Kandungan Hair Mask yang Tepat untuk Lembapkan Rambut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Oktober 2022

“Jika ingin melembapkan rambut, maka perawatan rambut hair mask perlu dilakukan. Pastikan hair mask mengandung minyak argan, lidah buaya, madu, atau minyak alpukat, yang bermanfaat untuk melembapkan rambut.”

Kandungan Hair Mask yang Tepat untuk Lembapkan RambutKandungan Hair Mask yang Tepat untuk Lembapkan Rambut

Halodoc, Jakarta – Rambut kering merupakan salah satu masalah rambut yang banyak dihadapi wanita. Salah satu cara mengatasi rambut kering yaitu dengan menghidrasinya dengan benar. Misalnya dengan melakukan perawatan rambut dengan hair mask

Lantas, kandungan apa yang harus ada pada hair mask untuk mengembalikan kelembapan rambut?

Kandungan Hair Mask yang Bermanfaat untuk Lembapkan Rambut

Berikut ini kandungan yang perlu ada pada hair mask yang bermanfaat untuk melembapkan  rambut:

1. Minyak argan

Secara tradisional, minyak argan digunakan untuk menumbuhkan rambut. Namun, minyak alami ini juga bermanfaat sebagai pelembap rambut untuk mengatasi rambut kering. Minyak argan mengandung banyak asam lemak dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi rambut dan mengurangi kerusakan.

2. Minyak alpukat

Minyak alpukat juga bermanfaat untuk rambut, terutama untuk melembapkan. Selain itu, minyak alami ini juga menambah kilau rambut dan bertindak sebagai kondisioner pada rambut kering.

3. Minyak kelapa

Minyak yang diekstrak dari daging kelapa ini dipercaya kaya akan protein, yang mampu melembapkan dan menguatkan rambut saat digunakan sebagai hair mask. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat mengatasi kondisi kulit kepala kering dan ketombe. 

4. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan yang dapat memulihkan kolagen pada rambut dan kulit. Kolagen bermanfaat untuk memperkuat rambut. Sehingga semakin kuat rambut, maka semakin kecil kemungkinannya untuk kering. 

5. Madu

Madu merupakan bahan yang paling banyak digunakan dalam produk perawatan rambut. Tidak heran, sebab madu merupakan bahan yang multifungsi, salah satunya untuk menambah kelembapan dan kilau rambut. Hair mask yang mengandung madu juga bermanfaat untuk mencegah rambut kusut. 

6. Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar, lidah buaya juga memberikan manfaat untuk kesehatan rambut. Hair mask yang mengandung lidah buaya dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan iritasi kulit kepala. Selain itu, kandungan lidah buaya juga membantu melembapkan dan memperkuat rambut. 

7. Minyak lavender

Sebagai minyak esensial, lavender dikenal dapat memberikan efek menenangkan. Penelitian menunjukkan bahwa minyak lavender memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengatasi kulit kering dan melembapkan rambut. 

8. Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan yang kaya akan probiotik, yang juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan hair mask. Probiotik bermanfaat dalam pengelupasan sel-sel kulit mati, sekaligus menjaga rambut tetap terhidrasi dan lembap. 

9. Minyak almond

Minyak almond telah lama digunakan sebagai perawatan kulit untuk melembapkanbya. Manfaat melembapkan dari minyak almond juga baik untuk perawatan rambut kering. Ketika digunakan ke kulit kepala, sifat antiinflamasinya dapat mengatasi ketombe, eksim, dan psoriasis pada kulit kepala. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak almond mengandung banyak emolien, yang membantu melembapkan dan melembutkan rambut secara keseluruhan. 

Selain menggunakan hair mask, pertimbangan metode perawatan rambut berikut untuk menjaga kelembapan rambut:

  • Hindari terlalu sering keramas, maksimal dua hari sekali.
  • Selalu gunakan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut.
  • Biarkan rambut mengering dengan sendirinya, atau bungkus dengan handuk.
  • Hindari menggosok rambut sampai kering, karena ini dapat menyebabkan rambut kusut dan rusak. 
  • Hindari menggunakan alat penata rambut listrik lebih dari satu hari berturut-turut. Misalnya, alat pengeriting rambut, catokan. dan pengering rambut.
  • Kurangi frekuensi menyikat rambut setiap hari.

Itulah yang perlu diketahui tentang kandungan hair mask yang bermanfaat untuk melembapkan rambut. Jika membutuhkan produk perawatan rambut, kamu bisa cek kebutuhan perawatan rambut di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 18 Hair Mask Ingredients for Dry, Damaged Hair
Style Craze. Diakses pada 2022. 9 Easy And Effective Homemade Hair Masks For Dry Hair
Self. Diakses pada 2022. 12 DIY Hair Masks If You’re in Serious Need of Hydration

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan