• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah yang Dialami Tubuh saat Kelebihan Asupan Garam

Inilah yang Dialami Tubuh saat Kelebihan Asupan Garam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah yang Dialami Tubuh saat Kelebihan Asupan Garam

Halodoc, Jakarta - Garam menjadi salah satu bumbu masakan yang paling sering dicari orang. Saat kekurangan garam, terkadang masakan terasa hambar rasanya. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi garam juga dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh, loh.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Garam, Ini Akibatnya

Nah, mulai sekarang, sebaiknya perhatikan asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Umumnya, orang dewasa disarankan hanya mengonsumsi 5 gram (2000 miligram natrium) per harinya. Takaran ini setara dengan 1 sendok teh. Lalu, apa yang akan dialami tubuh saat kelebihan asupan garam? Simak ulasannya, di sini!

Ini yang Terjadi Saat Tubuh Kelebihan Garam

Bagi kamu penyuka makanan asin, sebaiknya perhatikannya asupan garam yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Kelebihan garam membuat kamu merasakan beberapa dampak negatif pada tubuh. Sebaiknya kenali beberapa tanda yang terjadi saat tubuh kelebihan asupan garam. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi kondisi ini dengan baik.

1.Merasa Kembung

Kelebihan garam membuat kamu akan lebih cepat merasa kembung. Hal ini disebabkan ginjal mempertahankan rasio natrium air pada tubuh.

2.Mengalami Pembengkakan pada Beberapa Bagian Tubuh

Jika kamu mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, misalnya tangan dan kaki tanpa alasan yang jelas, sebaiknya mulai batasi pengonsumsian garam. Kelebihan garam juga membuat kamu akan mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Hal ini disebabkan peningkatan resistensi air dalam tubuh.

3.Merasa Lebih Sering Haus

Mengonsumsi makanan asin terlalu banyak juga dapat membuat mulut menjadi lebih kering. Hal ini membuat kamu akan merasa lebih haus sehingga lebih banyak minum. Peningkatan asupan cairan ini juga dapat menyebabkan kamu menjadi lebih sering buang air kecil

4.Sakit Kepala Ringan

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam cukup tinggi berisiko menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Kondisi ini membuat kamu penggemar makanan asin lebih rentan mengalami sakit kepala ringan. Perbanyak cairan untuk mengatasi gangguan sakit kepala ringan yang disebabkan oleh kelebihan garam.

5.Selalu Ingin Mengonsumsi Makanan Asin

Pernahkah kamu menginginkan untuk mengonsumsi makanan asin terus-menerus? Wah, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami kelebihan asupan garam dalam tubuh. 

Segera batasi pengonsumsian makanan asin jika kamu cukup sering merasakan kondisi ini. Kelebihan garam membuat kamu memiliki risiko gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Mulai dari hipertensi, gangguan jantung, hingga pencernaan.

Baca juga: Kebiasaan Makan Telur Asin Sebabkan Kelebihan Garam

Itulah beberapa tanda yang perlu kamu waspadai terkait tubuh kelebihan asupan garam. Segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan penyebab dari keluhan kesehatan yang kamu alami.

Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Elektrolit seperti kalium nyatanya dapat membantu ginjal untuk membersihkan kelebihan garam dalam tubuh. Nah, kamu bisa mengonsumsi berbagai sayuran dan buah yang mengandung kalium. Mulai dari pisang, stroberi, sayuran hijau, melon, hingga jeruk.

Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak melakukan berbagai aktivitas fisik. Bergerak dengan aktif membuat tubuh lebih mudah memecah garam dan mengeluarkannya secara alami. Setelah itu, jangan lupa perbanyak konsumsi air putih. Kelebihan garam dapat dikeluarkan bersama urine.

Baca juga: Ibu Hamil Suka Makan Asin, Bolehkah Konsumsi Banyak Garam?

Jangan ragu untuk gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi tubuh yang mengalami kelebihan asupan garam. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Happens If You Eat Too Much Salt?
NDTV. Diakses pada 2021. Consuming Too Much Salt Could Be Harmful: 6 Signs That You Are Consuming Too Much Salt.
Eating Well. Diakses pada 2021. 6 Sneaky Signs You Might Be Eating Too Much Salt.