Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Jadi Penyebab Wasir

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   28 Februari 2020
Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Jadi Penyebab WasirKebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Jadi Penyebab Wasir

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu merasakan sakit atau tidak nyaman pada anus terutama ketika duduk? Mungkin saja hal tersebut timbul sebagai gejala dari wasir. Penyakit ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena rasa sakit yang ditimbulkan membuat susah untuk duduk. Ternyata, kebiasaan buruk dapat menjadi salah satu penyebab wasir.

Banyak faktor gaya hidup yang membuat seseorang berisiko untuk mengalami gangguan pada anus ini. Seseorang yang jarang bergerak dan berolahraga terbilang mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terserang wasir. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa kebiasaan apa saja yang dapat menjadi penyebab wasir agar dapat dicegah. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: 4 Fakta Seputar Wasir yang Perlu Diketahui

Kebiasaan yang Dapat Menjadi Penyebab Wasir

Wasir adalah salah satu jenis penyakit yang kerap terjadi pada penduduk Indonesia. Gangguan ini terjadi ketika pembuluh darah balik (vena) di daerah anus membengkak dan meradang. Hal tersebut menyebabkan hambatan pada aliran darah dari pembuluh balik. Penyakit yang disebut sebagai ambeien ini sering dianggap tidak berbahaya jika menyerang.

Wasir atau dalam bahasa inggris disebut ‘hemorrhoid’ dapat disebabkan oleh pola makan dan kebiasaan sehari-hari yang buruk. Banyak orang yang terlambat menyadari jika dirinya sudah mengidap wasir. Faktanya, wasir dapat menyebabkan pengidapnya sulit untuk beraktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan rasa sakit yang timbul ketika duduk.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat menjadi penyebab wasir. Hal tersebut patut diketahui agar dapat mencegahnya sebelum terjadi. Berikut beberapa kebiasaan-kebiasaan tersebut:

  1. Terlalu Lama Duduk di Toilet

Salah satu kebiasaan yang menjadi penyebab wasir pada seseorang adalah terlalu lama duduk di toilet. Di zaman yang serba gadget ini, banyak orang yang menghabiskan banyak waktu ketika buang air besar. Waktu yang dihabiskan saat menggunakan gawai tersebut dapat menimbulkan peradangan pada anus yang bisa berakhir pada wasir.

Semakin lama seseorang duduk di toilet, maka semakin bertumpuk darah yang mengalir ke pembuluh darah bagian bawah karena dampak gravitasi. Maka dari itu, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut yang dapat meningkatkan risiko terkena wasir. Manfaat lainnya yang dapat dirasakan adalah tidak banyak waktu yang terbuang, sehingga lebih produktif.

Baca juga: Susah BAB Bisa Jadi Tanda Wasir?

2. Kurangnya Asupan Serat dan Air

Seseorang yang terbilang minim memenuhi asupan serat dan air pada tubuh juga dapat kebiasaan yang menjadi penyebab terjadinya wasir. Korelasi dari hal tersebut adalah tubuh yang cukup serat akan lebih mudah untuk mengeluarkan kotoran, sehingga waktunya lebih singkat saat ke toilet. Selain itu, air juga dapat menjaga usus tetap sehat sehingga proses pencernaan lebih lancar. Apabila tidak tercukupi, pembuluh darah di anus akan tertekan yang berakibat terjadinya wasir.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kebiasaan yang menjadi penyebab wasir, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang sering digunakan untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih mudah!

3. Terlalu Banyak Mengangkat Barang yang Berat

Seseorang juga meningkatkan risiko untuk terkena wasir jika mempunyai kebiasaan mengangkat barang yang berat. Hal tersebut disebabkan tekanan pada rektum yang menimbulkan pembengkakan dengan hasil akhirnya adalah wasir. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengangkat beban yang berat agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

4. Terlalu Banyak Meminum Alkohol

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menjadi penyebab wasir adalah terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Setelah mengonsumsi minuman yang memabukkan tersebut, dehidrasi dapat terjadi. Gangguan yang terjadi karena kekurangan cairan tersebut dapat menjadi penyebab wasir sehingga pencernaan dan buang air besar terganggu. Maka dari itu, memastikan tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga: 4 Fakta Seputar Wasir yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa hal yang dapat kamu perhatikan untuk menghindari beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab wasir. Dengan begitu, aktivitas-aktivitas yang penting tidak akan terganggu. Selain itu, bukan tidak mungkin dampak buruk terkait pencernaan lainnya juga dapat dicegah.

 

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2020. 8 Habits You Didn’t Know Could Cause Hemorrhoids
Bustle. Diakses pada 2020. 7 Common Habits You Didn’t Know Cause Hemorrhoids

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan