5 Jenis Ikan Hias yang Paling Populer untuk Dipelihara

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 Maret 2021
5 Jenis Ikan Hias yang Paling Populer untuk Dipelihara5 Jenis Ikan Hias yang Paling Populer untuk Dipelihara

Halodoc, Jakarta - Selain anjing dan kucing, ikan adalah hewan peliharaan yang populer dan diminati banyak orang. Kini, memelihara ikan hias menjadi salah satu kegiatan yang ramai digandrungi sejumlah orang. Memelihara ikan hias disebut-sebut mampu menurunkan tingkat stres. 

Nah, menyoal ikan hias ini, sebenarnya bukan ikan cupang saja yang menarik atau populer untuk dipelihara. Lantas, apa lagi jenis ikan hias yang populer dan menarik untuk dipelihara?

Baca juga: Ini 4 Manfaat Memelihara Ikan bagi Kesehatan

1. Ikan Oscar

Ikan oscar adalah ikan hias yang memiliki mata besar dan corak belang-belang. Ikan oscar dianggap sebagai salah satu ikan akuarium cerdas dan menjadi salah satu dari sedikit spesies yang dapat dilatih untuk melakukan trik.

Namun, ikan hias oscar bukan ikan komunitas, mereka harus dipelihara di tangki atau akuarium khusus. Sebab, mereka dapat tumbuh sangat besar dengan sangat cepat, jadi sediakan akuarium yang besar pula. 

Ikan hias oscar membutuhkan lebih banyak perawatan daripada ikan lainnya. Sifat karnivora mereka membuat jumlah limbah (kotoran) yang mereka hasilkan cukup banyak. 

2. Ikan Neon Tetra

Neon tetra adalah merupakan jenis ikan hias yang mudah dirawat. Ikan hias ini adalah jenis ikan sering menjadi ikan pertama yang akan dibeli oleh aquarist pemula. Neon tetra yang memiliki panjang sekitar 2,2-5 cm, suka dipelihara dalam kelompok. Ikan ini memiliki corak warna yang cerah, mengkilap, dan menyerupai warna neon. Karakteri ini yang menjadi daya tarik dari ikan neon tetra.

3. Ikan Guppy

Ikan hias yang satu ini juga dikenal dengan millionfish atau rainbow fish. Ikan guppy sering disamakan dengan ikan cupang. Padahal, kedua ikan hias ini memiliki karakter yang berbeda. Ikan cupang adalah ikan dari wilayah Asia Tenggara, seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Sementara itu, ikan guppy berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ikan guppy adalah ikan hias atau ikan akuarium yang sangat kuat. Mereka dapat bertahan hidup selama lebih dari seminggu tanpa diberi makan sama sekali. Ikan akuarium cantik ini hadir dalam berbagai macam kombinasi warna yang indah, sehingga kamu dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kesukaanmu.

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

4. Ikan Molly

Ikan molly adalah salah satu jenis ikan hias mudah dirawat. Ikan ini memiliki warna beragam dan indah. Contohnya, ada yang separuh tubuhnya berwarna terang, dan separuh lainnya berwarna gelap. Ikan yang memiliki tubuh kecil ini, amat mudah berkembang biak dan melahirkan telur dalam jumlah banyak.

5. Ikan Angelfish

Selain empat ikan hias di atas, kamu bisa memilih ikan angelfish sebagai ikan peliharaan lainnya. Ikan air tawar ini cukup populer dan tersedia dalam berbagai warna dan pola yang indah.

Angelfish dapat memakan tumbuhan dan hewan lain, seperti serangga kecil dan udang. Namun, ikan ini harus dijauhkan dari ikan kecil. Angelfish bisa menjadi teritorial dan agresif meskipun tidak seganas ikan cupang. Jadi, cara terbaik adalah memeliharanya di dalam akuarium tanpa banyak ikan.

Mau tahu ikan hias lainnya yang menarik untuk dipelihara? Atau hewan peliharaanmu memiliki masalah kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan hewan melalui aplikasi Halodoc.

Di samping itu, bagi kamu atau anggota keluarga yang mengalami keluhan kesehatan, bisa membeli obat atau vitamin menggunakan aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
Fishkeeping World. Diakses pada 2021. 17 Best Freshwater Aquarium Fish – Most Popular Listed 2021
Home Stratosphere. Diakses pada 2021. 18 Popular Types of Aquarium Fish
Petland Texas. Diakses pada 2021. Top 10 Best Freshwater Fish For Your Aquarium

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan