Jangan Khawatir, 5 Masalah Kulit Ibu Hamil Ini Normal Terjadi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 April 2021
Jangan Khawatir, 5 Masalah Kulit Ibu Hamil Ini Normal TerjadiJangan Khawatir, 5 Masalah Kulit Ibu Hamil Ini Normal Terjadi

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan berbagai masalah kulit yang mereka alami. Pasalnya, tidak hanya bisa menimbulkan rasa gatal yang mengganggu, masalah kulit saat hamil juga bisa mengurangi rasa percaya diri.

Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh ibu, mulai dari pertambahan berat badan, perubahan hormon dan sirkulasi darah dalam tubuh, hingga menurunnya sistem imunitas. Nah, perubahan-perubahan tersebut dapat menyebabkan munculnya masalah kulit selama kehamilan. Meskipun mengganggu, sebagian besar masalah kulit ibu hamil tidak berbahaya dan membaik setelah melahirkan.

Baca juga: Perubahan pada Kulit Bisa Menjadi Tanda Hamil

Berbagai Masalah Kulit yang Normal pada Ibu Hamil

Berikut ini beberapa masalah kulit yang normal terjadi pada ibu hamil:

1.Melasma dan Linea Nigra

Melasma, dikenal juga sebagai pregnancy mask, adalah masalah kulit yang ditandai dengan bercak hitam yang muncul di kulit wajah, seringkali di hidung dan pipi. Sedangkan linea nigra adalah garis gelap yang terbentuk di antara pusar dan area kemaluan selama kehamilan. Kedua masalah kulit ini disebabkan oleh peningkatan pigmentasi yang disebabkan oleh lonjakan hormon kehamilan.

Bila ibu mengalami salah satunya, ibu tidak sendirian. Melasma dan linea nigra merupakan masalah kulit ibu hamil yang umum. Hampir 75 persen wanita hamil akan mengalami pregnancy mask, dan 90 persen akan mengalami linea nigra.

Peningkatan pigmentasi juga bisa memengaruhi area mana pun di tubuh ibu yang memiliki banyak pigmen. Banyak wanita melaporkan areola atau area kulit di sekitar puting payudara yang jauh lebih gelap dari biasanya. Semakin gelap warna kulit ibu, semakin terlihat jelas perubahan ini.

Melasma dan linea nigra tidak bisa dicegah, namun menggunakan tabir surya, terutama pada wajah bisa membantu mengurangi efeknya. Jangan khawatir, masalah kulit ibu hamil ini tidak akan bertahan selamanya. Mereka biasanya bisa memudar setelah ibu melahirkan. Melasma terkadang sulit untuk dihilangkan, tapi dokter kulit bisa mengobatinya dengan obat setelah kehamilan.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Kecantikan Kulit Saat Hamil

2.Stretch Mark

Hampir setiap wanita hamil akan mengalami stretch mark, yaitu garis kemerahan yang muncul di payudara atau perut ibu. Masalah kulit ibu hamil ini lebih cenderung muncul bila berat badan ibu bertambah dengan cepat. Namun, stretch mark juga bisa disebabkan oleh faktor genetik.

Setelah melahirkan, stretch mark akan berubah menjadi warna perak atau putih yang tidak terlalu kentara. Ibu bisa mencoba mencegah masalah kulit ini dengan menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan lotion atau body butter.

3.Jerawat

Masalah kulit ibu hamil yang satu ini juga sangat umum terjadi. Hal itu karena semua hormon di dalam tubuh ibu bisa menyebabkan kelenjar minyak mengeluarkan lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan jerawat. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk rajin membersihkan wajah dengan sabun wajah di pagi dan sore hari untuk mencegah munculnya jerawat.

Untuk mengatasi jerawat, sebagian besar obat topikal yang dijual bebas aman untuk kehamilan. Namun, bila ibu khawatir tentang produk tertentu, ibu bisa menanyakannya pada dokter kandungan. Biasanya, jerawat juga bisa membaik setelah bayi ibu lahir.

Baca juga: 7 Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

4.Skin Tags

Skin tag adalah pertumbuhan kulit yang kecil, longgar dan tidak berbahaya yang bisa muncul di mana saja di tubuh selama kehamilan, tapi paling sering muncul di bawah lengan dan payudara. Sayangnya, tidak ada cara untuk mencegah masalah kulit ibu hamil ini, namun skin tag bisa dikeluarkan dengan mudah setelah kehamilan.

5.Varises

Perubahan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan pembuluh darah membesar dan membengkak yang dikenal dengan varises. Masalah kulit ibu hamil ini biasanya terjadi di kaki. Selain bisa mengganggu penampilan, varises dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa nyeri. 

Namun, ibu bisa mencegah dan mengurangi dampak varises dengan menggunakan stoking kompresi, rutin berolahraga ringan, mengurangi asupan garam memposisikan kaki lebih tinggi daripada jantung saat berbaring, dan menjaga berat badan agar tidak berlebihan.

Nah, itulah masalah kulit ibu hamil yang normal terjadi. Bila ibu hamil ingin membeli obat topikal untuk mengatasi masalah kulit ibu, belinya lewat aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan melalui aplikasi dan pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
UT Southwestern Medical Center. Diakses pada 2021. 6 skin problems that can develop during pregnancy.
WebMD. Diakses pada 2021. Skin Conditions During Pregnancy.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan