Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Juni 2023

“Sunblock dan sunscreen bekerja dengan cara melindungi kulit dari sinar radiasi ultraviolet (UV). Meski memiliki tujuan yang sama, terdapat perbedaan sunblock dan sunscreen dalam segi tekstur, cara kerja, dan kandungan produknya.”

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Sunblock dan SunscreenJangan Keliru, Ini Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Halodoc, Jakarta –  Ketika kamu beraktivitas di luar rumah setiap hari, kamu akan terkena paparan matahari secara konstan. Saat berada di bawah sinar matahari, kulitmu berisiko terkena bahaya sinar radiasi ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit.

Maka dari itu, melindungi kulit dari sinar UV adalah hal yang sangat penting. Untuk melakukan hal ini, dua produk yang umumnya orang-orang gunakan adalah tabir surya atau sunblock dan sunscreen. Meskipun keduanya sama-sama bertujuan untuk melindungi kulit, ternyata terdapat perbedaan sunblock dan sunscreen terkait cara kerja dan kandungannya. 

Agar kamu tidak salah pilih dan bisa mendapat perlindungan yang maksimal untuk kulit, simak berikut ini informasi lebih lanjutnya!

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Baik sunblock dan sunscreen merupakan produk yang efektif untuk melindungi kulit saat terpapar sinar matahari. Agar kamu bisa memilih mana produk yang ingin kamu gunakan dengan yakin, berikut beberapa perbedaannya yang perlu kamu ketahui:

1. Tekstur produk

Sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah menyerap ketika kamu menggunakannya pada kulit. Ini membuat produk jadi lebih nyaman untuk penggunaan yang lama atau penggunaan sehari-hari. 

Di sisi lain, sunblock memiliki tekstur yang lebih berat dan cenderung kental. Setelah kamu mengaplikasikannya, produk ini akan terasa lebih kaku pada kulit seperti ada lapisan di atas kulit. Karena itu, sunblock akan lebih lama menyerap pada kulit.

2. Cara kerja penggunaan

Dalam segi cara kerjanya, sunblock dan sunscreen juga memiliki perbedaan. Meski keduanya dapat melindungi kulit dari sinar UV, sunblock bisa membentuk lapisan fisik di atas kulit sebagai penghalang sinar UV sementara sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum mencapai kulit. 

Dalam aspek bentuk produk, penggunaan sunscreen tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, losion, spray, atau gel. Beberapa produk kecantikan juga memiliki kandungan sunscreen di dalamnya. Sementara itu, sunblock umumnya berbentuk krim atau losion. 

3. Kapasitas perlindungan

Mayoritas sunblock bisa melindungi kulit dari kedua jenis sinar UV, yaitu UVA dan UVB. Ini berarti perlindungan oleh produk ini lebih mendalam dan komprehensif sehingga masalah kulit seperti penuaan dini dan kulit terbakar bisa terhindari. 

Sementara itu, ada beberapa jenis sunscreen yang hanya melindungi dari sinar UVB dan ada juga yang melindungi dari keduanya. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa label produk yang menunjukkan bahwa produk tersebut melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Mau tahu cara yang tepat untuk melakukan reapply sunscreen? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Cara yang Tepat Melakukan Reapply Sunscreen“.

4. Kandungan produk

Perbedaan terakhir berada pada kandungan kedua produk yang berbeda. Sunblock umumnya mengandung bahan-bahan mineral seperti titanium dioksida atau seng oksida yang memantulkan sinar matahari. 

Di sisi lain, sunscreen mengandung bahan kimia seperti avobenzone, oxybenzone, atau octinoxate yang menyerap sinar UV dan kemudian mengubahnya menjadi panas yang tidak berbahaya.

Nah, jika kamu ingin tahu produk sunscreen apa yang direkomendasikan, kamu bisa cek artikel ini: Rekomendasi Sunscreen Terbaik yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit.

Mana yang Paling Aman untuk Pemakaian Setiap Hari?

Pemilihan antara kedua produk ini kembali lagi pada preferensi individu, kegiatan sehari-hari, dan juga kebutuhan kulit. Hal yang perlu kamu pastikan adalah produk yang kamu gunakan harus bisa menjaga kesehatan kulit dan penggunaanya tepat untuk saat berada di bawah sinar matahari.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga bisa mencari tahu seputar Cara Pakai Sunscreen yang Benar.

Itulah perbedaan sunblock dan sunscreen yang perlu kamu tahu. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan tentang cara menjaga kesehatan kulit, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Verywell Health. Diakses pada 2023. Sunblock vs Sunscreen: Differences and How to Choose.
BSW Health. Diakses pada 2023. Sunblock vs. sunscreen: Which one should you use?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan