11 Jenis Anjing Lucu dan Menggemaskan yang Bisa Dipelihara

13 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 April 2024

“Setiap jenis anjing memiliki bentuk fisik dan kepribadian yang berbeda-beda. Namun, setiap anjing memiliki risiko kesehatan yang hampir sama sehingga penting untuk memperhatikan kesehatan mereka.”

11 Jenis Anjing Lucu dan Menggemaskan yang Bisa Dipelihara11 Jenis Anjing Lucu dan Menggemaskan yang Bisa Dipelihara

DAFTAR ISI

  1. Jenis Anjing Lucu yang Bisa Kamu Pelihara
  2. Cara Membangun Bonding dengan Anjing Peliharaan
  3. Hubungi Dokter Hewan Ini Jika Anabul Sakit
    1. drh. Popy Novarina Rihadini 
    2. drh. A.A. Ngr. Gede Dwina Wisesa 
    3. drh. Reh Malem Br Tarigan 
    4. drh. Indardi
    5. drh. Kusuma Catur Wahyudi

Halodoc, Jakarta – Anjing adalah hewan peliharaan yang paling populer di dunia. Selain menjadi teman setia dan penjaga rumah yang baik, jenis anjing yang tepat dengan kepribadian kamu bahkan bisa memberikan kebahagiaan dan kesenangan.

Tak heran kalau hewan ini menjadi hewan favorit untuk dipelihara selain kucing. Jika kamu ingin memelihara anjing tapi masih bingung memilih jenisnya, berikut beberapa jenis anjing yang bisa kamu pertimbangkan!

Jenis Anjing Lucu yang Bisa Kamu Pelihara

Berikut jenis anjing yang lucu dan menggemaskan untuk kamu pelihara di rumah:

1. Pomeranian

jenis anjing pomeranian

Anjing dengan nama lain Spitz Jerman Kecil ini merupakan salah satu yang sangat populer. Mereka memiliki bulu lebat dan tebal, serta wajah yang lucu dengan ekspresi yang ramah. 

Keunikan lainnya, mereka memiliki bulu ekornya yang menjuntai dan wajahnya yang bulat. Selain itu, mereka juga cerdas, ramah, dan mudah untuk kamu latih. Pomeranian juga merupakan salah satu jenis anjing yang setia dengan majikannya. 

Tidak ada salahnya kamu coba ketahui berbagai fakta menarik mengenai anjing husky melalui artikel “Ketahui 11 Fakta Menarik Mengenai Anjing Husky“.

2. French bulldog

jenis anjing bulldog

Jenis anjing lucu selanjutnya yang bisa kamu pelihara adalah bulldog. Mereka memiliki kepala besar dan tubuh yang kecil.

Wajah unik dengan telinga berdiri dan hidung yang pesek. Itulah yang membuat ekspresi anjing ini terlihat menggemaskan. 

Anjing ini juga memiliki sifat yang ramah, mudah bergaul, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.  Mereka juga terkenal sebagai anjing yang sangat penyayang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Pug

pug

Pug adalah salah satu jenis anjing kecil yang juga bisa kamu pertimbangkan. Fitur wajahnya juga tak kalah unik dengan anjing lainnya. Mereka memiliki hidung yang pesek dan mata yang besar. 

Selain itu, pug juga ramah, mudah bergaul, dan mudah kamu latih. Walaupun punya kebiasaan tidur yang panjang, pug juga merupakan anjing yang senang bermain.

Itu sebabnya, jenis anjing ini mungkin cocok untuk keluarga yang sudah memiliki anak.

4. Corgi

jenis anjing corgi

Corgi adalah jenis anjing yang berasal dari Wales. Mereka memiliki tubuh yang kecil dan pendek dengan kaki yang pendek. Fitur wajahnya juga menggemaskan dengan telinganya yang besar.

Anjing ini juga sangat cerdas, mudah untuk kamu latih, dan mudah bergaul dengan anak-anak. Sama seperti beberapa jenis anjing lainnya, corgi juga sangat setia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Corgi sendiri terdiri dari dua jenis,  yaitu Pembroke Welsh Corgi dan Cardigan Welsh Corgi.

Pembroke Welsh Corgi adalah yang paling umum, dengan bentuk fisik yang lebih ramping, sedangkan Cardigan Welsh Corgi lebih besar dan memiliki bentuk fisik yang lebih padat.

5. Shih tzu

shih tzu

Jika kamu ingin memiliki anjing kecil berbulu lebat untuk bisa di-styling, Shih Tzu bisa menjadi jawabannya. Tak hanya bulunya saja yang cantik, mereka juga memiliki wajah yang lucu dengan mata besar dan hidung pesek. 

Selain itu, Shih Tzu juga cerdas dan tergolong mudah untuk kamu latih. Mereka pun tergolong sebagai anjing yang senang bermain, penyayang dan mudah bergaul dengan anak-anak. Karena bulunya yang lebat, kamu mungkin perlu ekstra untuk merawatnya.

6. Chihuahua

jenis anjing chihuahua

Siapa yang tak kenal dengan jenis anjing yang satu ini? Chihuahua dinobatkan sebagai anjing  yang paling kecil di dunia. Mereka memiliki tubuh yang kecil dan ramping dengan kepala yang besar dan telinga yang besar. Anjing ini juga termasuk jenis yang berumur panjang. Nah, Ini 4 Jenis Anjing yang Memiliki Umur Panjang lainnya.

Selain mungil dan menggemaskan, chihuahua punya sifat yang cerdas dan penyayang. Mereka juga cenderung mudah untuk kamu latih.

Tak hanya itu saja, anjing ini juga senang bermain dan mudah bergaul dengan anak-anak. Itu sebabnya, anjing ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu pelihara di rumah. 

7. Beagle

beagle

Hewan peliharaan selanjutnya yang patut kamu pertimbangkan adalah beagle. Anjing ini memiliki tubuh yang kecil dengan telinga panjang. Mereka memiliki wajah yang lucu dengan ekspresi yang ramah. 

Selain itu, Beagle juga cerdas, aktif, dan mudah kamu latih. Anjing ini juga senang bermain dan memiliki kemampuan penciuman yang sangat baik. Apabila kamu latih secara rutin, beagle bisa menjadi anjing penjaga atau anjing pelacak. 

8. Maltese

maltese

Nah, jenis anjing kecil yang populer untuk kamu pelihara selanjutnya adalah maltese. Mereka memiliki bulu panjang dan lembut yang sering diikat dengan pita kecil. Jika kamu sangat suka melakukan styling pada anjing, maltese adalah pilihan yang tepat.

Bukan itu saja, mereka juga sangat cerdas dan penyayang. Maltese adalah anjing yang sangat aktif dan energik, meskipun ukurannya kecil. Anjing ini juga terkenal sebagai penjaga yang baik.

Mereka sangat protektif terhadap keluarga mereka dan akan memberi peringatan jika ada orang asing atau anjing yang mendekati rumah.

Selain jenis-jenis anjing di atas, ada pula anjing kintamani yang bisa kamu pelihara. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 15 Fakta Unik Mengenai Anjing Kintamani Asal Bali

9. Dachshund

jenis anjing dachsund

Dachshund atau disingkat “Sausage Dog”, adalah jenis anjing kecil yang memiliki tubuh panjang dengan kaki pendek. Anjing ini memiliki insting berburu yang kuat sehingga sering bisa kamu latih untuk berburu hewan kecil seperti tikus dan kelinci. 

Selain bisa kamu jadikan teman berburu, wajah dan kepribadiannya yang lucu dan menggemaskan membuat mereka bisa kamu pelihara untuk menjadi teman Si Kecil.

Oleh sebab itu, anjing ini sangat cocok untuk menemani keluarga yang sudah memiliki anak karena sifat ramahnya. Keunggulan lainnya, Dachshund juga cenderung bersahabat dengan hewan peliharaan lainnya, seperti kucing.

10. Cavalier king charles spaniel

cavalier king

Kamu mungkin cukup asing dengan jenis anjing yang satu ini. Cavalier King Charles Spaniel adalah salah satu jenis anjing kecil dengan bulu yang lebat dan halus. Mereka memiliki wajah yang lucu dengan ekspresi yang sangat menggemaskan. 

Cavalier King Charles Spaniel merupakan anjing yang sangat penyayang dan cocok untuk keluarga dengan anak-anak.

Namun, anjing ini sangat terikat dengan pemiliknya dan tidak suka ditinggalkan sendirian dalam waktu yang lama. Mereka senang berada di dekat orang yang mereka cintai.

11. Border Collie

border collie

Border Collie merupakan salah satu jenis anjing berukuran sedang. Hewan ini memiliki tinggi berkisar 53 cm. Sedangkan, berat badannya berkisar antara 14-20 kg.

Untuk memelihara jenis ini, kamu memerlukan kesabaran dan ketelatenan untuk mengajarnya. Hewan ini juga memerlukan kegiatan fisik dan olahraga yang sesuai karena Border Collie terbilang hewan yang aktif. Usia Border Collie diperkirakan mencapai 12-15 tahun.

Tidak ada salahnya kamu juga cari tahu berbagai fakta menarik mengenai siberian husky melalui artikel ini: Kenali 7 Fakta Menarik dan Karakter Anjing Siberian Husky.

Cara Membangun Bonding dengan Anjing Peliharaan

Meski sudah dipelihara sejak lama, tetapi antara kamu dan anjing peliharaan tidak akan memiliki bonding yang akrab bila hewan tersebut diabaikan begitu saja. Nah, lantas bagaimana sih membangun bonding dengan anjing peliharaan?

1. Ajarkan beberapa trik

Mengajarkan beberapa trik dapat membangun bonding  dengan anjing peliharaan. Ketika anjing menguasai trik pelatihan tersebut, jangan lupa berikan pujian dan usapan sayang. 

2. Berolahragalah bersama

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatanmu dan anjing, tetapi juga dapat membantu kalian berdua menjadi lebih dekat. Berjalan-jalan atau berlari adalah cara yang bagus untuk menciptakan rutinitas menyenangkan, sambil berada di dekat majikannya. 

3. Membangun rutinitas 

Anjing adalah makhluk yang memiliki kebiasaan, jadi membangun rutinitas dapat membuat anjing lebih teratur dan mencari kamu sebagai pemiliknya. Misalnya, setiap pagi kalian selalu jogging. Ketika tidak dilakukan anjing akan mencari-cari kenapa aktivitas tersebut tidak dilakukan. 

4. Ajak bermain bersama 

Ada kalanya anjing suka bermain sendiri, tetapi dia juga suka bermain dengan pemiliknya. Menjadi aktif ketika anjing bermain, dapat membangkitkan kegembiraan dan memperkuat ikatan antara peliharaan dan pemilik.

5. Sikat bulunya secara rutin 

Aktivitas ini tidak hanya menjaga kebersihannya melainkan juga bentuk perhatian dan kasih sayang kamu terhadap peliharaan. 

6. Konsisten dalam hal komunikasi

 Komunikasi yang konsisten dan positif adalah bagian penting untuk memperkuat bonding antara dirimu dengan anjing.

Baik sedang melatih anjing atau menjalani rutinitas hariannya, pastikan konsisten dengan kata-kata yang kamu gunakan dan isyarat nonverbal. Tujuannya, agar tidak ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang hewan yang memiliki umur panjang atau berbagai hal terkait kesehatan hewan peliharaan, dokter hewan dari Halodoc siap membantu. 

Hubungi Dokter Hewan Ini Jika Anabul Sakit

Selain bonding, hal yang harus kamu lakukan dan perhatikan dari hewan peliharaan adalah kesehatannya.

Sama seperti halnya manusia, hewan peliharaan juga mudah terkena berbagai penyakit yang bisa membahayakan.

Berbagai penyakit seperti kutu, cacing hati, hingga adanya parasit pada usus dapat membahayakan kesehatan anabul

Nah, apabila hewan peliharaan kamu mengalami masalah atau gangguan kesehatan, segera hubungi dokter hewan di Halodoc agar mendapat penanganan yang tepat.

1. drh. Popy Novarina Rihadini

Rekomendasi dokter hewan pertama yang bisa kamu hubungi adalah drh. Popy Novarina Rihadini. Ia merupakan lulusan Universitas Airlangga pada 2011.

Saat ini drh. Popy Novarina Rihadini berpraktik di Sidoarjo, Jawa Timur dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Dengan pengalaman selama 11 tahun, drh. Popy Novarina Rihadini bisa memberikan layanan konsultasi kesehatan hewan di Halodoc terkait kesehatan anjing atau hewan lainnya, seperti kucing, hewan ternak, hewan domestik, dan hewan eksotik.

Chat drh. Popy Novarina Rihadini mulai dari Rp 40.000,- di Halodoc.

2. drh. A.A. Ngr. Gede Dwina Wisesa

Rekomendasi selanjutnya, kamu bisa menghubungi drh. A.A. Ngr. Gede Dwina Wisesa. Ia merupakan lulusan Universitas Udayana pada 2013.

Saat ini drh. A.A. Ngr. Gede Dwina Wisesa membuka praktik di Badung, Bali dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Berbekal pengalaman selama 11 tahun, drh. A.A. Ngr. Gede Dwina Wisesa bisa memberikan layanan konsultasi kesehatan hewan di Halodoc terkait kesehatan anjing kesayanganmu. 

Selain anjing, ia juga bisa menangani kesehatan kucing.

Chat A.A. Ngr. Gede Dwina Wisesa mulai dari Rp 40.000,- di Halodoc.

3. drh. Reh Malem Br Tarigan

Kamu juga bisa kamu berkonsultasi dengan drh. Reh Malem Br Tarigan terkait kesehatan anabul. Ia merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor pada 2003.

Kini, dokter drh. Reh Malem Br Tarigan berpraktik di Bekasi, Jawa Barat dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Dengan pengalaman selama 18 tahun, drh. Reh Malem Br Tarigan bisa memberikan layanan konsultasi kesehatan hewan di Halodoc terkait kesehatan anabul, termasuk anjing dan kucing.

Selain itu, ia juga bisa menangani kesehatan hewan lainnya, seperti burung, ayam, bebek, hewan domestik, dan hewan eksotik.

Chat drh. Reh Malem Br Tarigan mulai dari Rp 50.000,- di Halodoc.

4. drh. Indardi

Dokter hewan lainnya yang bisa kamu hubungi adalah drh. Indardi. Ia merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor pada 2007.

Kini, dokter drh. Indardi berpraktik di Serang, Banten dan masih terdaftar sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Dengan pengalamannya sebagai dokter hewan selama 16 tahun, drh. Indardi bisa memberikan layanan konsultasi terkait kesehatan hewan di Halodoc untuk anabul, termasuk anjing dan kucing. 

Selain itu, ia juga bisa menangani kesehatan hewan lainnya, seperti burung, ayam, bebek, dan hewan ternak.

Chat drh. Indardi mulai dari Rp 40.000,- di Halodoc.

5. drh. Kusuma Catur Wahyudi

Terakhir, kamu bisa menghubungi drh. Kusuma Catur Wahyudi. Ia merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada pada 2011.

Saat ini, dokter drh. Kusuma Catur Wahyudi berpraktik di Kediri, Jawa Timur.

Dengan pengalamannya sebagai dokter hewan selama 11 tahun, drh. Kusuma Catur Wahyudi bisa memberikan layanan konsultasi terkait kesehatan hewan di Halodoc untuk anjing dan kucing.

Ia juga bisa bisa menangani masalah kesehatan burung, ayam, bebek, dan berbagai hewan ternak.

Chat drh. Kusuma Catur Wahyudi mulai dari Rp 45.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter hewan berpengalaman di Halodoc yang bisa dihubungi apabila anjing peliharaan kamu terserang penyakit atau mengalami gangguan kesehatan.

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa klik banner di bawah untuk melakukan konsultasi dengan dokter hewan di Halodoc agar mendapat biaya yang lebih hemat menggunakan kupon:

chat dokter hewan halodoc
Referensi:
American Kennel Club (AKC). Diakses pada 2024. Breeds.
The Happy Puppy Site. Diakses pada 2024. Cavalier King Charles Spaniel Dog Breed Information Center.
The Spruce Pets. Diakses pada 2024. Dachshund.
Purina. Diakses pada 2024. Daftar Ras Anjing.
American Kennel Club. Diakses pada 2024. Best Family Dogs.
Bil Jac. com. Diakses pada 2024. 10 Ways to Build a Stronger Bond with Your Dog.
American Veterinary Medical Association. Diakses pada 2024. Disease Risks for Dogs in Social Settings.

Referensi:
American Kennel Club (AKC). Diakses pada 2023. Breeds.
The Happy Puppy Site. Diakses pada 2023. Cavalier King Charles Spaniel Dog Breed Information Center.
The Spruce Pets. Diakses pada 2023. Dachshund.
Purina. Diakses pada 2023. Daftar Ras Anjing.
American Kennel Club. Diakses pada 2023. Best Family Dogs.
Bil Jac. com. Diakses pada 2023. 10 Ways to Build a Stronger Bond with Your Dog.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan