Kenalan Lebih Jauh dengan Batang Otak dan Fungsinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Juni 2023

“Batang otak terletak adalah bagian otak yang berada pada bagian bawah kepala dengan bentuk yang mirip seperti batang bunga. Fungsi utama bagian otak ini adalah mengatur napas hingga mengontrol keseimbangan tubuh.”

Kenalan Lebih Jauh dengan Batang Otak dan FungsinyaKenalan Lebih Jauh dengan Batang Otak dan Fungsinya

Halodoc, Jakarta – Batang otak merupakan salah satu bagian yang vital dalam sistem saraf pusat manusia. Lokasinya berada pada bagian bawah otak, tepat pada sisi belakang tengkorak. Secara morfologi, batang otak memiliki bentuk yang mirip dengan tangkai atau batang bunga. 

Setiap bagian otak memiliki fungsi dan peran yang penting untuk menunjang kehidupan. Dalam hal ini, fungsi utamanya adalah mengatur napas dan jantung. Selain itu, bagian ini juga mengandung 10 dari 12 saraf kranial yang mengontrol gerakan, sensasi, dan rasa wajah. Bagian ini juga berperan dalam mengontrol keseimbangan tubuh, koordinasi gerakan, dan refleks.

Apa Saja yang Termasuk Batang Otak?

Secara umum, batang otak terdiri dari tiga bagian utama, yaitu otak tengah, pons, dan medula oblongata. Berikut penjelasannya: 

1. Otak tengah

Otak tengah merupakan salah satu bagian yang memiliki beberapa fungsi penting. Bagian ini mengatur gerakan mata dan penekanan rasa sakit. Saraf kranial ketiga dan keempat, yang dikenal sebagai saraf okulomotor dan trochlear, terletak pada otak tengah ini dan berperan dalam mengontrol gerakan motorik.

2. Pons

Pons adalah bagian yang menghasilkan neurotransmitter norepinefrin untuk mengendalikan gerakan dan pernapasan. Dalam pons terdapat saraf kranial kelima, keenam, ketujuh, dan kedelapan. Saraf-saraf ini, yaitu saraf trigeminal, abducens, wajah, dan vestibulocochlear, mengandung serat motorik dan sensorik yang mengontrol gerakan mata dan ekspresi wajah.

3. Medula oblongata

Medula oblongata adalah bagian yang sebagian besar mengandung serat motorik yang membantu pergerakan tubuh, termasuk lidah. Bagian ini berisi saraf kranial kesembilan, kesepuluh, kesebelas, dan kedua belas atau saraf glossopharyngeal, vagus, aksesori, dan hipoglosal, berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. 

Selain itu, kamu bisa mengetahui lebih lengkap bagian otak dan fungsinya melalui artikel Ini Bagian Otak dan Fungsinya yang Wajib Diketahui.

Apa Saja Penyakit pada Batang Otak?

Terdapat beberapa kondisi yang dapat memengaruhi kesehatan batang otak, yaitu:

  • Penggumpalan darah pada batang otak. Penggumpalan darah dapat menghalangi aliran darah dan mengganggu fungsi-fungsi batang otak. Kondisi ini dapat membahayakan nyawa pengidap.
  • Tumor otak, massa sel yang tumbuh pada otak dan sulit berhenti perkembangannya. Tumor ini juga dapat mempengaruhi fungsi bagian ini.
  • Ensefalitis, peradangan pada jaringan otak.
  • Serangan jantung yang terjadi karena penyumbatan arteri koroner, yang dapat menghentikan aliran darah ke jantung.
  • Stroke, terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu.
  • Kematian jantung mendadak atau hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba juga dapat mempengaruhi batang otak.
  • Cedera otak traumatis akibat benturan, sentakan, atau pukulan keras pada kepala dapat menyebabkan kerusakan pada area tersebut dan mempengaruhi fungsinya.

Tanda-Tanda Masalah pada Bagian Batang Otak

Tanda atau gejala masalah pada batang otak dapat bervariasi tergantung pada faktor penyebabnya. Beberapa tanda atau gejala umum yang dapat muncul meliputi:

  • Masalah keseimbangan atau pusing
  • Ketidakmampuan untuk muntah atau batuk
  • Insomnia atau gangguan tidur
  • Mual atau muntah
  • Bicara cadel
  • Gejala stroke
  • Kesulitan menelan, minum, atau makan secara tiba-tiba

Setiap bagian otak memiliki fungsi penting untuk mendukung kehidupan, tak terkecuali batang otak. Jadi, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika kamu merasakan adanya gejala yang tidak biasa pada area kepala, misalnya sakit kepala yang tidak mereda. Cek rekomendasi dokter ahli saraf dari Halodoc.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Brainstem: What to Know.Brainstem.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Brainstem: What to Know.Brainstem.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan