• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Rendaman Air Kurma bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Rendaman Air Kurma bagi Kesehatan

Kenali 5 Manfaat Rendaman Air Kurma bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 November 2022

“Manfaat rendaman air kurma atau disebut dengan air nabeez memang sangat beragam. Air ini banyak dikonsumsi untuk mendukung kesehatan tubuh, termasuk mengendalikan kadar gula darah dan menghidrasi tubuh.”

Kenali 5 Manfaat Rendaman Air Kurma bagi KesehatanKenali 5 Manfaat Rendaman Air Kurma bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Rendaman air kurma sebenarnya mirip dengan infused water pada umumnya. Sebab, air ini juga memakai buah yang direndam dalam air selama semalaman untuk memberikan aroma dan rasa pada air tersebut. Nah, kamu bisa mendapatkan manfaat rendaman air kurma dari nutrisi yang terdapat di dalam buah kurma itu sendiri.

Manfaat Rendaman Air Kurma untuk Kesehatan

Selain memberikan kesegaran, masih banyak lagi manfaat rendaman air kurma yang bisa kamu dapatkan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menghidrasi tubuh

Menghidrasi tubuh

Tak hanya air mineral, rendaman air kurma juga bisa dipakai untuk menghidrasi tubuh dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Minuman sehat ini juga diyakini lebih sehat dibandingkan dengan minuman manis lain, termasuk jus kemasan, minuman bersoda, dan teh manis. 

2. Menambah energi

Menambah energi

Berbagai jenis kurma memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang menjadi sumber energi paling utama untuk tubuh. Inilah manfaat rendaman air kurma lainnya, yaitu membantu mengatasi tubuh yang kelelahan, baik setelah beraktivitas fisik maupun adanya kondisi tertentu yang membuat kamu memerlukan energi yang lebih banyak.

3. Mengendalikan gula darah

Mengendalikan gula darah

Meski rasanya manis, kurma ternyata tidak memicu naiknya gula darah pada tubuh. Sebaliknya, buah satu ini justru bisa membantu menstabilkan gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah. 

4. Melancarkan sistem pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan

Dehidrasi dapat memicu terjadinya sembelit. Inilah yang menjadi manfaat rendaman air kurma lainnya, yaitu memberikan serat pada tubuh yang dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. 

5. Obat untuk berbagai penyakit

Obat untuk berbagai penyakit

Tidak hanya menstabilkan gula darah dan menyehatkan jantung, air rendaman kurma juga memiliki kandungan berbagai antioksidan. Mulai dari asam fenolik, karotenoid, hingga flavonoid. Kandungan ini dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan, sekaligus menurunkan risiko tubuh mengalami banyak penyakit. Contohnya seperti kanker, diabetes, dan degenerasi makula.

Itu tadi beberapa manfaat rendaman air kurma untuk menunjang kesehatan tubuh. Jika kamu mengalami efek samping seperti sakit perut dan diare setelah mengonsumsi rendaman air kurma, segera hentikan dan lakukan pemeriksaan kesehatan. Manfaatkan Layanan Janji Medis di Halodoc. Pastikan kamu sudah download Halodoc di ponselmu, ya!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Verywell Fit. Diakses pada 2022. Date Nutrition Facts and Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Proven Health Benefits of Dates.
Health. Diakses pada 2022. 7 Health Benefits of Dates, According to a Nutritionist.