Selain Segar, Ini Manfaat Infused Water Lemon

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
selain-segar-ini-manfaat-infused-water-lemon

Halodoc, Jakarta - Infused water lemon terbuat dari potongan lemon yang dicampur air. Jumlah lemon yang digunakan tergantung pada preferensi atau selera pribadi, dan minuman ini pun dapat dinikmati baik dingin atau panas. Beberapa orang juga memilih untuk menambahkan kulit lemon, daun mint, atau bahan lainnya supaya terasa lebih segar dan enak.

Air lemon atau infused water lemon telah menjadi minuman pagi yang populer, karena diklaim dapat membantu meningkatkan suasana hati, energi, sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme. Banyak juga restoran yang menyajikan minuman ini secara rutin, dan beberapa orang memulai hari mereka dengan air lemon sebagai pengganti kopi atau teh. 

Tidak diragukan lagi, lemon lezat, tetapi apakah menambahkannya ke air membuat kamu lebih sehat? Berikut beberapa manfaat infused water lemon yang akan didapatkan oleh tubuh:

1. Antioksidan

Infused water lemon mengandung zat bermanfaat dan merupakan sumber senyawa tanaman yang disebut flavonoid. Banyak yang memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Flavonoid dari buah jeruk sering dikaitkan dengan manfaat untuk sirkulasi darah, sensitivitas insulin dan aspek-aspek lain dari kesehatan metabolisme Flavonoid lemon juga berpotensi mengurangi stres dan kerusakan oksidatif pada tubuh. 

Baca juga: Minum Infused Water Setiap Pagi, Ini Manfaatnya

2. Meredakan Batu Ginjal

Batu ginjal adalah formasi mineral padat yang terkumpul di dalam ginjal. Jenis yang paling umum terbuat dari zat yang disebut kalsium oksalat, dan biasanya diobati dengan senyawa yang disebut sitrat. Meningkatkan jumlah sitrat dalam urine dianggap mampu untuk mencegah kalsium mengikat dengan senyawa lain dan membentuk batu.

Sitrat mengembalikan kemampuan urin untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Air lemon mengandung sitrat dalam jumlah tinggi, dan itu dapat membantu mengobati batu ginjal. Tampaknya paling efektif bila digunakan bersama kalium sitrat, bentuk suplemen sitrat. Namun, air lemon juga bisa menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang tidak mentolerir kalium sitrat sebagai pengobatan pertama.

3. Menghidrasi Tubuh

Wanita harus mendapatkan air setidaknya 91 ons per hari dan pria harus mendapatkan setidaknya 125 ons. Ini termasuk air dari makanan dan minuman. Air adalah minuman terbaik untuk hidrasi, tetapi beberapa orang tidak suka dengan rasanya. Menambahkan lemon meningkatkan rasa air, yang dapat membantu kamu minum lebih banyak.

Baca juga: 5 Buah untuk Detoks Infused Water yang Mudah Ditemui

4. Sumber Vitamin C yang Baik

Buah lemon kaya akan vitamin C serta antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa vitamin C dapat membantu mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dan menurunkan tekanan darah. Meskipun lemon tidak berada di urutan teratas dalam daftar buah jeruk yang kaya vitamin C, mereka masih termasuk sumber yang baik.

5. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan mengurangi kenaikan berat badan berlebihan yang dapat  memicu obesitas. Senyawa antioksidan dalam infused water lemon juga mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Baca juga: Mengecilkan Perut Buncit, Ini Manfaat Infused Water Lemon

6. Meningkatkan Kualitas Kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari. Jika kulit kehilangan kelembapan, maka kulit menjadi kering dan cenderung berkeriput. Dengan minum minuman berbasis jeruk dapat membantu mencegah perkembangan keriput pada kulit.

Referensi:

Health Line. Diakses pada 2019. 7 Ways Your Body Benefits From Lemon Water