Jangan Sembarangan, Inilah 5 Tips Pemanasan yang Benar

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Desember 2021
Jangan Sembarangan, Inilah 5 Tips Pemanasan yang BenarJangan Sembarangan, Inilah 5 Tips Pemanasan yang Benar

“Supaya olahraga tetap aman dari cedera, jangan lupa untuk melakukan pemanasan. Dengan melakukan pemanasan, olahraga yang kamu lakukan juga akan lebih efektif. Beberapa pemanasan yang bisa kamu lakukan adalah jalan kaki, stretching ringan, lari di tempat, jumping jack, dan squat tanpa beban.”

Halodoc, Jakarta – Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, ada juga yang penting dilakukan sebelum kamu memulai olahraga, yakni pemanasan. Melakukan pemanasan dengan benar sebelum berolahraga adalah cara terbaik untuk mencegah cedera dan membuat olahraga yang akan kamu lakukan jadi lebih efektif.

Tips Pemanasan yang Benar

Melansir National Health Service UK, rutinitas pemanasan ini harus memakan waktu setidaknya 6 menit. Kamu bisa melakukan pemanasan lebih lama jika kamu merasa itu perlu. Ada dua jenis pemanasan yang bisa kamu lakukan sebelum berolahraga, yaitu pemanasan statis dan dinamis.

Pemanasan statis adalah jenis pemanasan yang dilakukan dalam posisi tidak bergerak, seperti peregangan kaki dan tangan. Sementara pemanasan dinamis dilakukan sambil bergerak, misalnya lari di tempat. Nah, berikut ini gerakan yang bisa dilakukan untuk pemanasan, yaitu:

1. Jalan Kaki

Salah satu pemanasan yang efektif untuk mencegah nyeri otot saat olahraga adalah dengan berjalan kaki. Tidak perlu lama-lama, kamu bisa berjalan kaki mengelilingi kompleks selama 30 menit saja. Selain membuat otot lebih rileks, kamu juga akan lebih bersemangat untuk berolahraga. 

2. Stretching Ringan

Selain jalan kaki, kamu bisa melakukan stretching ringan dengan meregangkan seluruh anggota tubuhmu, mulai dari kaki, bahu, lengan, pergelangan tangan, sampai kaki. Lakukan selama 15 menit. Pemanasan ini berguna untuk membuat tubuh lebih lentur, kaki lebih sigap, dan menghindarkan dari nyeri otot dan cedera.

3. Lari di Tempat

Kamu juga bisa memanaskan tubuh dengan berlari di tempat sebelum mulai berolahraga. Pemanasan statis ini bermanfaat untuk merangsang kardio sekaligus memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk otot. Dengan demikian, risiko nyeri otot saat olahraga bisa diminimalkan. Berlarilah di tempat selama 3-5 menit.

4. Jumping Jack

Saat kamu melakukan gerakan melompat sambil membuka dan menutup tangan dan kaki ini, tanpa sadar kamu sudah menggerakkan semua anggota tubuhmu. Hasilnya, bukan hanya otot tubuh menjadi lebih lentur, sendi dan tulang juga ikut terpacu untuk aktif. Lakukan jumping jack selama 3-5 menit, stamina kamu akan meningkat, sehingga tubuhmu lebih siap untuk berolahraga. 

5. Squat tanpa Beban

Untuk memperkuat otot panggul, paha, betis dan juga telapak kaki, kamu bisa melakukan squat selama 3-5 menit untuk pemanasan. Selain kamu bisa terhindar dari risiko nyeri otot saat olahraga, squat juga efektif mengencangkan bagian bawah tubuh.

Jika saat pemanasan atau olahraga, kamu mengalami nyeri otot atau cedera, segera istirahatkan diri dan gunakan obat oles khusus untuk nyeri otot. Tidak perlu repot, kini kamu bisa beli obat di Halodoc. Caranya mudah, tinggal order lewat fitur beli obat dan pesananmu akan diantar kurang dari satu jam. 

Manfaat Melakukan Pemanasan sebelum Olahraga

Latihan pemanasan dapat membantu tubuh lebih siap untuk aktivitas yang lebih berat dan membuatnya lebih mudah untuk berolahraga. Nah, beberapa manfaat penting dari pemanasan, yaitu:

  • Meningkatkan Fleksibilitas. Menjadi lebih fleksibel dapat membuat kamu mudah untuk bergerak dan berolahraga dengan benar.
  • Menurunkan Risiko Cedera. Pemanasan otot membantu membuatnya lebih rileks. Kemudian, hal ini akan menyebabkan lebih sedikit cedera.
  • Meningkatkan Aliran Darah dan Oksigen. Memiliki lebih banyak aliran darah membantu otot mendapatkan asupan yang dibutuhkan sebelum memulai aktivitas yang lebih intens.
  • Meningkatan Stamina. Pemanasan otot yang benar membantu meningkatkan stamina sehingga kamu akan berolahraga lebih efektif.
  • Rentang Gerak yang Lebih Baik. Memiliki rentang gerak yang lebih besar dapat membantu kamu menggerakkan sendi dengan lebih baik.
  • Mengurangi Ketegangan Otot dan Rasa Sakit. Otot yang hangat dan santai dapat membantu kamu bergerak lebih mudah dan dengan lebih sedikit rasa sakit atau kekakuan.

Itulah manfaat pemanasan dan cara tepat melakukannya. Jika kamu masih membutuhkan informasi terkait pemanasan yang benar, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter akan memberikan kamu segala informasi yang kamu butuhkan agar kamu terhindar dari cedera. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2021. How to Warm Up Before Exercising.
Healthline. Diakses pada 2021. Warm Up Exercises to Help Boost Your Workout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan