• Home
  • /
  • Bukan Cuma Atasi Sembelit, Ini 4 Manfaat Pepaya Lainnya

Bukan Cuma Atasi Sembelit, Ini 4 Manfaat Pepaya Lainnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bukan Cuma Atasi Sembelit, Ini 4 Manfaat Pepaya Lainnya

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya buah di pasaran, buah apa yang menjadi favoritmu? Bagi kamu yang memilih pepaya, ada banyak manfaat bagi tubuh yang bisa kamu peroleh. Jangan salah lho, ternyata manfaat pepaya bukan cuma menyoal sembelit saja.

Buah ini kaya akan vitamin dan serat yang dapat melancarkan pencernaan, terutama jika dikonsumsi secara rutin. Lalu, apa saja sih manfaat pepaya bagi tubuh? Berikut pembahasannya!

 Baca juga: Bukan Hanya untuk Pencernaan, Ini 7 Manfaat Pepaya

Manfaat Pepaya bagi Sistem Pencernaan

Pepaya adalah salah satu buah yang sangat mudah untuk didapatkan, terutama di toko buah dan pasar. Buah ini terbilang murah, sehingga semua orang dapat mengonsumsinya secara rutin. Selain murah, manfaat pepaya juga sangat besar, terutama untuk sistem pencernaan.

Mengonsumsi buah ini juga dapat melancarkan buang air besar bagi seseorang yang mengalami sembelit. Akan tetapi, manfaat pepaya sebenarnya tak cuma menyoal itu saja. Ternyata, manfaat pepaya untuk pencernaan didapatkan dari enzim-enzim yang terkandung di dalamnya. Enzim tersebut, antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase.

Lantas, apa saja sih manfaat pepaya lainnya bagi sistem pencernaan?

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat pepaya pertama yang dapat kamu rasakan adalah melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung enzim papain yang paling tinggi ketika buah tersebut matang. Enzim tersebut dapat membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh. Selain itu, buah ini merupakan sumber zat fermentasi yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Selain Buah, Daun Pepaya juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

2. Membunuh Parasit pada Usus

Ternyata, bukan hanya dagingnya saja yang dapat memberikan manfaat. Biji dari buah pepaya juga berguna untuk membunuh cacing usus dan parasit amuba pada tubuh. Kandungan karpain pada pepaya dapat membantu menyingkirkan parasit pada saluran pencernaan tersebut.

3. Menyembuhkan Luka pada Lapisan Perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya. Kandungan dari buah tersebut dapat membantu tubuh untuk melindungi sistem pencernaan. Maka dari itu, buah ini cocok untuk seseorang yang mengidap penyakit maag.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pepaya termasuk salah satu buah yang bermanfaat bagi jantung. Buah ini kaya vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Tak cuma itu saja, pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Selain empat hal di atas, manfaat pepaya lainnya bersinggungan dengan sistem kekebalan tubuh. Pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang bisa menguatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, risiko terserang penyakit infeksi pun akan semakin berkurang. Contohnya, flu dan pilek.

  1. Menyehatkan Kulit

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Nah, sudah tahu kan manfaat pepaya bagi tubuh, tertarik untuk mencobanya?

 Baca juga: 7 Manfaat Baik Rutin Konsumsi Buah Pepaya

Awas Jangan Berlebihan

Meskipun menyehatkan, ternyata tidak semua orang dapat mengonsumsi buah yang lezat ini. Seseorang yang mengidap alergi terhadap lateks mungkin tidak dapat mengonsumsi pepaya. Hal tersebut karena enzim chitanases yang terkandung didalamnya. Kandungan tersebut mungkin menyebabkan reaksi silang ketika dikonsumsi.

Pepaya memang mengandung banyak serat, tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Kulit pepaya juga mengandung lateks yang bisa mengiritasi lambung bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Beberapa orang juga ada yang tidak menyukai pepaya karena bau yang ditimbulkannya. Walau begitu, kamu dapat meminimalisasi bau yang timbul tersebut dengan mencampurkan buah lain atau jeruk nipis.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2020. Papaya for Digestion.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the health benefits of papaya?
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Discovering the link between nutrition and skin aging - Dermatoendocrinology.