13 July 2018

7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat buah pepaya, pepaya

Halodoc, Jakarta – Pepaya adalah buah yang banyak digemari. Selain rasanya manis dan segar, ternyata, buah pepaya juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena buah pepaya mengandung banyak nutrisi, seperti serat, mineral (likopen, kalsium, potasium, folat, dan magnesium), dan vitamin (A, B1, B3, B5, E, dan K).

Baca juga: Buah Potong atau Jus Buah Mana yang Lebih Baik untuk Buka Puasa

Berikut adalah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah pepaya kaya akan beta karoten (provitamin A). Kandungan ini akan diubah menjadi vitamin A yang berperan dalam produksi antibodi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pepaya juga mengandung tinggi serat, vitamin C, dan enzim pencernaan papain yang berfungsi sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan).

2. Menyehatkan Mata

Buah pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin ini berperan untuk membantu metabolisme sel pada mata (tepatnya bagian retina), sehingga mata mendapat cukup asupan nutrisi untuk membantu dalam proses kerja sel mata. Selain itu, vitamin A juga berperan untuk menjaga kelembaban mata, sehingga terhindar dari risiko mata kering.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat ini sudah banyak diketahui. Namun, tahukah kamu kenapa pepaya baik untuk saluran cerna? Alasannya karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi pepaya selama 40 hari bisa membantu menyembuhkan konstipasi dan perut kembuh.

4. Baik untuk Rambut dan Kuku

Buah pepaya juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kuku. Kamu bisa mengolah buah pepaya menjadi masker rambut, atau mengoleskan getah pepaya ke kuku untuk membersihkan kuku bagian luar.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain baik untuk rambut dan kuku, buah pepaya juga sering diolah menjadi masker wajah. Ini karena buah pepaya dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Kandungan likopen di dalamnya mengandung antioksidan yang berperan untuk menangani kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Enzim papain dalam buah pepaya juga bisa membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A dan C dalam buah pepaya juga bisa membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam di wajah.

6. Menyehatkan Jantung dan Mencegah Kanker

Seperti yang sudah disebutkan, buah pepaya mengandung vitamin C dan likopen. Ternyata, kandungan ini juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan likopen juga bisa mengurangi radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

7. Mengobati Demam Berdarah

Meski butuh penelitian lebih lanjut, peneliti menduga bahwa pepaya bisa membantu meningkatkan trombosit pengidap demam berdarah. Ini karena sebuah studi menemukan, pengidap demam berdarah yang mendapat ekstrak daun pepaya memiliki peningkatan trombosit lebih cepat dibanding yang mendapat pengobatan biasa.

Itulah tujuh manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar buah pepaya, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!