Jangan Panik, Ada 4 Cara Sembuh Dari Penyakit Anoreksia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Maret 2022

“Terdapat beberapa cara pengobatan untuk menyembuhkan penyakit anoreksia. Salah satunya seperti program penambah berat badan. Penanganan ini dilakukan dengan bantuan dan pengawasan dokter, jika pengidap anoreksia sudah kehilangan berat badannya dalam jumlah yang besar.”

Jangan Panik, Ada 4 Cara Sembuh Dari Penyakit AnoreksiaJangan Panik, Ada 4 Cara Sembuh Dari Penyakit Anoreksia

Halodoc, Jakarta – Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang membuat pengidapnya takut kelebihan berat badan. Mereka yang mengidap kondisi ini punya persepsi mendalam tentang bentuk tubuh.

Alhasil, hal tersebut membuat mereka menolak untuk makan dengan porsi normal. Akibatnya, pengidap anoreksia bisa memiliki tubuh yang sangat kurus. Bukan hanya fisik, kondisi ini juga bisa mengganggu kesehatan emosional pengidapnya. 

Cara Mengobati Anoreksia Nervosa

Karena anoreksia nervosa merupakan masalah kesehatan jiwa, maka pengobatannya adalah kombinasi terapi psikologi dan program pemulihan berat badan.

Berikut penjelasannya lebih lanjut:

1. Terapi psikologi

Terdapat beberapa jenis terapi psikologi yang dapat digunakan untuk mengobati anoreksia. Berikut adalah penjabarannya: 

Terapi perilaku kognitif

Salah satu metode penanganan anoreksia secara psikologis adalah melalui terapi perilaku untuk memperbaiki pola pikir pengidap yang negatif. 

Seseorang dapat mengidap anoreksia nervosa bisa jadi karena merasa rendah diri, sakit hati karena sering menjadi korban body shaming, dan menyiksa diri untuk mendapatkan perhatian dari orang tua. 

Oleh karena itu, terapi perilaku kognitif bisa menjadi cara yang tepat untuk mengubah pemikiran negatif pengidap tentang sesuatu hal,  menjadi pemikiran yang positif dan realistis. 

Dengan pola pikir yang sudah diperbaiki, maka pengidap pun diharapkan akan dengan sendirinya mengubah tingkah laku yang menyimpang dan memperbaiki pola makan.

Selain itu, yuk ketahui Kaitan antara Body Image dan Anoreksia.

Terapi kognitif analitik

Terapi ini didasarkan kepada teori yang beranggapan bahwa seseorang mengalami anoreksia nervosa adalah karena pola pikir dan tingkah laku yang tidak sehat, yang terbentuk sejak pengidap masih kanak-kanak atau remaja. 

Alhasil, untuk dapat mengobati pengidap, perlu dilakukan penelusuran masa lalu pengidap. Terapi kognitif analitik terdiri dari tiga tahapan. 

  • Tahap pertama adalah reformulasi. Pada tahap ini, spesialis terapi akan mencari tahu pengalaman masa lalu pengidap yang kira-kira menjadi alasan mengapa pola-pola tidak sehat tersebut bisa berkembang. 
  • Tahap kedua adalah pengenalan. Pada tahap ini, spesialis terapi akan membantu pengidap untuk memahami bagaimana pola-pola yang tidak sehat tersebut berkontribusi terhadap anoreksia. 
  • Tahap ketiga adalah revisi. Sejumlah cara-cara untuk menghentikan pola-pola yang tidak sehat tersebut diidentifikasi dan kemudian diterapkan.

Terapi interpersonal

Terapi ini dengan menyelidiki bagaimana kondisi lingkungan pengidap anoreksia nervosa. Teori yang menjadi dasar terapi interpersonal adalah adanya hubungan antara lingkungan dan orang-orang di sekitar dengan keadaan psikologis pengidap, sehingga bisa menimbulkan anoreksia. 

Teori ini menyimpulkan bahwa pengidap bisa memiliki rasa percaya diri yang rendah akibat hasil interaksinya dengan orang-orang di sekitar. Ketahui 4 Fakta Penting Mengenai Anoreksia lainnya. 

2. Program menambah berat badan

Jika pengidap anoreksia sudah kehilangan berat badannya dalam jumlah yang besar, maka dokter perlu melakukan program pemulihan berat badan secara ketat. 

Program menambah berat badan dokter lakukan secara bertahap, yaitu dengan meminta pasien untuk berusaha makan secara teratur walaupun hanya dalam porsi yang sedikit.

3. Penggunaan obat-obatan antidepresan

Pengidap anoreksia nervosa juga rentan untuk mengidap beberapa gangguan mental lainnya. Contohnya seperti fobia sosial, gangguan kecemasan, hingga depresi.

Maka dari itu, dokter biasanya juga akan meresepkan penggunaan antidepresan dengan dosis yang ketat, bagi para pengidap anoreksia yang juga mengidap gangguan mental tertentu. 

Kendati demikian, antidepresan sangat jarang dokter resepkan untuk anak-anak atau remaja yang berusia di bawah 18 tahun. 

4. Pemeriksaan kesehatan rutin 

Anoreksia dapat menyebabkan sejumlah komplikasi pada tubuh pengidapnya. Misalnya seperti sembelit, anemia, dehidrasi, hingga hipotensi ortostatik. 

Nah, beberapa komplikasi tersebut tentunya dapat memicu terjadinya komplikasi lanjutan apabila tak tertangani.  

Maka dari itu, pengidap anoreksia memerlukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk memantau tanda-tanda vital, tingkat hidrasi dan elektrolit, serta kondisi fisik terkait. 

Nah, itulah penjelasan mengenai cara sembuh dari penyakit anoreksia. Mulai dari terapi psikologi, program menambah berat badan, hingga pemeriksaan kesehatan rutin. 

Jika kondisi anoreksia sudah pada tingkat yang parah dan dapat mengancam nyawa, segeralah memeriksakan diri pengidap ke dokter. 

Itulah informasi seputar anoreksia nervosa yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu atau orang terdekat mengalami tanda-tanda kondisi ini, jangan ragu menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Referensi: 
NHS. Diakses pada 2023. Treatment – Anorexia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Anorexia nervosa.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan