Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Memiliki badan yang ideal dengan perut yang rata, tak cuma jadi idaman kaum adam saja. Sebab bentuk tubuh seperti ini juga diidam-idamkan oleh banyak wanita. Akan tetapi, cara untuk mendapatkan perut yang rata, apalagi lengkap dengan six-pack-nya, tak mudah. 

Nah, menyoal perut rata ini, ada yang bilang kalau infused water lemon bisa memangkas lemak perut, sehingga membuatnya lebih padat dan rata. Pertanyaannya, benarkah infused water lemon bisa membuat perut rata? 

Cukup dengan Infused Water Lemon, Masa Sih? 

Banyak klaim menyoal infused water lemon, salah satunya bisa menurunkan berat badan. Meski belum ada penelitian medis yang membuktikan, tetapi dengan mengonsumsi lebih banyak air kita bisa lebih cepat merasa kenyang, sehingga porsi makanan bisa dikurangi. Nah, air di sini termasuk pula infused water lemon. 

Air sendiri telah terbukti bisa meningkatkan laju metabolisme tubuhmu, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Menurut sebuah penelitian seperti dilansir dalam Healthline, dengan meminum sebanyak 17 oz (setengah liter) air  bisa meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen selama satu jam. 

Baca juga: 5 Buah untuk Detoks Infused Water yang Mudah Ditemui

Enggak cuma itu, menurut studi lain, orang yang mengonsumsi jumlah air yang disarankan ahli sebagai bagian dari program penurunan berat badan, cenderung kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Hal ini mungkin dikarenakan meningkatnya metabolisme dan berkurangnya rasa lapar yang ditekan oleh konsumsi air. 

Selain itu, ada juga studi menarik lainnya mengenai infused water lemon. Menurut sebuah penelitian,  antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan bisa mengurangi kenaikan berat badan pada tikus yang makan berlebihan. Meski begitu, masih membutuhkan studi lanjut mengenai dampaknya bagi tubuh manusia. 

Nah, kesimpulannya, infused water lemon memang bisa membantu untuk memangkas bobot tubuh. Namun, untuk membuat perut menjadi rata, infused water lemon bukanlah cara paling ampuh. 

Alasannya simpel. Mendapatkan tubuh yang ideal dengan perut yang rata tak hanya cukup dengan mengonsumsi infused water lemon. Untuk mendapatkan perut rata butuh usaha ekstra. Mulai dari pola makan bergizi seimbang, olahraga spesifik pada bagian otot perut, hingga istirahat yang cukup. 

Dari Sistem Imun hingga Bau Mulut

Meski infused water lemon hanya bisa membantu kita menurunkan berat tubuh, bukan membuatnya menjadi rata, tetapi minuman ini masih memiliki manfaat lainnya. Nah, berikut ulasannya: 

  • Memperkuat Sistem Imun

Buah jeruk seperti lemon kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Di samping itu, vitamin C juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta menurunkan tekanan darah. Meskipun lemon tidak berada di urutan teratas dalam daftar buah jeruk yang kaya vitamin C, tetapi lemon masih merupakan sumber vitamin C yang baik.

Bagaimana dengan infused water lemon? Ternyata jumlah nutrisi yang kita dapatkan dari infused water itu cenderung minimal dan sangat bervariasi. 

Jadi, meskipun secara teori infused water lemon bisa memiliki efek yang berarti pada sistem imun, tetapi khasiatnya tentu enggak sehebat buah lemon yang dikonsumsi langsung.

  • Meningkatkan Kualitas Kulit

    Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari. Sebuah studi laboratorium 2016 menunjukkan, minuman berbasis jeruk membantu mencegah perkembangan keriput pada tikus tak berambut.

Baca Juga: Ketahui Fakta Minum Jus Jeruk Untuk Diet

  • Baik untuk Pencernaan

Jangan buru-buru menenggak obat pencahar ketika sembelit. Cobalah infused water lemon. Minuman ini bisa digunakan sebagai pencahar di pagi hari untuk mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi infused water lemon atau air lemon hangat, bisa membantu sistem pencernaan lebih aktif bergerak.

  • Bau Mulut Menjauh

Pernah mengolesi lemon pada tangan untuk menghilangkan bau bawang putih atau bau menyengat lainnya? Nah, hal ini juga bisa dipraktikan untuk mulut kita alias mengusir bau mulut. 

Minumlah segelas air pada pagi hari atau setelah makan. Lemon diduga bisa merangsang air liur, sehingga membantu mencegah mulut menjadi kering. Awas, mulut kering bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Detox Water Health Benefits and Myths.
Healthline. Diakses pada 2019. 7 Ways Your Body Benefits from Lemon Water.