Jenis Latihan Kelincahan yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Desember 2020
Jenis Latihan Kelincahan yang Efektif dan Mudah DilakukanJenis Latihan Kelincahan yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Halodoc, Jakarta - Tubuh yang lincah bisa membuat kamu lebih gesit, cepat, dan cekatan dalam bergerak. Ini sangat penting, apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang menuntut kelincahan dan tubuh yang gesit, seperti penari, pemain bola, atau menjadi panitia dalam suatu acara. Tanpa kelincahan, sudah pasti gerak tubuh akan menjadi lebih lambat.

Sebenarnya, kelincahan pada tubuh bisa kamu latih, lho! Memang tidak pernah menjadi hal yang mudah, kamu harus tekun dan disiplin melakukannya. Apabila kamu rutin melakukannya, setidaknya ada sekitar 600–800 kkal yang terbakar setiap jamnya, lho!

Latihan Kelincahan yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Melakukan olahraga latihan kelincahan bisa membantu kamu mengendalikan gerakan tubuh dengan baik, mengubah arah tubuh dengan cepat, dan lebih efisien tanpa harus kehilangan keseimbangan. Tidak hanya itu, latihan kelincahan juga membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Nah, berikut ini beberapa contoh latihan kebugaran yang bisa kamu coba lakukan:

  • Berlari Zig-Zag

Latihan ini memang membutuhkan alat bantu, seperti cone. Namun, kamu bisa menggunakan alat lain yang ada di rumah, misalnya botol air mineral, bangku, atau lainnya. Letakkan alat ini secara sejajar sejauh sekitar 60 sentimeter membentuk satu garis lurus. Selanjutnya, larilah melintasi alat tersebut secara zig-zag untuk membantu melatih kelincahan. Setelah sampai di ujung, kembalilah dengan zig-zag mundur.

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

  • Latihan Menangkap Bola

Jika tidak ada teman berlatih, kamu bisa memanfaatkan dinding rumah untuk melempar dan memantulkan bola kecil. Mulanya, berlatihlah menangkap bola menggunakan kedua tangan, lalu teruskan berlatih dengan menggunakan tangan yang lebih dominan. Terakhir, gunakan tangan yang tidak dominan. 

Latihan ini bisa membantu meningkatkan koordinasi berbagai anggota tubuh, terutama tangan dan kaki ketika kamu bergerak untuk melempar dan menangkap bola. Namun, pastikan kamu melakukannya di tempat yang aman, ya.

  • Berlari Cepat Bolak-Balik

Sebelum mulai berlatih, pertama tentukan dulu garis start dan finish. Jika sudah, bersiaplah pada garis start, pandangan mata tertuju lurus ke depan. Lalu, berlarilah cepat menuju ke garis finish. Setelahnya, berhentilah dan berlari mundur secepat yang kamu bisa menuju kembali ke garis awal. Pertahankan kecepatan dan konsentrasi ketika kamu berlari mundur, sehingga kelincahan dan ketangkasan pun terasah dengan baik. 

Baca juga: 6 Gerakan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • Memukul Balon

Kamu bisa melakukan latihan ini dengan menggunakan dua buah balon. Pukul balon secara bergantian, pastikan balon tidak menyentuh lantai. Kamu juga bisa melakukan gerakan ini dengan posisi squat. Tidak hanya membantu meningkatkan kelincahan dan ketangkasan, latihan ini pun sangat menyenangkan untuk dilakukan.

  • Melompat Zig-Zag

Sebelum memulainya, pertama siapkan terlebih dahulu garis yang menyerupai tangga, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan selotip. Beri jarak pada setiap anak tangga sejauh 30 sampai 60 sentimeter, sehingga kakimu bisa leluasa keluar dan masuk. Setelahnya, bersiaplah dengan posisi berdiri pada salah satu sisi kotak ujung tangga.

Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan Dalam Olahraga

Lalu, tekuklah kedua kaki dan melompatlah masuk ke dalam kotak. Lakukan lompatan secara zigzag menuju ke luar garis dan masuk ke dalam kotak tangga dengan cepat secara berulang. Setelah kami mencapai ujung lainnya, ulangi kembali gerakan ini.

Hati-hati, jangan sampai kamu mengalami cedera. Apabila kamu mengalaminya, kamu bisa membuka aplikasi Halodoc dan bertanya jawab dengan dokter apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi cedera. 



Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2020. Examples of Agility Exercises.
ACE Fitness. Diakses pada 2020. Exercises to Improve Agility.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan