Kata Dokter: Manfaat Buah Naga Merah dan Putih untuk Kesehatan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Januari 2024

“Buah naga memiliki rasa yang manis dan cocok jadi camilan sehat. Manfaatnya bagi tubuh pun banyak, berkat kandungan nutrisinya yang melimpah.”

Kata Dokter: Manfaat Buah Naga Merah dan Putih untuk KesehatanKata Dokter: Manfaat Buah Naga Merah dan Putih untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tak hanya enak, manfaat buah naga merah dan putih sangat banyak, lho. Mulai dari menjaga kadar gula darah, membantu penurunan berat badan, hingga mencegah penuaan dini.

Semua manfaat itu berasal dari kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah naga merah dan putih. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Manfaat Buah Naga Merah dan Putih untuk Kesehatan

Menurut dr. M. Alfi Auliya, M.K.M dalam kanal Youtube Halodoc, buah naga putih dan merah mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Seperti antioksidan serat protein vitamin C kalium magnesium dan juga zat besi dan buah ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan, yang perlu kamu ketahui:

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Buah naga merah memiliki kemampuan unik dalam menjaga kadar gula darah. Menurut dr. Alfi, buah naga dapat mampu meregenerasi sel beta di pankreas dan meningkatkan resistensi insulin. Karena hal inilah buah naga menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Selain buah naga, ada juga banyak makanan lain yang juga bisa jaga kadar gula darah. Cek dalam artikel ini → 13 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

2. Menjaga Kesehatan Usus

Usus adalah rumah bagi banyak mikroorganisme yang beragam, termasuk bakteri baik. Keseimbangan dalam usus sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Buah naga merah mengandung prebiotik, jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di usus. Ini membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalamnya, yang pada gilirannya mendukung pencernaan yang optimal.

3. Mengatasi Sembelit

Menurut dr. Alfi, kandungan serat dalam buah naga merah ataupun putih cukup tinggi. Itulah sebabnya buah ini memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit atau konstipasi. 

Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi bakteri di usus dapat mencernanya untuk pertumbuhan mereka. Buah naga merah mendorong pertumbuhan bakteri asam laktat dan bifidobacteria yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan nutrisi dalam buah naga merah juga memiliki dampak positif pada kesehatan otak. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat menjaga kesehatan otak, meningkatkan fungsi otak, dan membantu menjaga kemampuan berpikir serta daya ingat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari buah naga merah dan putih adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terutama buah naga merah yang kaya akan vitamin C dan karotenoid, yang memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Nutrisi ini membantu melindungi sel darah putih dari kerusakan oleh radikal bebas, yang pada gilirannya meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

6. Menjaga Kadar Kolesterol

Mengonsumsi buah naga merah dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang dalam kadar yang normal akan membantu menjaga kesehatan jantung menjadi lebih optimal.

Jika kamu atau orang tua kamu mengidap kolesterol tinggi, penting juga untuk menghindari makanan ini → Kolesterol Tinggi, Hindari 4 Makanan Tidak Sehat Ini

7. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Antioksidan dalam buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah enzim yang menghambat komponen penting kulit seperti kolagen dan asam hialuronat. Kandungan vitamin C dalam buah naga juga membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Itulah berbagai manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan tubuh. Buah ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaat, yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan. 

Rekomendasi Dokter Gizi untuk Berikan Tips Seputar Gizi

Apabila kamu ingin menjalani diet atau punya pertanyaan lain seputar gizi, kamu bisa menghubungi dokter spesialis gizi klinik di Halodoc.

Berikut ini rekomendasi dokter yang bisa kamu hubungi dan telah mendapatkan penilaian terbaik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani:

1. dr. Diani Adrina Sp.GK

Apabila butuh saran seputar diet dan nutrisi, kamu bisa bicara dengan dr. Diani Adrina Sp.GK. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada 2001 dan Universitas Indonesia pada 2007. 

Saat ini dr. Diani Adrina Sp.GK menjalani praktik di Jakarta Selatan dan tergabung juga dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Sebagai dokter gizi klinik, dr. Diani Adrina Sp.GK sudah berpengalaman selama 23 tahun lamanya. Itu mengapa, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar gizi ataupun perencanaan diet yang sehat. 

Chat dr. Diani Adrina Sp.GK mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

2. dr. Annisa Fauziah Sp.GK

Dokter spesialis gizi klinik lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Annisa Fauziah Sp.GK. Ia mendapatkan gelar dokternya di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro pada 2015.

Saat ini, dr. Annisa Fauziah Sp.GK berpraktik di Tegal, Jawa Tengah dan terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Ia memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun sebagai dokter gizi. Jadi, kamu tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengannya di Halodoc mengenai informasi gizi dan nutrisi makanan. 

Chat dr. Annisa Fauziah Sp.GK mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

3. dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK

Rekomendasi selanjutnya yaitu dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana pada 2017 dan Universitas Indonesia pada 2023. 

Ia saat ini menjalani praktik di Tangerang, Banten dan juga terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Dengan pengalaman sebagai dokter gizi selama 6 tahun,  dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar gizi, nutrisi maupun perencanaan diet yang sehat. 

Chat dr. Karina Marcella Widjaja Sp.GK mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

Itulah rekomendasi dokter spesialis gizi klinik yang bisa kamu hubungi untuk bicara seputar gizi dan nutrisi. Jangan khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Youtube Halodoc. Diakses pada 2024. Ternyata ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan.
Web MD. Diakses pada 2024. Dragon Fruit.
Pharm Easy. Diakses pada 2024. 10 Health Benefits And Recipes Of Dragon Fruit (Pitaya).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan