Kebutuhan Gizi yang Tepat untuk Anak Usia Dini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juli 2021

“Untuk memastikan tumbuh-kembang anak, setiap orangtua harus memberikan yang terbaik dari segi makanan. Kebutuhan gizi anak dapat dipenuhi dengan memberikannya makanan yang sehat, layaknya sayur, buah, dan daging yang kaya protein.”

Kebutuhan Gizi yang Tepat untuk Anak Usia DiniKebutuhan Gizi yang Tepat untuk Anak Usia Dini

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua wajib memperhatikan kebutuhan gizi anaknya dengan memastikan untuk memberikan makanan yang terbaik. Cara ini dapat membuat ibu dapat memastikan proses tumbuh-kembang anak tetap maksimal. Meski begitu, tidak semua orangtua tahu gizi apa saja yang perlu dipenuhi yang harus ada dalam makanannya. Nah, berikut pembahasan lebih lengkapnya!

Segala Kebutuhan Gizi Anak Usia Dini yang Perlu Dipenuhi

Setiap anak perlu mendapatkan nutrisi yang baik di 2 tahun pertama kehidupan guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Dengan memulai praktik nutrisi yang baik sejak dini juga dapat membantu anak untuk mengembangkan pola makan yang sehat. Memang hal ini tidak mudah untuk dilakukan, tetapi tetap harus dipenuhi.

Baca juga: 19 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Gizi Anak

Di awal kelahiran, bayi mungkin hanya perlu diberikan ASI dan/atau susu formula yang memang merupakan sumber nutrisi untuk anak. Saat anak sudah bisa menyantap makanan padat, ibu bisa memberikannya variasi makanan yang dapat membuatnya merasakan banyak jenis rasa. Maka dari itu, ibu harus tahu kebutuhan gizi anak yang tepat saat memasuki usia dini:

Usia 0–6 Bulan

Pada bayi dengan usia 0–6 bulan, kebutuhan gizi anak yang perlu dipenuhi berasal dari ASI dan/atau susu formula. Saat usianya bertambah setiap bulan, jumlah cairan yang dikonsumsi oleh anak ibu akan terus bertambah. Saat anak sudah memasuki usia 6 bulan, ibu bisa mulai mengajarkannya untuk mengonsumsi makanan padat agar tubuhnya mulai terbiasa.

Usia 7–12 Bulan

Saat anak memasuki 7–12 bulan, dirinya masih mendapatkan sebagian besar kalori dan nutrisi dari ASI dan/atau susu formula. Meski begitu, anak juga perlu untuk mengonsumsi makanan padat. Beberapa bayi dengan usia 7 bulan, secara perkembangan tubuhnya sudah siap untuk tidur sepanjang malam tanpa perlu menyusu sebelumnya. Meski begitu, keputusan ini ada di tangan ibu selaku orangtua dibantu dengan berdiskusi dengan dokter sebelumnya. 

Baca juga: Masalah Gizi Anak yang Perlu Ditangani Dokter Spesialis Anak

Rincian dari kebutuhan gizi anak adalah sebagai berikut:

Usia 78 bulan

Anak dengan usia 7 hingga 8 bulan mungkin dapat mengonsumsi ASI atau susu formula sekitar 680–1000 gram atau setara tiga hingga enam sesi menyusui setiap harinya. Ibu juga dapat menambahkan sekitar 4–9 sendok makan dengan makanan padat, seperti buah dan sayuran setiap harinya. Selain itu, ibu juga dapat menambahkan beberapa sendok makan kandungan protein dari daging.

Usia 9–10 bulan

Anak dengan usia 9 hingga 10 bulan juga perlu mencukupi kebutuhan susunya sebanyak 680–850 gram per hari atau setara tiga hingga lima sesi menyusui. Kebutuhan gizi anak ini juga perlu dipenuhi dengan 1/4 hingga 1/2 cangkir buah, sayuran, biji-bijian, hingga daging yang kaya protein.

Usia 11 bulan

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan susu anak terus menurun. Saat memasuki usia 11 bulan, ibu hanya perlu memberikannya 450680 –gram ASI atau susu formula per harinya atau setara tiga hingga empat sesi menyusui. Di usia ini, anak harus lebih banyak mengonsumsi makanan padat, seperti buah, sayur, dan sumber protein.

Baca juga: Gizi Anak yang Harus Dipenuhi saat MPASI

Usia 12 bulan

Saat memasuki usia 12 bulan, jumlah ASI atau susu formula yang perlu dipenuhi sekitar 680 gram per harinya atau setara tiga sesi menyusui. Beberapa ibu telah menyapih anaknya dari konsumsi ASI dan mulai memberikan susu sapi. Di sisi lain, kebutuhan hariannya untuk mengonsumsi makanan padat terus naik. Ibu dapat memberikannya lebih banyak buah dan sayuran yang berbeda-beda, ditambah dengan daging sapi ataupun ikan.

Jika ibu memiliki pertanyaan tentang kebutuhan gizi anak, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan saran yang paling tepat untuk makanan yang harus dikonsumsi si Kecil. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan dalam interaksi ahli medis hanya dengan menggunakan smartphone!

Nah, itulah pembahasan tentang kebutuhan gizi anak yang perlu dipenuhi oleh setiap orangtua guna memastikan tumbuh-kembang si Kecil.

Hal ini juga dapat berguna untuk memastikan anak terhindar dari segala serangan dari penyakit. Dengan melakukan kebiasaan ini, anak akan terbiasa mengonsumsi semua jenis makanan sehat hingga dirinya dewasa.

Referensi:
What to Expect. Diakses pada 2021. Nutritional Needs of Babies: the First 12 Months.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Infant and Toddler Nutrition.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan