Jarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Desember 2023

“Sukun mengandung banyak nutrisi, seperti serat, karbohidrat, dan vitamin C. Begitu banyaknya nutrisi membuat makanan ini bisa membantu kamu untuk mencegah anemia, menurunkan kadar kolesterol, hingga membuat kulit lebih sehat.”

Jarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Buah Sukun untuk KesehatanJarang Diketahui, Ini 13 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sukun goreng adalah salah satu kudapan yang lezat untuk disantap saat bersantai. Bukan hanya rasanya yang lezat dan mengenyangkan, nyatanya sukun juga memiliki berbagai kandungan nutrisi tinggi yang sayang jika dilewatkan.

Begitu banyaknya kandungan nutrisi pada sukun, membuat makanan ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan kulit hingga pencernaan. Berikut ulasannya!

Manfaat Buah Sukun bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat sukun yang perlu kamu ketahui:

1. Membuat merasa kenyang 

sukun bisa membuat kenyang

Dalam 100 gram buah ini, kamu dan keluarga bisa mendapatkan  24,5 gram karbohidrat. Artinya, kamu bisa memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan karbohidrat harian.

Selain itu, ini juga kaya alam kandungan serat dan proteinnya yang membuat siapa saja yang memakannya, merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, jenis karbohidrat pada buah ini termasuk dalam karbohidrat kompleks.

Jenis karbohidrat ini memakan waktu lebih lama untuk bisa dicerna tubuh, sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

2. Mencegah paparan radikal bebas

sukun bisa menolak paparan radikal bebas

Sukun mengandung beberapa jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Dua jenis antioksidan tersebut adalah phenolic dan flavonoid.

Selain itu, jenis buah sukun yang memiliki warna daging buah kuning-oranye ditengarai memiliki lebih banyak kandungan antioksidan. 

Contohnya seperti xanthin dan lutein yang akan membuat tubuh terhindar dari radikal bebas akibat aktivitas sehari-hari. Paparan radikal bebas dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

3. Menurunkan kolesterol

sukun bisa menurunkan kadar kolesterol

Sukun mengandung serat yang tinggi, buah ini juga diduga bisa menurunkan kolesterol darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dari sistem pencernaan.

Serat dapat menurunkan kolesterol dengan beberapa cara. Pertama, serat mampu mengikat lemak dan kolesterol sehingga mudah dikeluarkan dan tidak diserap oleh darah. 

Selain itu, serat juga mampu mencegah gula darah naik dengan memperlambat pencernaan.

Ketika kadar gula naik, trigliserida dapat meningkat yang memicu peningkatan kadar kolesterol.

4. Menjaga kesehatan aliran darah

sukun bisa menjaga kesehatan aliran darah

Sukun yang segar juga memiliki kandungan kalium, zat besi, serta berbagai mineral lain yang cukup tinggi. Kandungan mineral ini sangat penting karena ia bisa menjaga kestabilan denyut jantung dan tekanan darah. 

Selain itu, senyawa fitokimia pada buah sukun juga bisa membantu mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah akibat timbunan kolesterol.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

sukun bisa tingkatkan imun

Kata siapa hanya buah jeruk dan apel yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Faktanya, sukun kaya akan vitamin C yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit. Dalam 100 gram sukun, kamu bisa mendapatkan 29 miligram vitamin C, atau memenuhi 48 persen kebutuhan vitamin C harian.

6. Menurunkan risiko nyeri otot dan sendi

Sukun mengandung antioksidan phenolic yang cukup tinggi. Senyawa ini juga termasuk flavonoid, coumarin, dan xanthones. 

Seluruh kandungan antioksidan tersebut mampu mengoptimalkan pengobatan rematik dan nyeri otot. Efek ini bisa terjadi akibat adanya sifat antiinflamasi pada senyawa tersebut.

Jika nyeri otot tidak kunjung membaik, kamu bisa cari tahu berbagai gerakan sederhana untuk mengatasi nyeri otot melalui artikel ini → Ini Langkah Sederhana untuk Meredakan Nyeri Otot

7. Mencegah infeksi bakteri

Mampu mengatasi infeksi bakteri

Sukun juga bisa diolah menjadi ekstrak yang mengandung etil asetat dan metanol. Kedua kandungan tersebut memiliki sifat antibakteri terutama pada bakteri Streptococcus dan Pseudomonas aeruginosa.

8. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam sukun mampu menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Serat membuat feses menjadi lebih lunak sehingga kamu terhindar dari sembelit.

Terpenuhinya serat juga membuat racun dalam pencernaan bisa dikeluarkan dengan baik. Jadi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi sukun.

Kamu juga bisa cari tahu jenis buah lain yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan melalui artikel ini → Catat, Ini 15 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan Tubuh

9. Mencegah infeksi kulit

sukun membantu cegah infeksi kulit

Sukun mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Hal ini membuat antioksidan dalam tubuh menjadi lebih optimal.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa terpenuhinya kandungan antioksidan dalam tubuh, membuat kulit terhindar dari berbagai penyakit, seperti infeksi kulit.

10. Membuat kulit lebih sehat

Antioksidan pada sukun juga bisa membuat kulit menjadi lebih bersinar dan cerah. Hal ini karena antioksidan mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas, yang bisa memicu munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

Contohnya, seperti kulit kusam, kulit kering, munculnya kerutan halus, hingga jerawat. Tentunya, manfaat ini bisa kamu rasakan secara optimal dengan melakukan perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

11. Mencegah anemia

sukun mampu mencegah anemia

Sukun mengandung zat besi di dalamnya. Terpenuhinya kebutuhan zat besi membuat tubuh dapat memproduksi sel darah merah sehat dengan optimal. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit kekurangan darah atau anemia.

12. Meningkatkan energi

Mengonsumsi sukun mampu membantu kamu dalam mengoptimalkan energi. Hal ini karena kandungan serat di dalamnya yang bisa membuat kamu merasa kenyang tanpa menambahkan kalori tinggi.

Ketika energi kamu dalam kondisi yang baik, maka kamu akan terhindar dari kondisi kelelahan yang bisa mengganggu aktivitas seharian.

13. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut

Sukun mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut. Mengonsumsinya membuat kamu memenuhi kebutuhan yang bisa mengoptimalkan kesehatan rambut.

Sukun sendiri dikenal juga sebagai breadfruit di beberapa negara. Ketika daging buah ini diolah, maka dagingnya akan menyerupai roti sehingga terkenal dengan nama tersebut.

Meskipun menyerupai roti, tetapi rasa sukun dikatakan hampir serupa dengan kentang.

Selain direbus, dipanggang, atau digoreng, sukun juga bisa diolah menjadi tepung. Ingat, sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Pastikan kamu mengetahui batasan aman dalam mengonsumsi makanan tertentu.

Jika itu terjadi, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter tepercaya dengan klik gambar berikut:

Referensi:
U.S. Department of Agriculture Agricultural Research Service. Diakses pada 2022. Basic Report: Seeds, Breadfruit Seeds, Boiled.
WebMD. Diakses pada 2022. Vitamins & Supplements: Breadfruit.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Breadfruit Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthify Me. Diakses pada 2023. Breadfruit: The Highly Beneficial Magical Fruit.
Stylecraze. Diakses pada 2023. 10 Amazing Benefits Of Breadfruit For Skin, Hair And Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan