Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 3

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Januari 2023

“Ada berbagai vitamin ibu hamil trimester 3 yang perlu dikonsumsi. Beberapa diantaranya vitamin C, kalsium, hingga zat besi.”

Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 3Jenis Vitamin Ibu Hamil yang Baik Dikonsumsi saat Trimester 3

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia kehamilan trimester ketiga tentunya akan semakin banyak persiapan yang perlu ibu lakukan. Mulai dari memastikan kesehatan bayi hingga mempersiapkan proses persalinan.

Bukan hanya itu, pertumbuhan dan perkembangan bayi yang semakin membesar kerap membuat ibu menjadi lebih lelah. Tentunya ibu membutuhkan berbagai asupan yang tepat agar kondisi kesehatan ibu tetap prima selama menjalani trimester ketiga.

Ketahui berbagai jenis vitamin ibu hamil trimester ketiga yang diperlukan. Berikut ulasannya!

Vitamin Ibu Hamil Trimester Ketiga yang Perlu Dipenuhi

Trimester ketiga bisa menyebabkan kelelahan secara mental maupun fisik. Ada banyak perubahan yang akan terjadi pada ibu selama usia kehamilan ini.

Kondisi perut yang semakin membesar membuat ibu lebih cepat kelelahan. Selain itu, ibu juga akan kesulitan untuk istirahat akibat peningkatan frekuensi buang air kecil pada malam hari hingga sulitnya menentukan posisi tidur yang nyaman.

Meskipun begitu, ibu jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Asupan makanan sehat yang dikonsumsi membuat kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan bisa didapatkan dengan baik. Dengan begitu, tumbuh kembang bayi dalam kandungan akan semakin optimal.

Ketahui vitamin ibu hamil trimester 3 yang perlu dipenuhi untuk memaksimalkan tumbuh kembang bayi dalam kandungan, yaitu:

1. Vitamin C

Saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, ibu membutuhkan vitamin C. Nah, vitamin ini membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu sehingga ibu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. 

Ibu bisa mendapatkan asupan vitamin C dari berbagai jenis makanan sehat, seperti jeruk, brokoli, kale, jambu, hingga kentang.

2. Kalsium

Jangan lupa untuk memastikan kebutuhan kalsium saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga ini. Jika kamu kekurangan kalsium pada trimester ketiga, bayi bisa menyerap kalsium yang ada pada tubuh. Nah, kondisi ini bisa meningkatkan risiko ibu mengalami gangguan kesehatan tulang kedepannya.

Ibu bisa memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi susu atau berbagai olahannya, seperti keju dan yoghurt.

3. Vitamin B

Vitamin B juga diperlukan pada usia kehamilan trimester ketiga ini. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika vitamin B dapat terpenuhi di usia kehamilan saat ini.

Contohnya, menambah energi ibu untuk melanjutkan aktivitas, memaksimalkan perkembangan bayi dalam kandungan, hingga menjaga fungsi penglihatan ibu hamil.

Jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat guna memenuhi kebutuhan vitamin B setiap harinya. Mulai dari daging ayam, pisang, kacang-kacangan, sereal, hingga roti bisa menjadi sumber vitamin B yang baik untuk tubuh.

4. Zat Besi

Kekurangan zat besi di usia kehamilan trimester ketiga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia. Kondisi ini tentunya memicu gangguan kehamilan yang dapat membahayakan ibu dan janin.

Ketika ibu kekurangan zat besi, maka bayi berisiko kekurangan suplai oksigen dari sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi juga terkait dengan kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, hingga postpartum depression.

Itulah berbagai vitamin yang perlu diperhatikan selama menjalani kehamilan trimester ketiga. Pastikan ibu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, istirahat, dan mengonsumsi berbagai makanan sehat lainnya.

Jika ibu mengalami perubahan atau gejala yang memburuk pada kehamilan, segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan. Ibu bisa cari rumah sakit pilihan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
SF Gate. Diakses pada 2023. How Important Are Vitamins in the Third Trimester?
Nature Made. Diakses pada 2023. Can You Take Vitamin C While Pregnant?
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Iron Deficiency Anemia During Pregnancy: Prevention Tips.
Healthline. Diakses pada 2023. The Third Trimester of Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan