Jenis-Jenis Salep Eksim untuk Atasi Gangguan Kulit

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Mei 2021
Jenis-Jenis Salep Eksim untuk Atasi Gangguan Kulit Jenis-Jenis Salep Eksim untuk Atasi Gangguan Kulit

Halodoc, Jakarta - Eksim adalah masalah kulit yang umum terjadi. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa gatal hingga sensasi terbakar pada kulit. Meski begitu, eksim cenderung mudah diobati dan banyak jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Pengobatan bertujuan untuk mengendalikan rasa gatal, mengurangi sensasi terbakar dan mencegah terjadinya infeksi. 

Meskipun tersedia berbagai jenis obat untuk mengobati eksim, perawatan tetap bergantung pada usia, riwayat kesehatan, seberapa parah gejala dan hal-hal lain. Umumnya, perawatan eksim dilakukan dengan pemberian obat-obatan topikal. Berikut jenis obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati eksim.

Baca juga: Aktivitas Sehari-Hari Bisa Jadi Penyebab Eksim

Jenis-Jenis Salep Eksim

Perawatan topikal untuk eksim adalah obat-obatan yang dioleskan pada kulit (salep) untuk mengatasi gejala dan mengurangi peradangan. Berikut beberapa jenis salep yang dapat digunakan untuk mengobati eksim:

1. Kortikosteroid

Salah satu obat yang paling sering diresepkan untuk semua jenis eksim adalah kortikosteroid topikal. Salep kortikosteroid dapat mengurangi peradangan dan gatal sehingga kulit segera sembuh. Kortikosteroid atau lebih biasa disebut dengan steroid adalah zat alami yang dibuat tubuh kita untuk mengatur pertumbuhan dan fungsi kekebalan. Salep steroid ini dapat digunakan untuk pada orang dewasa maupun anak-anak.

Steroid topikal diklasifikasikan berdasarkan kekuatan atau potensinya, yang berkisar dari "super kuat" (kelas 1), hingga "paling tidak kuat" (kelas 7). Steroid hanya digunakan pada area kulit yang terkena eksim sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter.

Area atau jenis kulit tertentu, seperti wajah, alat kelamin, lipatan kulit, dan area yang bergesekan, seperti di bawah payudara, atau di antara bokong atau paha adalah area yang mampu menyerap obat lebih banyak. Oleh sebab itu, steroid harus digunakan di area ini.

2. Calcineurin Inhibitors

Topical calcineurin inhibitors (TCI) adalah obat non steroid yang mampu mencegah gejala eksim, seperti kemerahan, gatal hingga peradangan. Ada dua jenis salep TCL yang bisa digunakan untuk atasi eksim, yaitu tacrolimus dan pimekrolimus. Tacrolimus dapat digunakan untuk orang dewasa dan anak usia 2-15 tahun yang mengalami dermatitis atopik sedang hingga berat. Pimecrolimus juga bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak berusia 2 tahun ke atas. Namun, salep ini lebih ditujukan untuk dermatitis atopik ringan hingga sedang.

Baca juga: Kulit Bisa Mulus Kembali setelah Terkena Eksim?

TCI dapat dioleskan ke semua area kulit yang terkena, termasuk area kulit yang halus atau lebih tipis seperti wajah, kelopak mata, alat kelamin, atau lipatan kulit. TCI dapat digunakan dalam waktu lama untuk mengontrol gejala dan mengurangi flare. Efek samping umum dengan TCI termasuk sensasi terbakar atau menyengat ringan saat obat pertama kali dioleskan ke kulit.

3. PDE4 inhibitors

Phosphodiesterase 4 (PDE4) adalah enzim yang bekerja di dalam sel sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi berbagai sitokin. Sitokin adalah protein yang berkontribusi pada respons imun tubuh. Ketika sitokin dianggap benda asing oleh tubuh, maka muncul peradangan yang dapat memicu perkembangan penyakit tertentu, termasuk dermatitis atopik. Nah, ketika PDE-4 yang menghalangi produksi beberapa sitokin dihambat, maka peradangan pun bisa diatasi. 

Crisaborole merupakan salep PDE4 yang bisa digunakan untuk mengatasi dermatitis atopik ringan hingga sedang. Salep ini dapat digunakan orang dewasa dan anak-anak berusia 3 bulan ke atas. Mirip dengan TCI, crisaborole dapat dioleskan ke semua area kulit yang terkena, termasuk area kulit yang halus atau lebih tipis seperti wajah, kelopak mata, alat kelamin atau lipatan kulit. Crisaborole dapat mengurangi tanda dan gejala dermatitis atopik seperti gatal, kemerahan, likenifikasi (kulit menebal) atau keluar cairan. 

Baca juga: Inilah Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Eksim

Kalau kamu mengalami eksim dan butuh obat-obatan di atas, beli saja di toko kesehatan Halodoc. Tak perlu repot ke apotek, beli obat tinggal klik daan pesanan akan diantar ke tempatmu. Namun, pastikan kamu bertanya ke dokter lewat aplikasi Halodoc terlebih dahulu terkait keamanan dan penggunaan obatnya ya!

Referensi:
National Eczema Association. Diakses pada 2021. Prescription Topicals.
WebMD. Diakses pada 2021. Eczema: What’s the Best Treatment for You?.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan