• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jaga Kesehatan Kulit dengan Infused Water Lemon

Jaga Kesehatan Kulit dengan Infused Water Lemon

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta Pernahkah kamu bangun pagi, kemudian bercermin dan menemukan kulit wajah keriput, kering, berkomedo, dan ada bintik jerawat? Ternyata aktivitas yang pertama kamu lakukan di pagi hari memberikan peranan pada kesehatan kulit, nih! 

Membiasakan diri membuka pagi dengan minum infused water lemon ternyata memberikan faedah untuk kesehatan kulit wajah. Kamu akan mendapatkan manfaat yang besar apabila menyeduhnya (irisan lemon) dengan air hangat. Simak selengkapnya manfaat infused water lemon di bawah ini!

Meremajakan Kulit

Banyak penelitian mengungkapkan kalau minum segelas infused water lemon setiap pagi dapat membantu meremajakan kulit. Ya, air lemon sangat baik untuk kesehatan. Dan dengan mengonsumsi di pagi hari dapat membuat kulit sehat, tampak bercahaya secara alami. 

Pun, tidak hanya membantu kesehatan kulit, air lemon juga dapat membantu mengatasi jerawat. Nah, buat kamu yang punya problem jerawat, dapat mengakalinya dengan cara konsumsi air lemon. 

Baca juga: Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

Dengan mengonsumsi air lemon di pagi hari, ini menjadi semacam terapi penyembuhan dari dalam. Soalnya, masalah jerawat tidak hanya datang dari luar, seperti lingkungan yang kotor, debu, ataupun gangguan lainnya.

Jerawat juga bisa jadi masalah dari dalam. Darah yang kotor, sirkulasi darah tidak lancar, stres, ataupun faktor paparan sinar matahari yang membuat kulit kusam dari dalam. Mengonsumsi infused water lemon alias air lemon dapat membantu proses penyembuhan masalah kulit dari dalam.

Kandungan Hebat dari Lemon

Kandungan vitamin C dan antioksidan dari air lemon bekerja dari dalam membantu membersihkan darah kotor, melancarkan sirkulasi darah, serta menggiring minyak ataupun kolesterol berlebih keluar dari tubuh melalui sistem pengeluaran. 

Mengingat begitu hebatnya manfaat dari lemon, makanya tidak jarang dokter ataupun ahli kosmetik yang menggunakan lemon sebagai bahan antiseptik alami untuk kulit. Masa sih? Kalau kamu tidak percaya coba saja mengatasi luka bakar dengan cara menempelkan madu dan lemon ke area yang bermasalah. 

Vitamin C di dalam lemon bekerja maksimal mencegah kulit dari infeksi dan menyembuhkan masalah kulit.  Menurut Dr. S. S. Manjula Jegasothy, MD, lemon meningkatkan kemampuan pemurnian kulit dan sel-sel lai. Minum air lemon dapat mendorong sel-sel kulit untuk mendetoksifikasi dan mengeluarkan kotoran dan keringat yang dapat menyumbat pori-pori. Sistem kerja lemon inilah yang sangat dapat mengurangi timbulnya jerawat.

Baca juga: Selain Segar, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Sudah lama lemon dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik. Mekanisme kerja vitamin C pada lemon adalah dengan cara memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mencegah keriput. Tidak bisa dipungkiri kolagen bertanggung jawab atas elastisitas kulit. Ketika kamu mencapai usia 40 tahun, elastisitas kulit mulai berhenti secara permanen. Lemon membantu merangsang pertumbuhan kolagen, sehingga ketika menginjak usia 40 tahun, sedikit banyak kolagen dapat tetap berproduksi. 

Kalau kamu masih ragu dengan manfaat infused water lemon untuk elastisitas dan kecerahan kulit, pastikan jawabannya di Halodoc. Dokter yang ahli dibidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Lantas, seberapa banyak konsumsi infused water lemon disarankan? Menurut para ahli, jumlah yang dikonsumsi adalah 10 hingga 15 gelas per harinya. Lemon juga dapat membantu memberikan rasa segar buat kamu yang enggan minum air putih. 

Dehidrasi memberikan pengaruh pada kesehatan kulit. Dan dengan penambahan irisan lemon ke dalam air dapat membantu kamu untuk menyerap air lebih banyak lagi. Sebagai manfaat tambahan, infused water lemon juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mendukung penurunan berat badan.

Referensi:

Insider. Diakses pada 2019. 10 ways lemon water actually affects your skin.
Insider. Diakses pada 2019. 6 scary things that can happen if you drink too much lemon water.