Kelelahan dan Nyeri Dada, Ini 6 Gejala Anemia pada Wanita

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 April 2024

“Sangat penting untuk mengetahui gejala anemia pada wanita. Seperti kelelahan, sakit kepala, dan nyeri dada yang bisa menjadi tanda fatal.”

Kelelahan dan Nyeri Dada, Ini 6 Gejala Anemia pada WanitaKelelahan dan Nyeri Dada, Ini 6 Gejala Anemia pada Wanita

DAFTAR ISI:

Rekomendasi Obat Anemia untuk Wanita


Halodoc, Jakarta – Gejala anemia pada wanita sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan pria. Mulai dari rasa lelah, nyeri dada, hingga sakit kepala. Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh terlalu rendah. 

Seseorang mengalami anemia jika hemoglobin atau hematokritnya rendah. Hemoglobin adalah protein utama dalam sel darah merah. Ini membawa oksigen, dan mengirimkannya ke seluruh tubuh. Jika kadarnya rendah, jaringan atau organ tubuh mungkin tidak mendapatkan oksigen yang cukup. 

Gejala Anemia pada Wanita

Tanda-tanda anemia bisa meliputi apa saja. Berikut ini beberapa gejala anemia pada wanita:

1. Kelelahan

Ketika mengalami kelelahan, sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Perasaan lelah atau lemah adalah salah satu gejala anemia yang paling umum. Namun, merasa lelah terus-menerus tidak secara otomatis berarti kamu mengidap anemia. 

Banyak kondisi lain dan kebiasaan gaya hidup dapat menyebabkan kelelahan. Termasuk kecemasan, depresi, diabetes, tingkat aktivitas fisik yang rendah, dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, kamu perlu menjalani pemeriksaan untuk memastikannya. 

2. Nyeri Dada

Ketika tidak memiliki cukup sel darah merah, jantung harus bekerja keras untuk memindahkan oksigen melalui darah. Nyeri dada atau sesak napas biasanya merupakan gejala anemia pada wanita yang semakin parah. 

Jika mengalaminya, segera bicarakan dengan dokter. Ini adalah tanda peringatan mungkin ada komplikasi anemia yang mengancam jiwa. Jika tidak diobati, gejala anemia dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti aritmia (detak jantung tidak teratur) dan gagal jantung.

3. Perubahan Kulit dan Kuku

Jika kuku rapuh atau rambut menjadi kering atau rontok, itu bisa jadi tanda anemia. Sebab, kekurangan zat besi bisa membuat rambut dan kuku tidak mendapat pasokan yang cukup untuk menjaganya tetap sehat. 

Kuku juga bisa menjadi lemah, melengkung di tepinya dan menyebabkan bagian tengahnya terlihat seperti dicabut dengan sendok. Kulit mungkin juga menjadi pucat atau menjadi lebih pucat (kuning).

Jika mengalami gejala anemia, kamu bisa konsultasikan dengan dokter spesialis tepercaya. Dapatkan daftar dokter selengkapnya dalam artikel 5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Bantu Atasi Gejala Anemia.

4. Perubahan Nafsu Makan

Gejala anemia lainnya pada wanita yang perlu kamu waspadai adalah perubahan nafsu makan. Pada beberapa kasus, pengidapnya mungkin mengidam minuman dingin, es batu, atau barang-barang yang bukan makanan, seperti kertas. Kondisi ini disebut picophagia atau pica. 

Pola makan vegetarian atau vegan dapat menempatkan kamu pada risiko anemia defisiensi besi yang lebih besar. Karena kamu tidak mendapatkan zat besi melalui daging merah, ikan, atau unggas. 

5. Kaki Gelisah

Jika mengidap anemia, kaki dan tangan mungkin terasa dingin, atau kaki mungkin terasa tidak nyaman saat mencoba untuk tidur. Sindrom kaki gelisah ini terjadi ketika kamu memiliki dorongan yang kuat dan hampir tak tertahankan untuk menggerakkan kaki meskipun tidak menginginkannya. 

6. Sakit Kepala

Gejala anemia pada wanita lainnya adalah sakit kepala. Ketika tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, lebih sedikit oksigen yang sampai ke otak. 

Arteri di dekatnya membengkak, menyebabkan sakit kepala. Jika mengidap anemia, kamu mungkin juga merasa pusing atau sulit berkonsentrasi. 

Rekomendasi Obat Anemia untuk Wanita

Obat anemia juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala anemia pada wanita. Nah, berikut adalah obat anemia yang direkomendasikan:

1. Folavit 400 mcg 10 Tablet

Folavit merupakan tablet penambah darah yang memiliki kandungan asam folat. Asam folat dalam obat ini pun dapat membantu untuk memelihara sistem saraf, pertumbuhan janin, dan sebagai suplemen tambahan ketika masa kehamilan maupun menyusui.

Untuk mengonsumsi obat ini, perhatikan dosis yang tertera pada kemasan.

Rentang harga: Rp12.600 – Rp13.300 per strip.

Dapatkan Folavit 400 mcg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Sangobion 10 Kapsul

Rekomendasi obat anemia lain adalah Sangobion yang merupakan vitamin dan zat besi penambah darah. Obat ini memiliki kandungan Ferrous gluconate, hingga vitamin C sehingga dapat membantu mengatasi kekurangan darah ketika masa menstruasi, hamil, menyusui, maupun setelah mengalami pendarahan.

Kamu dapat mengonsumsi obat ini sebanyak 1 kapsul per harinya.

Rentang harga: Rp12.600 – Rp13.300 per strip.

Dapatkan Sangobion 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Moloco Plus B12 10 Tablet

Selanjutnya adalah Moloco Plus B12 yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Konsumsi obat ini pun dapat dilakukan setelah makan dengan cara ditelan secara utuh maupun dikunyah.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga penggunaanya memerlukan resep dokter.

Rentang harga: Rp48.400 per strip.

Dapatkan Moloco Plus B12 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Maltofer Fol Chewable 6 Tablet

Yang terakhir adalah Maltofer Fol yang merupakan tablet kunyah penambah darah dan mengandung zat besi, dan asam folat. Obat ini dapat digunakan untuk mencegah defisiensi zat besi pada masa sebelum, selama, dan setelah masa kehamilan maupun menyusui.

Obat ini dapat dengan bebas kamu konsumsi. Meskipun begitu, jangan lupa untuk memeriksa dosis dan aturan pakai pada kemasan agar terhindar dari overdosis ya!

Rentang harga: Rp48.400 per strip.

Dapatkan Maltofer Fol Chewable 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah pembahasan mengenai gejala anemia pada wanita serta rekomendasi obatnya. Jika kamu atau orang terdekat kamu mengalaminya, jangan ragu untuk bertanya ke dokter di Halodoc ya.

Masih bingung terkait dengan tempat beli obat yang praktis dan tepercaya? Cek Toko Kesehatan Halodoc untuk mendapatkan obat terbaik sesuai dengan kondisimu! 

Referensi:
Health Grades. Diakses pada 2022. 7 Signs of Anemia in Women.
WebMD. Diakses pada 2022. Anemia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan