• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Kekurangan Kalium dengan Konsumsi Makanan Ini

Cegah Kekurangan Kalium dengan Konsumsi Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kalium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja secara normal. Mineral ini membantu otot untuk bergerak, sel-sel untuk mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan, serta saraf untuk mengirimkan sinyal. Kalium juga diperlukan oleh sel-sel di organ hati kamu. Memenuhi kebutuhan kalium juga dapat membantu menjaga agar tekanan darah kamu tidak terlalu tinggi.

Bila kamu kekurangan kalium, maka kamu akan mengalami hipokalemia. Kekurangan kalium dalam jumlah yang sedikit mungkin tidak akan menyebabkan gejala apapun. Namun, bila kadar kalium kamu sangat rendah, maka mungkin akan mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti kelemahan, kelelahan, kedutan, sembelit, atau aritmia. Karena itu, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalium agar kamu tetap sehat dan dapat terhindar dari hipokalemia.

Baca juga:  Ini Alasan Wanita Rentan Alami Hipokalemia

Hampir semua makanan yang kamu makan sehari-hari sebenarnya sudah mengandung kalium. Namun, berikut ini daftar makanan dengan kandungan kalium yang lebih tinggi:

1. Kentang dan Ubi Jalar

Selain bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat, kentang ternyata juga merupakan sumber kalium yang baik yang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan mineral tersebut lho. Kentang panggang yang besar (299 gram) dapat memberi kamu asupan kalium sebanyak 34 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Sebagian besar kalium dalam kentang memang ditemukan dalam dagingnya, tetapi sekitar sepertiga dari kandungan kalium terdapat di kulit kentang. Itulah mengapa mengonsumsi kentang yang tidak dikupas bisa memberi kamu asupan kalium yang lebih banyak lagi.

Selain kentang, ubi jalar juga merupakan sumber kalium yang baik. Ubi jalar yang besar dengan berat 6,3 ons dapat memberi kamu asupan kalium sebesar 18 persen dari kebutuhan harian.

2. Bit

Buah bit yang berwarna merah tua dengan rasa yang manis alami ini juga bisa menjadi pilihan makanan untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan kalium tubuh. Secangkir buah bit (170 gram dapat memberi asupan kalium sebesar 518 miligram atau setara dengan 11 persen dari kebutuhan harian).

Selain itu, bit juga kaya akan folat dan mangan. Plus, pigmen yang memberi warna merah tua pada bit juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan oksidatif dan peradangan. Kandungan kalium dalam bit juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah serta mengurangi risiko penyakit jantung. 

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

3. Lobak

Sayuran putih yang bentuknya mirip seperti wortel ini juga kaya akan kalium. Satu cangkir lobak (156 gram) dapat memberikan kamu asupan kalium sebesar 572 miligram atau 12 persen dari kebutuhan harian.

Selain itu, lobak juga sumber vitamin C dan folat yang baik yang sangat penting untuk kesehatan kulit dan jaringan, pembelahan sel, dan dapat mencegah cacat lahir.

4. Bayam

Bayam sudah dikenal sebagai sayuran yang sangat bergizi. Satu cangkir bayam (180 gram) yang dimasak dapat memberikan asupan kalium 18 persen dari kebutuhan harian. Itulah mengapa bayam dapat menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang ingin meningkatkan kalium.

Selain itu, bayam juga menyediakan vitamin A hampir empat kali lebih banyak dari kebutuhan harian, vitamin K, serta asupan kalsium 30 persen dari kebutuhan harian.

5. Jeruk dan Jus Jeruk

Enggak hanya kaya akan vitamin C, jeruk juga adalah sumber kalium yang baik. Secangkir jus jeruk dapat menyediakan asupan kalium 11 persen dari kebutuhan harian. Selain itu, buah dengan rasa asam yang segar ini juga kaya akan folat, vitamin A, tiamin, dan antioksidan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur minum jus jeruk mungkin lebih dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka, serta mempunyai pola makan yang lebih sehat. Mereka juga tidak cenderung menjadi gemuk atau memiliki sindrom metabolik.

Namun ingat, pastikan jus jeruk yang kamu minum terbuat dari 100 persen sari jeruk dan tanpa gula tambahan. Akan lebih baik lagi bila kamu mengonsumsi buah jeruk daripada jus sebagai sumber vitamin dan mineral.

Baca juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah kekurangan kalium. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan suplemen. Beli suplemennya di Halodoc saja. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 14 Healthy Foods That Are High in Potassium.
WebMD. Diakses pada 2020. What is Hypokalemia?