• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Sepelekan, Waspadai Komplikasi Hepatitis

Jangan Sepelekan, Waspadai Komplikasi Hepatitis

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Hepatitis merupakan infeksi hati yang dapat menular. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Jika terjadi pada seseorang, penyakit ini bisa berlangsung beberapa minggu. Namun jika penyakit lebih parah, bisa berlangsung selama berbulan-bulan. Seseorang dapat mengalami penyakit ini ketika makan atau minum sesuatu yang terkontaminasi oleh kotoran dari orang yang memiliki virus. 

Hepatitis dapat berkembang menjadi penyakit lain. Beberapa komplikasi penyakit yang bisa terjadi seperti fibrosis dan sirosis. Untungnya komplikasi seperti gagal hati dapat dicegah. Jika kamu mengalami hepatitis, berikut adalah beberapa komplikasi yang perlu diwaspadai.

Baca juga: Waspadai 5 Gejala Hepatitis B yang Datang Diam-Diam

1. Fibrosis

Salah satu komplikasi yang umum dari hepatitis kronis adalah fibrosis, yaitu kondisi yang disebabkan oleh jaringan parut hati. Dalam kasus-kasus fibrosis, hati dirusak oleh peradangan yang konstan, menciptakan jaringan parut untuk memperbaiki dirinya sendiri. Sayangnya, jaringan parut ini membuat hati tidak berfungsi seperti dulu. 

Jika fibrosis dikendalikan dalam waktu dan terbatas pada sebagian kecil dari hati, sisa organ dapat bekerja lebih keras dan mengikuti fungsi normalnya. Jika fibrosis berkembang dan menjadi lebih luas, maka itu digambarkan sebagai sirosis. 

2. Sirosis Hati

Fibrosis yang menyebar luas disebut sirosis. Hepatitis B, C, dan hepatitis alkoholik dapat menyebabkan sirosis, serta penyakit hati berlemak dan kondisi terkait hati lainnya. Jaringan parut yang berhubungan dengan sirosis sering tidak dapat dipulihkan. Dalam kasus yang parah dan tanpa pengobatan, tindakan terbaik untuk mengatasinya adalah transplantasi hati. 

3. Kanker Hati

Kanker hati merupakan kelanjutan dari komplikasi sirosis. Kanker hati dapat berkembang sebagai salah satu dari dua jenis, yaitu karsinoma hepatoseluler dan karsinoma kolangiolar. Karsinoma hepatoseluler memengaruhi sel-sel hati, sedangkan karsinoma kolangiolar mempengaruhi saluran empedu. 

Baca juga:  Fakta Tentang Penyakit Hepatitis

4. Gagal Hati

Meski jarang terjadi, gagal hati termasuk komplikasi serius yang bisa disebabkan oleh hepatitis. Dokter menggunakan istilah berbeda untuk menggambarkan variasi gagal hati, seperti gagal hati fulminan atau gagal hati akut. Jika hati tidak berfungsi lagi, kondisi tersebut dapat mengancam jiwa. 

5. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan kelainan ginjal yang disebabkan oleh peradangan yang paling terkait dengan respons imun. Ini paling sering terlihat pada orang-orang dengan infeksi hepatitis B kronis dan hepatitis C. Tanpa pengobatan, peradangan dapat berkembang dan akan sangat merusak ginjal. 

6. Cryoglobulinemia

Cryoglobulinemia termasuk dalam penyakit yang jarang terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh sekelompok protein abnormal yang menghalangi pembuluh darah kecil. Kondisi ini paling umum terjadi pada mereka yang mengalami infeksi hepatitis B kronis dan hepatitis C, sehingga menyebabkan terjadinya masalah sirkulasi.

7. Ensefalopati Hepatik

Kehilangan fungsi hati yang parah, seperti gagal hati, dapat menyebabkan otak meradang. Kondisi tersebut dikenal sebagai ensefalopati. Penyakit ini menyebabkan masalah mental dan dapat menyebabkan koma. Ensefalopati hati lanjut adalah kondisi serius dan biasanya berakibat fatal. 

8. Hipertensi Portal

Salah satu fungsi penting hati adalah  menyaring darah. Namun, sirosis dan masalah lain dapat mengganggu sistem sirkulasi portal hati. Saat sistem portal ini tersumbat, darah tidak dapat kembali ke hati dari sistem pencernaan dan tekanan meningkat, yang disebut hipertensi portal. Penyakit ini termasuk komplikasi serius dan bisa berakibat fatal. 

Baca juga: Pengobatan dan Pencegahan Hepatitis A

9. Porfiria

Porfiria merupakan sekelompok penyakit yang disebabkan oleh masalah pemrosesan bahan kimia penting dalam tubuh yang disebut porfirin. Salah satu jenis komplikasi yang disebut porphyria cutanea tara dapat menyebabkan lepuhan pada tangan dan wajah. Penyakit tersebut merupakan komplikasi yang jarang dari infeksi hepatitis C kronis. 

Itulah komplikasi hepatitis yang patut kamu waspadai. Apabila kamu mengidap atau mengalami gejala hepatitis, sebaiknya segera bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum hepatitis menjadi lebih parah dan berkembang menjadi komplikasi. 

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. 10 Common Complications of Hepatitis.