• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Sebaiknya Cek Mata Perlu Dilakukan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Sebaiknya Cek Mata Perlu Dilakukan?

Kapan Sebaiknya Cek Mata Perlu Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 November 2020
Kapan Sebaiknya Cek Mata Perlu Dilakukan?

Halodoc, Jakarta - "Kapan ya baiknya pemeriksaan mata dilakukan meski tidak ada gangguan?" Pertanyaan tersebut kerap dilontarkan oleh banyak orang yang merasa matanya baik-baik saja. Padahal, tidak ada gejala yang dirasakan belum tentu potensi untuk mengalami gangguan mata tidak terjadi. Dengan pemeriksaan secara rutin, kamu dapat memastikan jika fungsi mata tetap terjaga meski usia tidak muda lagi. Berikut pembahasan lebih lengkap terkait waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan pada mata!

Waktu yang Tepat untuk Cek Mata agar Tetap Sehat

Pengecekan mata dilakukan dengan beberapa langkah pemeriksaan yang berguna untuk mengevaluasi penglihatan dan memeriksa penyakit mata yang mungkin terjadi. Dokter mata mungkin menggunakan berbagai macam alat, menyorotkan cahaya ke mata, hingga meminta kamu untuk melihat dengan berbagai macam lensa. Setiap tes selama pemeriksaan mata dapat kemungkinan masalah yang terjadi terkait penglihatan.

Baca juga: Periksa Mata Sejak Dini, Kapan Sebaiknya Mulai Dilakukan?

Pemeriksaan mata dapat membantu untuk mendeteksi masalah pada mata secara dini sehingga lebih mudah untuk diobati. Dokter mata akan memperbaiki atau membuat kamu dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada penglihatan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan mata?

Beberapa faktor yang dapat menentukan seberapa sering seseorang untuk mendapatkan pemeriksaan mata adalah usia, kesehatan, dan risiko munculnya masalah yang terjadi pada mata. Berikut ini beberapa pembagian kategori untuk rutin memeriksakan kesehatan mata:

1. Anak Berusia 3 Tahun ke Bawah

Pengecekan mata dapat dilakukan pada anak berusia 3 tahun ke bawah untuk mendeteksi beberapa masalah mata yang sering terjadi, seperti mata malas, juling, atau tidak sejajar. Jika ada masalah atau gejala yang timbul pada mata, pemeriksaan dini dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Anak direkomendasikan menjalani pemeriksaan mata antara usia 3 hingga 5 tahun.

2. Anak Usia Sekolah dan Remaja

Cobalah untuk memeriksakan kesehatan mata anak sebelum memasuki kelas satu SD. Jika anak tidak memiliki gejala masalah penglihatan dan tidak ada riwayat keluarga terkait hal tersebut, ada baiknya pemeriksaan dilakukan satu hingga dua tahun sekali. Selain itu, cobalah untuk melakukan pengecekan mata sesuai dengan saran dari dokter mata.

Baca juga: Usia 40 Tahun, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata

Jika kamu masih mempunyai pertanyaan terkait pengecekan mata, dokter dari Halodoc tidak segan-segan membantu untuk menjawabnya dengan lengkap. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan terkait akses kesehatan tanpa batas!

3. Dewasa

Setiap orang dengan rentang usia 18 hingga 60 tahun yang ingin menjaga penglihatannya tetap sehat seumur hidup, harus menjalani pemeriksaan mata komprehensif paling tidak setiap dua tahun. Selain itu, seseorang dengan usia yang lebih tua atau 61 tahun ke atas harus menjalani pemeriksaan setiap tahunnya. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah seseorang yang memiliki risiko lebih tinggi terkait gangguan pada mata harus lebih rutin melakukan pemeriksaan. Beberapa faktor risiko tersebut meliputi:

  • Riwayat penyakit mata dalam keluarga, seperti glaukoma, degenerasi makula, dan lainnya.
  • Mengalami diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Pekerjaan yang banyak melihat ke layar komputer atau dapat membahayakan mata.
  • Mengalami cedera mata atau pernah melakukan operasi mata sebelumnya.

Lalu, jika penglihatanmu terbilang sehat dan tanpa gangguan, cobalah untuk mengikuti jadwal pemeriksaan mata ini:

  • Setiap lima hingga 10 tahun pada usia 20 hingga 30-an.
  • Setiap dua hingga empat tahun dari usia 40 hingga 54.
  • Setiap satu hingga tiga tahun saat usia memasuki 55 hingga 64 tahun.
  • Setiap satu hingga dua tahun setelah usia di atas 65 tahun.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik untuk Anak Periksa Kesehatan Mata

Dengan melakukan pemeriksaan rutin, diharapkan kesehatan mata tetap terjaga tanpa adanya gangguan yang parah. Selain itu, pengecekan mata yang rutin dapat mencegah segala penyakit mata yang mungkin terjadi.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Eye exam.
All About Vision. Diakses pada 2020. Eye exam cost and when to have an eye exam.