Kelelahan Berkepanjangan, Bisa Jadi Gangguan Tiroid

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Januari 2023

“Kelelahan berkepanjangan bisa menjadi pertanda gangguan tiroid. Ini karena kelenjar tiroid mengatur cara tubuh menggunakan energi, sehingga gangguan pada kelenjar tersebut bisa menyebabkan kelelahan.”

Kelelahan Berkepanjangan, Bisa Jadi Gangguan TiroidKelelahan Berkepanjangan, Bisa Jadi Gangguan Tiroid

Halodoc, Jakarta – Merasa lelah setelah seharian beraktivitas atau melakukan pekerjaan yang berat adalah hal yang wajar. Namun, hati-hati, bila kamu sering merasa lelah terus menerus, karena itu bisa menjadi pertanda gangguan tiroid.

Tiroid adalah kelenjar yang berfungsi untuk membuat hormon yang membantu mengontrol banyak fungsi vital tubuh. Jadi, bila kelenjar tersebut tidak berfungsi dengan baik, seluruh tubuh bisa merasakan dampaknya.

Gejala kondisi ini sebenarnya bervariasi tergantung pada jenisnya. Namun, kelelahan adalah salah satu gejala umum yang sering dialami orang dengan masalah kesehatan tersebut. Simak ulasan selengkapnya di sini!

Alasan Gangguan Tiroid yang Menyebabkan Kelelahan

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher yang bertanggung jawab atas metabolisme atau bagaimana cara tubuh menggunakan energi.

Kelenjar tersebut membantu mengatur suhu dan menjaga organ kamu bekerja dengan baik, termasuk otak, jantung, otot, dan lainnya.

Tiroid menghasilkan hormon tiroid yang disekresikan ke dalam aliran darah dan kemudian diangkut ke berbagai organ dan jaringan di seluruh tubuh kamu.

Dua hormon utama yang diproduksi oleh tiroid adalah triiodothyronine, atau T3, dan tiroksin (T4). Kelenjar tersebut juga menghasilkan kalsitonin, yang membantu sel tulang memproses kalsium dan menambahkannya ke tulang.

Namun, terkadang gangguan tiroid bisa terjadi ketika kelenjar tersebut tidak menghasilkan hormon dalam jumlah yang tepat.

Ketika tiroid membuat terlalu banyak hormon tiroid, tubuh akan menggunakan energi terlalu cepat. Jenis gangguan ini disebut hipertiroidisme.

Energi yang digunakan terlalu cepat pada dasarnya bisa membuat kamu kelelahan. Tidak hanya itu saja, hipertiroidisme juga bisa membuat jantung berdetak lebih cepat, membuat kamu merasa gugup, bahkan mempersulit kamu tidur, yang akhirnya juga menyebabkan kelelahan.

Sebaliknya, tiroid juga bisa membuat terlalu sedikit hormon tiroid. Jenis gangguan ini disebut hipotiroidisme.

Ketika kamu memiliki terlalu sedikit hormon tiroid dalam tubuh, kamu juga bisa merasa lelah, berat badan mungkin bertambah dan bahkan kamu tidak bisa menoleransi dingin.

Ciri Kelelahan yang Menjadi Tanda Gangguan Tiroid

Pernah merasakan kelelahan akibat kurang tidur? Misalnya, ketika kamu begadang untuk mempersiapkan ujian atau mengurus bayi yang menangis semalaman.

Nah, perasaan lelah yang muncul akibat gangguan tiroid kurang lebih sama dengan kelelahan akibat kurang tidur.

Namun, kelelahan akibat gangguan tiroid bisa terus berlanjut, bahkan setelah kamu sudah tidur dalam waktu yang lama. Ini adalah jenis kelelahan ekstrem yang mengganggu hidup kamu dan tidak akan hilang begitu saja. 

Kelelahan akibat masalah tiroid cenderung berkepanjangan dan lebih parah daripada kelelahan yang disebabkan oleh kurang tidur atau aktivitas fisik yang berlebihan.

Gejala tersebut juga bisa muncul seperti ini:

  • Perasaan lelah di seluruh tubuh.
  • Depresi, energi yang sangat rendah atau kurangnya motivasi.
  • Kelemahan otot dan nyeri.
  • Kesulitan berkonsentrasi atau fokus.

Kemungkinan Penyebab Kelelahan Lainnya

Meski begitu, kelelahan tidak selalu disebabkan oleh masalah tiroid, tapi itu juga bisa menjadi gejala dari banyak masalah medis lainnya.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab kelelahan lainnya:

  • Anemia.
  • Gangguan autoimun, seperti diabetes, lupus, dan rheumatoid arthritis.
  • Obstructive sleep apnea.
  • Kekurangan vitamin, terutama vitamin D atau vitamin B12.

Jadi, untuk mengetahui penyebab kelelahan kamu secara pasti, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Bila benar kamu mengalami gangguan tiroid, biasanya mengobati masalah kesehatan tersebut bisa memperbaiki kelelahan yang kamu alami.

Dokter mungkin akan memberikan obat-obatan sesuai dengan jenis gangguan atau gejala yang kamu alami.

Untuk cek obat dan vitamin yang diresepkan dokter untuk mengatasi gangguan tiroid, gunakan saja aplikasi Halodoc.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam.

Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Thyroid Disorders.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Thyroid Disease.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Can an Overactive Thyroid Cause Fatigue?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan