5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Bantu Atasi Gejala Anemia

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 Januari 2024

“Anemia adalah merupakan kondisi yang bisa bersifat sementara dan bisa juga bersifat jangka panjang. Penting untuk mengelola gejala anemia dan mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc jika gejala semakin buruk.”

5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Bantu Atasi Gejala Anemia5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Bantu Atasi Gejala Anemia

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Anemia adalah kondisi yang disebabkan oleh jumlah sel darah merah atau kadar hemoglobin yang rendah dalam tubuh.

Gejala anemia bisa bervariasi, tetapi beberapa gejala umum yang dapat memerlukan pemeriksaan oleh dokter.

Jika kamu mengalami gejala-gejala yang mengkhawatirkan, kamu bisa menghubungi dulu dokter umum.

Nantinya, kamu perlu menjalani tes darah untuk menilai kadar hemoglobin dan sel darah merah. Dokter nantinya dapat memberikan diagnosis dan merencanakan perawatan yang sesuai berdasarkan hasilnya.

Gejala Anemia Ringan dan Berat

Beberapa gejala anemia ringan yang bisa kamu tanyakan pada dokter umum antara lain:

  • Kelelahan dan lemah: Rasa lelah yang berlebihan atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan.
  • Pucat: Kulit dan membran mukosa yang terlihat pucat.
  • Napas pendek atau sesak napas: Terutama saat melakukan aktivitas fisik ringan.
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur: Anemia menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengompensasi kadar oksigen yang rendah dalam darah.
  • Pusing atau sakit kepala: Terutama saat berdiri atau beraktivitas.
  • Dingin pada tangan dan kaki: Kondisi ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang kurang efektif.
  • Konsentrasi dan fokus yang berkurang: Anemia dapat memengaruhi fungsi otak dan kemampuan kognitif.

Sementara itu, beberapa gejala anemia dapat mengindikasikan adanya kondisi penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan anemia dan gejala yang dapat terkait adalah sebagai berikut:

Defisiensi Zat Besi atau Vitamin B12:

  • Kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  • Nyeri lidah atau perubahan pada lidah.
  • Kesemutan atau mati rasa di kaki atau tangan.
  • Gangguan perut, seperti diare atau sembelit.

Anemia Hemolitik:

  • Urine berwarna gelap atau berdarah.
  • Jaundice (kulit dan mata berwarna kuning).
  • Pembesaran limpa atau hati.

Anemia Kronis:

  • Penurunan nafsu makan atau kehilangan berat badan yang tidak diinginkan.
  • Nyeri sendi atau otot.
  • Infeksi berulang atau kesulitan dalam mengatasi infeksi.

Anemia Aplastik atau Gangguan Sumsum Tulang Belakang:

  • Mudah memar atau berdarah.
  • Infeksi sering terjadi.
  • Kelelahan dan sesak napas.

Gangguan Autoimun:

  • Gejala rheumatoid arthritis atau lupus.
  • Kulit kemerahan atau bercak-bercak pada kulit.
  • Pembengkakan pada sendi.

Namun, gejala di atas tidak selalu menunjukkan kondisi penyakit tertentu, dan hanya dokter yang dapat menilai secara tepat gejala dan memberikan diagnosis yang akurat.

Jika kamu mengalami gejala anemia atau perubahan kesehatan yang mencurigakan, segera berkonsultasilah dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut.

Pilihan Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Halodoc

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, berikut ini adalah beberapa dokter spesialis penyakit dalam yang juga memiliki rating yang baik untuk kamu hubungi:

1. dr. Edwin Nugraha Fitriawan Sp.PD

Edwin Nugraha Fitriawan Sp.PD berhasil mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 2011. Setelahnya, ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dan berhasil mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2022.

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Edwin Nugraha Fitriawan Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc, termasuk kondisi anemia.

Chat dr. Edwin Nugraha Fitriawan Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Hafiziani Sp.PD

Hafiziani Sp.PD adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2010 dan kemudian melanjutkan kembali studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2022.

Ia kini berpraktik di Pasaman Barat, Sumatera Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun, dr. Hafiziani Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc, termasuk kondisi anemia.

Chat dr. Hafiziani Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Novita Tanasal Sp.PD

Novita Tanasal Sp.PD adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Ia berhasil mendapatkan gelar dokter umum pada 2014 dan kemudian melanjutkan kembali studinya di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2022.

Ia kini berpraktik di Manado, Sulawesi Utara dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 10 tahun, dr. Novita Tanasal Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc, termasuk kondisi anemia, kesehatan paru, diabetes, DBD dan penyakit tropis, hipertensi, fungsi ginjal, dan gangguan pencernaan.

Chat dr. Novita Tanasal Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. Trina Primalia Irawanti Sp.PD

Trina Primalia Irawanti Sp.PD berhasil mendapatkan gelar dokter umum di Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya Jakarta pada 2013. Ia pun melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dan berhasil meraih gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2021.

Ia kini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 11 tahun, dr. Trina Primalia Irawanti Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc, termasuk kondisi anemia, kelainan darah dan kanker, kesehatan paru, diabetes, gangguan kesehatan lansia, DBD dan penyakit tropis, hipertensi, dan fungsi ginjal.

Chat dr. Trina Primalia Irawanti Sp.PD mulai dari Rp 100.000,- di Halodoc.

5. dr. Fajriansyah Sp.PD

Fajriansyah Sp.PD adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Ia berhasil meraih gelar dokter umum pada 2008 dan kemudian melanjutkan studinya ke kampus yang sama hingga akhirnya berhasil meraih gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2020.

Ia kini berpraktik di Bukittinggi, Sumatera Barat dan masih menjadi anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun, dr. Fajriansyah Sp.PD dapat memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc, termasuk kondisi anemia, kelainan darah dan kanker, diabetes, gangguan kesehatan lansia, dan fungsi ginjal.

Chat dr. Fajriansyah Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa pilihan dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi jika kamu ingin berkonsultasi terkait kondisi anemia. 

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter gigi lainnya.

Kamu juga bisa baca artikel ini: Ini Obat Penambah Darah untuk Bantu Atasi Gejala Anemia sebagai informasi tambahan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Anemia.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Anemia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan