga yang Aman untuk Anjing

Halodoc, Jakarta - Belakangan, tren memelihara tanaman menjadi hal yang banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat. Tentunya kebiasaan baik ini boleh dilakukan oleh siapa saja, tetapi bagi kamu penyayang hewan, terutama anjing perlu mencari tahu lebih banyak mengenai jenis tanaman atau bunga yang aman untuk dipelihara berdampingan bersama anjing kesayangan.

Baca juga: Waspada, Inilah Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

Hal ini disebabkan beberapa jenis tanaman dan bunga dinilai tidak aman bagi anjing. Beberapa jenis tanaman dan bunga memiliki kandungan yang dinilai racun bagi anjing. Jika tidak sengaja menggigit atau bermain dengan tanaman ini, hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada anjing kesayangan kamu. Untuk itu, ketahuilah beberapa jenis tanaman dan bunga yang aman untuk anjing!

Kenali Tanaman dan Bunga yang Aman bagi Anjing

Meskipun beberapa tanaman dan bunga berisiko menyebabkan keracunan pada anjing, bukan berarti kamu tidak bisa mendekorasi atau memelihara tanaman di rumah. Ternyata, ada beberapa jenis tanaman dan bunga yang aman untuk anjing. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang cocok untuk dipelihara berdampingan bersama anjing kesayangan:

1.Pakis

Tanaman pakis jenis Boston Fern bisa kamu pelihara di rumah dan aman untuk anjing.

2.Rempah

Basil, ketumbar, rosemary, dan sage menjadi rempah-rempahan yang aman untuk dipelihara berdampingan bersama anjing kesayangan.

3.Tanaman Keras

Tanaman bambu, Spider Ivy, sukulen, hingga lady palm cocok untuk kamu pelihara di rumah. Tanaman ini terbilang cukup aman untuk anjing.

4.Bunga

Bunga matahari, mawar, anggrek, hingga aster menjadi pilihan bunga yang bisa kamu pelihara untuk mempercantik rumah. Bunga ini juga aman untuk anjing.

Lalu, apakah ada tanaman dan bunga yang sebaiknya dihindari oleh anjing kesayangan? Tanaman dan bunga, seperti lidah buaya, daffodil, sago palm, lily, tulip, oleander, dan peony menjadi beberapa jenis tanaman dan bunga yang berisiko menyebabkan keracunan pada anjing.

Baca juga: Mengapa Anjing Dilarang untuk Makan Cokelat?

Waspada Tanda Keracunan pada Anjing

Jika kamu memelihara beberapa tanaman dan bunga, sebaiknya letakkan tanaman tersebut pada lokasi yang sulit untuk ditemui oleh anjing kesayangan kamu. Bukan tanpa alasan anjing kerap menggigit tanaman atau bunga. Hal ini disebabkan rasa penasaran yang dialami oleh anjing terhadap tanaman atau bunga yang ada dihadapannya.

Selain itu, sebaiknya ketahui beberapa tanda yang terjadi ketika anjing mengalami keracunan akibat tanaman atau bunga. Biasanya, keracunan akan menyebabkan anjing mengalami muntah, gelisah, lemas, lesu, kehilangan nafsu makan, perubahan pada aktivitas, diare, hingga detak jantung yang lebih cepat.

Perhatikan juga tanda lain, seperti produksi air liur berlebihan, batuk dan muntah bercampur darah, hingga gusi yang menjadi lebih pucat. Bahkan, tidak jarang kondisi keracunan tanaman atau bunga menyebabkan kematian pada anjing kesayangan. 

Baca juga: Waspada, Ini 2 Bahaya Anjing Makan Rumput Berlebihan

Untuk itu, segera hubungi dokter hewan melalui Halodoc dan bertanya mengenai kondisi anjing kesayangan jika mengalami beberapa tanda keracunan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Jangan lupa untuk tetap tenang dan jauhkan anjing dari sumber racun. Pindahkan anjing ke tempat yang lebih aman dan nyaman. Untuk pencegahan, kamu bisa selalu perhatikan aktivitas anjing kesayangan dan hindari mereka bermain tanpa pengawasan. 

Referensi:
Pet MD. Diakses pada 2021. Flowers and Plants That Are Safe for Dogs.
Pet MD. Diakses pada 2021. 12 Plants That Are Poisonous for Dogs and Cats.
Daily Paws. Diakses pada 2021. How to Know of Your Dog Has Eaten Something Toxic.
RSPCA. Diakses pada 2021. Poisoning in Dogs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan