Jangan Asal, Ini Cara Memilih Skincare pada Bayi Baru Lahir

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 September 2022

“Skincare bayi baru lahir dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat. Cara tepat memilihnya dengan menyesuaikan jenis kulit, tidak mengandung SLS dan paraben serta telah teruji klinis.”

Jangan Asal, Ini Cara Memilih Skincare pada Bayi Baru LahirJangan Asal, Ini Cara Memilih Skincare pada Bayi Baru Lahir

Halodoc, Jakarta – Skincare atau produk perawatan kulit tak hanya dibutuhkan untuk orang dewasa, tapi juga bayi. Produk ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Kulit bayi masih dalam tahap perkembangan, terutama beberapa bulan pertama kehidupannya. Karena itu, pemilihan skincare tidak boleh sembarangan. Sebaiknya pilih yang bersifat ringan dan sesuai dengan jenis kulit.

Skincare bayi baru lahir juga tidak boleh mengandung bahan kimia berbahaya, seperti sulfat, paraben, dan pewarna serta pewangi buatan. Sebab, bahan kimia tersebut dapat memicu iritasi pada kulit.

Tips Memilih Skincare Bayi Baru Lahir

1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Setiap bayi memiliki jenis kulit yang berbeda. Beberapa di antaranya kulit kering, kulit sensitif (atopik) dan kulit normal. Kulit normal terasa lembut, bersih dan lembap saat disentuh. 

Sementara kulit kering cenderung bertekstur kasar dan mengelupas. Terakhir, kulit sensitif. Jenis kulit ini bertekstur sangat kering, terasa gatal dan muncul bercak merah saat tidak sengaja tergaruk atau tertekan. 

Jadi, pastikan untuk memilih skincare bayi yang sesuai dengan jenis kulit. Bagi bayi dengan kulit sensitif, sebaiknya pilih produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Terapkan cara yang sama untuk jenis kulit lainnya.

2. Tidak Mengandung SLS dan Paraben

SLS dan Paraben merupakan kandungan kimia yang banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Ketika memilih produk skincare bayi baru lahir, sebaiknya sebaiknya hindari produk dengan dua kandungan yang disebutkan.

Sebab, keduanya bisa memicu reaksi alergi yang justru dapat mengganggu kenyamanan bayi. Adapun ciri-ciri alergi produk skincare, antara lain gatal-gatal, ruam merah dan iritasi kulit.

3. Mengandung Bahan Alami

Beberapa jenis bahan alami yang seharusnya ada dalam rangkaian skincare bayi baru lahir, yaitu:

  • Minyak kelapa. Di dalamnya mengandung antioksidan dan vitamin E yang dapat melembutkan dan menghaluskan kulit serta menjaga kelembapan kulit bayi.
  • Minyak zaitun. Di dalamnya mengandung vitamin B, E dan K serta potassium, magnesium dan sodium. Minyak ini efektif merawat, menjaga kelembapan kulit dan menghaluskan kulit. 
  • Minyak almond. Di dalamnya mengandung vitamin A, B, D dan E serta lemak, potassium, magnesium dan sodium. Fungsinya adalah merawat kulit agar tetap terjaga kesehatannya.

4. Teruji Klinis dan Terdaftar BPOM

Uji klinis diperlukan guna memastikan produk tidak mengandung bahan berbahaya, sehingga aman digunakan pada bayi. Produk juga harus terdaftar dalam BPOM sebagai jaminan bahwa produk sudah menggunakan bahan baku sesuai standar dan tidak membahayakan kesehatan.

Produk Skincare yang Dibutuhkan Bayi

1. Sabun

Kriteria sabun yang aman untuk bayi adalah mengandung gliserin, memiliki pH seimbang, berlabel hypoallergenic, tidak mengandung pewangi dan alkohol, tidak mengandung paraben dan berlabel antibakteri.

2. Baby Lotion

Produk ini bisa diberikan pada bayi dengan kulit kering guna menjaga kelembapannya. Setelah mandi dan mengeringkan tubuhnya, segera oleskan pelembap dengan lembut ke seluruh tubuh bayi.

3. Bedak Bayi

Jangan langsung menuangkan bedak ke wajah atau tubuh bayi, karena berisiko terhirup dan membahayakan paru-paru. Sebaiknya tuangkan ke tangan terlebih dulu, kemudian oleskan tipis-tipis pada kulit.

Itulah cara memilih skincare bayi baru lahir dan rekomendasi jenis produknya. Jika bayi mengalami alergi setelah menggunakan produk perawatan tubuh, segera hentikan penggunaan dan tanya dokter untuk melakukan langkah perawatan.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan anak, gaya hidup dan pola anak, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2022. Choosing baby skincare products.
Grow by WebMD. Diakses pada 2022. What Baby Skin Care Products Does Your Newborn Need?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan