• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin dapat menjadi cara sederhana untuk memulai pola makan sehat. Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika rutin mengonsumsi buah dan sayuran, salah satunya menjaga kesehatan pencernaan. Buah pepaya dikenal memiliki manfaat baik bagi pencernaan. Tidak hanya buahnya, ternyata daun pepaya juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho!

Baca juga: 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Daun pepaya dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki rasa pahit. Di balik rasa pahit tersebut, siapa sangka daun pepaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Baik pria maupun wanita dapat merasakan manfaat yang sama dari mengonsumsi daun pepaya. Berikut ini ulasannya.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Dilansir dari WebMD, tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, daun pepaya juga dapat digunakan sebagai salah satu makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Konsumsi buah pepaya secara rutin dapat membantu pengidap diabetes untuk menurunkan kadar gula darah. Nah, manfaat daun pepaya sendiri di antaranya, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Dilansir dari WebMD, menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung daun pepaya dapat menjauhkan gigi dan mulut dari berbagai gangguan kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi daun pepaya jika kamu memiliki gangguan kesehatan pada mulut dan gigi.

2. Mengatur Kadar Gula Darah

Bagi pengidap diabetes, kamu bisa mengonsumsi daun pepaya. Daun pepaya dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, daun pepaya nyatanya memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu tubuh melawan gejala diabetes. Tidak ada salahnya untuk rutin lakukan pemeriksaan darah pada rumah sakit terdekat agar kamu dapat mengontrol kondisi gula darah dalam tubuh.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Pepaya untuk Pencernaan

3. Melawan Penyakit Demam Berdarah

Ketika mengalami gejala demam berdarah, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi daun pepaya sebagai obat alami yang bisa kamu gunakan untuk melawan penyakit demam berdarah. Kandungan papain, karicain, dan chymopapain dalam daun pepaya membantu tubuh untuk mengurangi gejala demam berdarah. Namun, jika gejala demam berdarah semakin memburuk, segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk penanganan secara medis. Kini kamu bisa membuat aplikasi Halodoc untuk membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan.

4. Memperlancar Produksi ASI

Kabar gembira bagi ibu menyusui. Nyatanya, kamu bisa mencoba mengonsumsi daun pepaya untuk memperlancar produksi ASI. Kandungan zat papain dan enzim lainnya dikatakan dapat membantu ibu meningkatkan produksi ASI. Namun, hingga hari ini belum ada penelitian ilmiah yang mengatakan kaitan mengonsumsi daun pepaya dan kuantitas produksi ASI.

5. Sumber Antioksidan Alami

World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences mengungkapkan, daun pepaya terbukti sebagai antioksidan alami dan dapat melawan radikal bebas. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai infeksi penyakit.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Nah, itulah yang bisa kamu ketahui tentang manfaat dari daun pepaya. Jangan lupa untuk seimbangkan nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi berbagai sayuran dan buah. Tidak lupa juga, penuhi kebutuhan air putih agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik. 

Referensi:
Styles at Life. Diakses pada 2020. 12 Research Based Papaya Leaf Juice Benefits for Skin, Hair and Health
Web MD. Diakses pada 2020. Papaya
World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences . Diakses pada 2020. Nutritional and Medicinal Value of Papaya
Diet Chart. Diakses pada 2020. Benefits of Papaya Leaves Juice for Skin, Hair, and Health