Kenali 5 Fakta Menarik Seputar Jenis Anjing Maltese

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 April 2023

“Anjing Maltese adalah salah satu hewan yang terkenal karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Di balik bentuknya tersebut, masih banyak fakta yang belum diketahui banyak orang. Penting untuk mengetahuinya jika kamu ingin memeliharanya.”

Kenali 5 Fakta Menarik Seputar Jenis Anjing MalteseKenali 5 Fakta Menarik Seputar Jenis Anjing Maltese

Halodoc, Jakarta – Anjing sudah acapkali menjadi hewan peliharaan yang manusia pilih. Ada banyak jenis anjing yang bisa kamu pilih, dari bentuknya yang lucu, tubuhnya yang besar, dan lainnya.

Nah, jika kamu menginginkan tipe anjing yang lucu, maltese dapat menjadi salah satu jawabannya. Sebelum memeliharanya, ada beberapa fakta menarik seputar anjing ini. Berikut pembahasannya!

Segala Fakta yang Perlu Diketahui tentang Jenis Anjing Maltese

Anjing maltese terkenal sebagai jenis anjing yang lucu, penyayang, dan aktif bermain. Hewan berukuran kecil ini juga cocok untuk dipelihara di dalam rumah dan menjadi anggota keluarga baru.

Meski banyak orang yang menyukai atau bahkan memiliki anjing ini, mungkin ada banyak hal yang masih belum kamu ketahui terkait latar belakang dan hal lainnya.

Nah, berikut adalah beberapa fakta yang berhubungan dengan jenis anjing maltese:

1. Nama menggambarkan asalnya

Fakta pertama yang perlu kamu ketahui tentang anjing maltese adalah hewan ini berasal dari pulau kecil bernama Malta, terletak di Laut Mediterania. Sejarah dari trah ini sangat sulit untuk dilacak karena Maltese menjadi istilah yang digunakan untuk anjing mainan. Selain itu, traf ini termasuk salah satu yang tertua dalam sejarah.

2. Jenis anjing yang kerap jadi peliharaan bangsawan

Anjing maltese sudah lama dihubungkan dengan peliharaan para penguasa dan raja. Hal ini mungkin terjadi karena rambutnya yang panjang dan halus dan mampu memberikan persahabatan yang sangat erat. Anjing ini juga sering membantu saat pemiliknya mengalami masalah kesehatan. Anjing maltese tercatat pernah menjadi peliharaan Ratu Skotlandia dan Ratu Inggris.

3. Dapat menjadi teman yang baik

Anjing ini memang paling dikenal dengan bentuknya yang menggemaskan. Di samping itu, maltese juga memiliki rasa perhatian yang baik terhadap lingkungan sekitarnya. Kepribadiannya yang ramah dan benar-benar setia pada pemiliknya membuatnya kerap menjadi peliharaan yang banyak orang inginkan.

4. Jenis anjing pembantu terapi

Banyak pusat kesehatan di seluruh dunia yang menggunakan anjing Maltese untuk membantu pasiennya setiap hari. Hewan menggemaskan ini sangat membantu di beberapa tempat kesehatan, seperti rumah sakit, panti jompo, dan daerah bencana. Jika membelai binatang dapat mengurangi stres dan meningkatkan empati. Anjing ini akan berpelukan dengan orang yang sedang menjalani pengobatan dan membuatnya merasa nyaman.

5. Mudah terbakar sinar matahari

Kulit dan bulu anjing ini mudah untuk terbakar sinar matahari. Anjing Maltese memiliki kulit yang sangat putih dan pucat di bawah bulunya. Bulu halus tersebut juga rentan mengalami kerusakan akibat sengatan sinar matahari. Jika ingin memeliharanya, pastikan untuk berhati-hati saat ia mengalami kontak langsung dengan sinar matahari.

Nah, itulah beberapa fakta tentang anjing Maltese yang perlu kamu ketahui. Kamu pun bisa cari tahu segala macam informasi tentang Kesehatan Anjing supaya lebih paham cara terbaik merawatnya.

Selain itu, sebelum memutuskan untuk memelihara anjing ini, ada baiknya melakukan pertimbangan yang matang. Jangan sampai kamu melupakan sesuatu yang penting yang dapat membahayakan keberlangsungan hidup dari hewan ini.

Jika masih bingung ingin pelihara jenis anjing apa, ini Jenis Anjing Lucu dan Menggemaskan yang Bisa Dipelihara.

Terkadang keinginan untuk memelihara suatu peliharaan mungkin tidak cocok dengan lingkungan kamu. Untuk menemukan jenis hewan yang tepat, dokter hewan dari Halodoc siap membantu. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi dengan ahli medis tanpa perlu bertatap muka.

Referensi:
Pet Comments. Diakses pada 2023. 15 Things You Probably Didn’t Know About Maltese.
Puppy Toob. Diakses pada 2023. 20 Cool Facts About The Maltese Breed.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan