• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Ikan Hias yang Mudah untuk Dipelihara
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Ikan Hias yang Mudah untuk Dipelihara

Jenis Ikan Hias yang Mudah untuk Dipelihara

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 25 Mei 2021
Jenis Ikan Hias yang Mudah untuk DipeliharaJenis Ikan Hias yang Mudah untuk Dipelihara

Halodoc, Jakarta - Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika memutuskan untuk memelihara ikan. Mulai dari menurunkan tingkat stres, membuat suasana rumah menjadi lebih asri, hingga meningkatkan fokus dan kreativitas.

Namun, bagi pemula dalam memelihara ikan, sebaiknya pilihlah jenis-jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Dengan begitu, kamu tidak perlu kewalahan dalam memelihara ikan dan ikan pun dapat hidup sehat di dalam akuarium. 

Baca juga: Inilah 5 Penyebab Ikan Peliharaan Stres

Berikut ini beberapa jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara di rumah:

1.Mas Koki

Ada banyak jenis ikan mas koki yang bisa kamu temui. Namun, untuk pemula, sebaiknya pilihlah jenis ikan mas koki yang termasuk ke dalam varietas komet, sarasa, dan shubunkin. Namun, apapun jenis ikan mas koki pilihan kamu pastikan kamu memiliki cukup air didalam akuarium sesuai dengan jumlah air. 

Selain itu, ikan mas koki dapat mengeluarkan kotoran lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Untuk itu, pastikan kamu membersihkan akuarium secara rutin agar kotoran ikan tidak menjadi penyebab gangguan kesehatan yang serius.

2.Neon Tetra

Ikan neon atau yang dikenal sebagai Neon Tetra menjadi jenis ikan hias yang bisa kamu pelihara sebagai pemula. Meskipun kecil, tetapi ikan ini memiliki warna yang sangat mencolok dan indah, yaitu biru dan merah. Tubuhnya yang kecil membuat kondisi kualitas air juga akan terjaga lebih lama. 

Ikan neon menjadi jenis ikan yang suka bergerombol. Untuk itu, saat membeli ikan neon sebaiknya belilah beberapa ekor agar ikan tetap merasa nyaman berada di lingkungan yang baru. Dikarenakan tubuh ikan neon sangat kecil, pastikan kamu memberikan pakan ikan dalam ukuran yang sesuai dengan ikan neon.

Baca juga: Inilah 5 Penyakit yang Rentan Dialami Ikan Peliharaan

3.Cupang

Saat ini sudah tidak asing lagi memelihara ikan cupang. Selain mudah untuk dipelihara, ikan cupang juga memiliki beragam jenis dengan keindahan tubuh dan warna yang berbeda-beda. Namun, saat memelihara ikan cupang, sebaiknya hindari memelihara jenis yang berbeda dalam satu tempat untuk menghindari perkelahian antar ikan cupang.

4.Gupi

Ikan gupi menjadi salah satu jenis ikan hias yang cocok untuk menjadi pilihan kamu. Selain perilakunya yang tenang, ikan gupi memiliki banyak warna yang bisa menjadi pilihan. Tentunya, hal ini akan menambah keindahan akuarium.

Ikan gupi dapat mengonsumsi jenis pelet dengan ikan lainnya. Namun, jika kamu ingin menambah nutrisi dan mineral ikan gupi, kamu bisa memberikannya pakan lain, berupa udang air asin atau cacing beku.

5.Black Molly

Tidak ada salahnya memilih jenis ikan ini ke dalam akuarium kamu. Black Molly memiliki perilaku yang tenang terhadap ikan jenis lain. Dengan begitu, kamu dapat menghindari perkelahian di dalam akuarium. 

Selain itu, Black Molly juga menjadi salah satu jenis ikan yang bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Mulai dari air asin hingga air tawar. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan ikan jenis ini dalam akuarium kamu!

6.Angelfish

Pernah melihat ikan dengan bentuk yang indah, sirip yang menjuntai panjang, dan pola garis garis indah? Ya, bisa jadi itu adalah ikan hias Angelfish. Namun, jika kamu ingin memelihara ikan jenis ini, sebaiknya jangan terlalu banyak diletakkan bersama jenis ikan lain dalam akuarium yang sama. Angelfish bisa saja berkelahi dengan jenis ikan lain untuk menentukan wilayah mereka dalam akuarium. 

Baca juga: Ini 4 Manfaat Memelihara Ikan Bagi Kesehatan

Itulah beberapa jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara dalam akuarium di rumah. Pastikan kamu mengisi jumlah ikan sesuai dengan besar akuarium. Selain itu, kamu juga perlu meletakkan akuarium di tempat yang nyaman dan terhindar dari paparan langsung sinar matahari.

Berilah pakan ikan secara rutin dan sesuai dengan jenis ikan yang kamu pelihara. Jangan lupa untuk membersihkan akuarium dan mengganti air secara rutin agar kondisi kesehatan ikan tetap optimal. 

Jika kamu melihat adanya perubahan warna maupun gangguan kesehatan lainnya pada ikan, kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan untuk penanganan yang tepat ikan hias kesayangan kamu!

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Low Maintenance Freshwater Fish for Beginners.
Aquarium. Diakses pada 2021. 10 Best Aquarium Fish for Beginners.
The Aquarium Guide. Diakses pada 2021. Low Maintenance Fish for Beginners.