Jarang Diketahui, 6 Fakta Unik Mengenai Anjing Shih Tzu

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 Oktober 2021
Jarang Diketahui, 6 Fakta Unik Mengenai Anjing Shih TzuJarang Diketahui, 6 Fakta Unik Mengenai Anjing Shih Tzu

Shih Tzu merupakan ras anjing yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.  Anjing mungil nan menggemaskan ini berasal dari Tibet dan dibiakkan untuk menjadi teman di istana kerajaan. Itulah mengapa anjing ini terbiasa menjalani kehidupan yang mewah, dimanjakan dan tidak banyak berolahraga.

Halodoc, Jakarta – Shih tzu adalah salah satu anjing ras yang cukup populer dan dipelihara oleh banyak orang. Bagaimana orang tidak tertarik memeliharanya, hewan bertubuh mungil ini punya wajah yang lucu dan tingkahnya menggemaskan. Meskipun Shih tzu terkadang bisa sedikit keras kepala, tapi mereka bisa menebusnya dengan wajah mereka yang manis.

Baca juga: Kenali 6 Fakta Menarik Mengenai Anjing Schnauzer

Tidak hanya imut dan lucu, masih banyak fakta unik lainnya mengenai anjing Shih Tzu yang pasti akan bikin kamu semakin jatuh cinta dengan anjing yang satu ini. Yuk, simak ulasannya di sini.

  1. Arti Namanya adalah ‘Singa Kecil’

Tahukah kamu bahwa nama Shih Tzu artinya adalah singa kecil. Orang-orang berasumsi bahwa hal itu mungkin ada kaitannya dengan Dewa Pembelajaran Buddha Tibet. Menurut legenda Buddha Manjusri, sang Dewa Pembelajaran, bepergian dengan seekor anjing singa kecil yang akan berubah menjadi singa berukuran penuh dan menggendong sang Dewa di atas punggungnya.

  1. Merupakan Ras Anjing Kuno

Shih Tzu adalah anjing ras yang sudah ada sejak lama, yaitu lebih dari 1000 tahun. Meski banyak orang mengira anjing mungil ini berasal dari China, Shih Tzu sebenarnya berasal dari Tibet. Mirip dengan Lhasa Apso dan Pug, Shih Tzu adalah anjing yang dihormati yang sering diberikan sebagai hadiah, seperti untuk bangsawan China. Ada kepercayaan bahwa orang China akhirnya membiakkan Shih Tzu dengan Pugs, Pekingese atau Lhasa Apsos yang akhirnya menghasilkan Shih Tzu modern seperti sekarang.

  1. Hadir dengan Berbagai Warna Bulu yang Berbeda

Kamu bisa menemukan anjing Shih Tzu dengan berbagai warna bulu yang berbeda, termasuk hitam, putih, coklat, belang-belang, emas, dan biru. Shih Tzu dengan rambut yang panjang memerlukan lebih banyak perawatan dan rambutnya harus disikat setiap hari. Itulah mengapa banyak pemilik Shih Tzu memotong rambut anjing mereka menjadi ‘puppy cut’ agar perawatannya lebih praktis. Menurut American Kennel Club, rambut di bagian atas kepala Shih Tzu sebaiknya diikat atau dipotong pendek agar tidak mengiritasi mata mereka.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menyikat Bulu Anjing

  1. Tidak Perlu Banyak Berolahraga

Selama awal abad ke-20, Shih Tzu menjalani kehidupan yang mewah dan sangat dimanjakan di dalam istana kerajaan. Mereka memang dibiakkan sebagai teman untuk memberi kehangatan bagi para penghuni kerajaan. Shih Tzu menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka dalam kenyamanan di istana, sehingga anjing-anjing kecil ini tidak memerlukan banyak olahraga. 

Jalan-jalan pendek setiap hari dan bermain dengan pemiliknya, biasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan aktivitas mereka. Itulah mengapa Shih Tzu merupakan jenis hewan peliharaan yang sangat cocok bagi kamu yang tinggal di apartemen.

  1. Tidak Bisa Mentolerir Udara Panas

Shih Tzu tidak bisa mentolerir panas dengan baik karena mereka memiliki wajah yang datar dan bulu yang dua kali lipat lebih tebal. Shih Tzu adalah jenis anjing brachycephalic, yang berarti wajah mereka datar dan berhidung pesek. Hal itu bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada beberapa anjing, dan membuat mereka lebih sulit bernapas saat berolahraga, stres atau panas. Karena itu, sebaiknya tempatkan Shih Tzu di ruangan ber-AC selama musim panas.

  1. Termasuk Ras Anjing Berumur Panjang

Shih Tzu umumnya adalah anjing sehat yang hidupnya rata-rata mencapai 10 hingga 18 tahun. Beberapa masalah kesehatan yang rentan menyerang mereka, antara lain displasia pinggul, masalah gigi, displasia ginjal, luksasi patela (tempurung lutut yang tergelincir), dan masalah mata seperti katarak, atrofi retina progresif, dan ablasi retina. 

Bila Shih Tzu kamu mengalami salah satu dari masalah kesehatan tersebut, jangan dibiarkan saja. Segera bawa hewan tersebut ke dokter hewan rumah sakit hewan dengan buat janji melalui aplikasi Halodoc

Baca juga: Ras Anjing Apa yang Memiliki Umur Panjang?

Itulah beberapa fakta unik mengenai anjing Shih Tzu. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk membantu kamu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Thomas Labs. Diakses pada 2021. 10 Fun Facts About Shih Tzus

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan