Jenis Anjing yang Cocok Dipelihara Untuk Anak-Anak

8 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Agustus 2021

“Anjing adalah salah satu peliharaan favorit keluarga. Selain setia, mereka cenderung aktif sehingga asyik untuk diajak bermain bersama anak-anak."

Jenis Anjing yang Cocok Dipelihara Untuk Anak-AnakJenis Anjing yang Cocok Dipelihara Untuk Anak-Anak

Halodoc, Jakarta – Anjing dikenal sebagai hewan yang baik, setia, dan bisa melindungi pemiliknya. Karena sifatnya ini, anjing bisa menjadi teman yang baik untuk Si Kecil di rumah. Namun, ada sejumlah pertimbangan saat memilih jenis anjing untuk dipelihara. 

Pasalnya, setiap jenis anjing memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Saat memilihnya untuk anak, pastikan ibu memperhatikan temperamen anjing dan kepribadiannya.  

Anjing yang Cocok Dipelihara Anak

Nah, berikut jenis anjing yang cocok dipelihara anak:

1. Poodle

Salah satu ciri khas poodle adalah bulunya yang ikal. Semakin lebat bulunya, anjing ini akan tampak elegan dan menggemaskan.

Mereka juga termasuk anjing yang cerdas sehingga mudah dilatih. Ukurannya yang mini dan aktif membuat poodle cocok dipelihara anak-anak. 

2. Chi Hua Hua

Chi hua hua masuk dalam kategori ras anjing terkecil namun dengan dahi yang besar. Jenis anjing yang satu ini juga memiliki bulu yang sangat pendek sehingga ibu tak terlalu repot merawatnya. Bukan cuma itu, mereka juga pintar dan lincah sehingga anak-anak pasti senang bermain dengannya. 

3. Shih Tzu

Nah, jenis anjing yang satu ini juga cukup favorit untuk dipelihara. Pasalnya, shih tzu tampak menggemaskan dengan bulu halus yang menjuntai panjang.

Saking panjangnya, ibu bisa mengikatnya bak rambut anak perempuan, lho. Mereka juga ramah dan mudah bergaul, sehingga anjing ini bisa menjadi teman untuk Si Kecil. 

Baca juga: Jarang Diketahui, 6 Fakta Unik Mengenai Anjing Shih Tzu

4. Pomeranian

Jenis anjing mungil lain yang bisa ibu pertimbangkan adalah pomeranian. Mereka juga punya dahi yang cukup lebar seperti chi hua hua. Bedanya, anjing ini berbulu lebat dan cukup panjang. Sifatnya yang manja dan setia bisa membuat anak betah bermain bersamanya. 

5. Yorkshire

Anjing yang kerap disebut Yorkie ini juga bertubuh mungil dan berbulu panjang. Bulunya yang lurus, halus dan panjang ini bisa di-styling dengan berbagai gaya.

Selain cantik dan menggemaskan, mereka punya sifat yang pemberani dan aktif. Itu sebabnya, ibu bisa mempertimbangkan anjing ini untuk teman Si Kecil. 

6. Maltese

Salah satu kelebihan memelihara maltese adalah bulunya yang tidak mudah rontok. Padahal, mereka punya bulu yang cukup lebat dan panjang jika dibandingkan anjing lainnya, lho.

Matanya yang bulat membuat maltese semakin imut dan menggemaskan. Kepribadiannya yang aktif dan manja sangat cocok untuk dipelihara anak-anak. 

7. Pekingese

Badannya boleh kecil, tetapi anjing ini berotot dan bobotnya cukup berat, lho. Selain itu, pekingese memiliki bulu yang panjang dan lebat seperti awan. Sifatnya yang setia membuat anjing ini cocok dipelihara. 

8. Bichon Frise

Anjing mungil selanjutnya yang bisa menjadi teman Si Kecil adalah jenis bichon. Mereka punya kepribadian yang mudah bergaul dan ramah. Bulunya yang tebal dan ikal mirip sekali dengan poodle. 

Bedanya, anjing ini punya kepala yang lebih bulat daripada poodle. Mereka juga setia dan manja. Saking manjanya, anjing ini sedih dan tidak suka apabila ditinggal oleh majikannya. 

Selain itu, kamu juga bisa pilih Jenis Anjing Lucu dan Menggemaskan untuk Dipelihara.

Jenis Anjing Lainnya yang Cocok Dipelihara 

Selain anjing-anjing bertubuh mini seperti di atas, ibu juga bisa mempertimbangkan jenis anjing berikut yang punya tubuh lebih besar untuk dipelihara:

1. Golden retriever

Anjing yang satu ini memiliki karakteristik baik hati, pintar, percaya diri, dan pastinya penyayang. Tak hanya itu, anjing berbulu keemasan ini punya tingkat kesabaran yang mumpuni sehingga cocok untuk anak. Energinya juga cukup tinggi sehingga bisa mengimbangi aktifnya Si Kecil saat bermain. 

2. Beagle

Beagle memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dan bulunya pendek. Salah satu ciri khasnya adalah telinganya yang lebar dan panjang.

Mereka bisa menjadi anjing pelacak karena penciumannya yang tajam dan tubuhnya yang berotot. Itu sebabnya, Beagle bisa kamu pertimbangkan sebagai hewan peliharaan untuk menjaga lingkungan di sekitar rumah. 

3. Kintamani

Siapa yang tak kenal dengan anjing asli Bali ini? Sesuai namanya, jenis anjing ini berasal dari Kintamani, wilayah dataran tinggi di Pulau Bali.

Mereka punya perawakan yang cukup besar dengan bulu yang cenderung pendek. Telinganya juga unik, mirip seperti huruf V terbalik. Anjing ini dikenal dengan sifat kesetiaannya sehingga cocok untuk dipelihara. 

4. Corgi

Nah, anjing yang satu ini amat populer karena dipelihara oleh mendiang Ratu Elizabeth II. Selain dipelihara oleh seorang ratu, keunikan yang dimilikinya adalah tubuhnya yang ceper.

Ciri khasnya adalah kaki yang sangat pendek dan badannya yang panjang. Selain posturnya unik, mereka adalah anjing yang aktif dan ramah. Anjing ini juga pintar sehingga lebih mudah untuk dilatih. 

5. Labrador

Selain Golden Retriever, Labrador termasuk jenis anjing peliharaan yang bisa kamu andalkan. Mereka punya sifat yang protektif, penyayang dan suka bermain. 

Kelebihan lainnya yaitu mudah untuk kamu melatihnya berkat kecerdasan mereka. Mereka juga suka sekali berolahraga, bahkan bisa kamu latih untuk berenang, lho

4. Setter Irlandia

Memiliki anjing yang senang bermain dengan anak-anak tentu bisa meringankan pekerjaan ibu. Nah, anjing Setter Irlandia mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

Pasalnya, jenis anjing ini punya karakter energik, ceria, suka bermain dengan anak-anak, dan senang berada di antara keluarga. Karena alasan tersebut, Setter Irlandia bisa menjadi pilihan anjing peliharaan yang tepat. 

5. Akita

Pernah dengar kisah Hachiko? Hachiko adalah seekor anjing yang sangat setia menunggu majikannya pulang di depan stasiun setiap harinya. Dirinya bahkan masih menunggu majikannya pulang meski telah meninggal 10 tahun lamanya. Mengharukan bukan?

Nah, Hachiko ini ternyata berjenis Akita, anjing bertubuh besar yang berasal dari pegunungan Jepang. Selain sifat kesetiaannya yang tak tertandingi, Akita juga lincah dan pintar melacak. Itu sebabnya, anjing ini kerap diajak untuk berburu. 

Meski bertubuh besar, wajahnya imut dan lucu. Mereka juga hangat dan mudah bersosialisasi. Karena alasan inilah, Akita bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dipelihara.

6. Shiba inu

Sekilas, anjing ini memang mirip dengan Akita. Nah, keduanya memang sama-sama dari Jepang. Bedanya, ukuran tubuh Shiba Inu lebih kecil daripada Akita. 

Kepribadiannya pun berbeda. Jenis anjing ini lebih agresif dan tempramen. Meski begitu, anjing ini masih aman ,kok, untuk dipelihara di rumah. Pasalnya, mereka juga ramah dan sangat setia. 

Nah, itu tadi beberapa jenis anjing yang cocok untuk dipelihara anak-anak. Selalu pastikan anjing peliharaan dalam kondisi sehat, ya

Jangan lupa berikan vitamin untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan di rumah. Sekarang, beli vitamin lebih mudah di toko kesehatan Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
PetMD. Diakses pada 2023. The 10 Best Dog for Kids and Families.
Good House Keeping. Diakses pada 2023. The 20 Best Dogs for Kids and Families to Adopt Straight Away.
American Kennel Club. Diakses pada 2023. Best Dog Breeds for Kids.
The Spruce Pets. Diakses pada 2023. Best Dog Breeds for Kids and Families.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan