• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Tanda Anjing Kesayangan yang Sedang Bahagia

8 Tanda Anjing Kesayangan yang Sedang Bahagia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu pemilik anjing, tentunya sangat penting untuk mengetahui beberapa tanda yang diberikan oleh anjing melalui gerak tubuh. Hal ini bertujuan agar kamu dapat melakukan penanganan yang tepat terhadap kondisi kesehatan fisik maupun mental anjing kesayangan. Tentunya, kamu akan mudah mengetahui saat anjing mengalami kondisi stres atau depresi. Biasanya, hal ini akan ditandai dengan perubahan nafsu makan hingga menjadi lebih agresif atau pendiam.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Lalu, bagaimana menandai anjing yang sedang bahagia? Nyatanya, tidaklah sulit mengenali anjing yang sedang bahagia. Berbagai tanda bisa kamu perhatikan pada fisik maupun perilaku anjing. Berikut ini tanda anjing kesayangan sedang merasakan bahagia.

1.Telinga Terkulai

Tanda yang mudah diperhatikan adalah telinga anjing yang terkulai secara alami. Telinga akan jatuh pada kedua sisi. Menurut seorang akupuntur hewan kota New York, Dr. Rachel Barrack, selain itu, anjing yang bahagia dapat membuat salah satu telinga terangkat dan yang satu lagi terkulai. 

2.Tatapan Mata Anjing

Bukan hanya dari telinga, kamu juga bisa menandai anjing sedang bahagia dari kedua tatapan matanya. Tatapan mata anjing yang bahagia akan terlihat lebih santai dan tenang. Selain itu, kelopak mata juga akan terlihat tenang. Anjing yang sedang bahagia pun akan terlihat lebih sering berkedip. 

3.Mulut yang Terlihat Lebih Rileks

Anjing yang sedang bahagia terkadang terlihat memiliki senyum pada wajahnya. Hal ini disebabkan mulut anjing yang lebih rileks sehingga terlihat sebuah senyuman. Namun, jangan samakan dengan kondisi mulut anjing yang terbuka dengan hembusan nafas yang terengah-engah. Kondisi ini bisa menandakan anjing mengalami kondisi stres atau kepanasan.

4.Tubuh Akan Lebih Sering Bergoyang

Anjing yang sedang bahagia akan lebih sering menggoyangkan tubuhnya. Tentunya hal ini akan membuat sang pemilik menjadi lebih gemas pada anjing kesayangannya. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu membuat anjing bahagia dengan memberikan perhatian dan perawatan yang tepat.

Baca juga: Inilah Makna Dibalik Gonggongan Anjing

5.Ekor Bergoyang

Anjing yang sedang bahagia akan mengibaskan ekornya secara teratur. Tidak hanya ekor, goyangannya juga akan terlihat pada tubuh anjing. 

6.Perilaku yang Baik

Terkadang anjing yang merasa stres atau tidak nyaman akan mengalami perubahan perilaku yang menjadi lebih agresif. Namun, berbeda jika anjing sedang bahagia. Biasanya, anjing yang sedang berbahagia akan menunjukkan perilaku yang baik dan tenang. 

7.Nafsu Makan yang Baik

Anjing yang bahagia akan ditandai dengan nafsu makan yang baik. Nah, jika kamu melihat adanya perubahan nafsu makan pada anjing, sebaiknya segera gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan untuk memastikan penyebabnya.

Penanganan yang tepat tentunya dapat menghindari anjing kesayangan dari penyakit maupun kekurangan nutrisi. Kamu bisa download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

8.Aktif Secara Fisik

Anjing bahagia juga dapat ditandai dengan perilaku yang aktif secara fisik. Anjing yang sedang bahagia akan terlihat menikmati waktu bermain atau berjalan-jalan setiap harinya. Perhatikan jika anjing terlihat lebih lesu dan tidak tertarik untuk bermain. Bisa jadi, ini menjadi pertanda adanya kondisi yang tidak nyaman pada anjing.

Baca juga: Cara Tepat Menghentikan Anjing Melolong

Itulah beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk menandakan anjing yang sedang bahagia. Untuk menambah kebahagiaan anjing, jangan lupa untuk memastikan anjing mendapatkan asupan nutrisi yang baik, tempat tinggal yang nyaman, dan kasih sayang yang cukup dari pemiliknya.

Referensi:
Pet MD. Diakses pada 2021. 20 Signs Your Dog is Happy.
Medium. Diakses pada 2021. 12 Signs of an Extremely Happy Pooch.
PDSA. Diakses pada 2021. How To Tell If Your Dog is Happy?