Kenali 6 Manfaat Minyak Wijen bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Oktober 2023

“Minyak wijen memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, sama seperti bijinya. Contohnya menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan menyehatkan rambut.”

Kenali 6 Manfaat Minyak Wijen bagi Kesehatan TubuhKenali 6 Manfaat Minyak Wijen bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Minyak wijen memang tidak mengandung protein dan vitamin B seperti bijinya, tapi bahan ini memiliki asam lemak omega-3 yang bersifat antioksidan untuk tubuh. Masyarakat meyakini bahwa manfaat minyak wijen cukup penting untuk kesehatan. 

Contohnya, menyediakan lemak sehat untuk jantung, melawan peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Mengingat minyak wijen sering menjadi pilihan untuk menumis masakan atau tambahan saus, manfaatnya semakin mudah untuk kamu dapatkan.. 

Manfaat Penting Minyak Wijen untuk Kesehatan

Asam lemak omega-3 dan omega-6 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang terkandung dalam minyak wijen. Keduanya juga merupakan asam lemak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Bukan cuma itu, minyak dari tanaman herbal ini  juga mengandung banyak antioksidan, vitamin E, fitosterol, lignan, sesamol, dan sesaminol. Senyawa tersebut berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis. 

Secara garis besar, berikut manfaat penting minyak wijen untuk kesehatan: 

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama yaitu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut berkat kandungan asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 dengan rasio yang seimbang. 

Omega-3 dan omega-6 merupakan asam lemak tidak jenuh ganda, sedangkan omega-9 asam lemak tidak jenuh tunggal. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang mengandung lemak sehat tersebut dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan bahwa kolesterol LDL dan trigliserida dapat berkurang dengan mengonsumsi minyak wijen. Hal tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. 

Tak hanya menggunakan minyak wijen, kamu juga bisa mengonsumsi salah satu dari Berbagai Obat Jantung dari Bahan Alami yang Bisa Dicoba.

2. Minyak wijen mengurangi peradangan

Minyak wijen telah lama menjadi pilihan pengobatan tradisional karena memiliki sifat antiinflamasi. Bahan ini populer sebagai obat untuk mengatasi nyeri sendi, sakit gigi, luka gores, lecet, kram pramenstruasi, dan lainnya bagi masyarakat Taiwan.

3. Mengatur kadar gula darah

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi minyak wijen mengalami pengurangan gula darah dan hemoglobin A1c (kadar gula darah rata-rata selama dua hingga tiga bulan terakhir). 

Selain minyak wijen, Jarang Diketahui, Ini 5 Makanan Ini Dapat Menurunkan Gula Darah Tubuh.

4. Minyak wijen menyehatkan rambut

Manfaat minyak wijen berikutnya yaitu mendukung kesehatan rambut. Minyak ini mengandung sesamin dan vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung dua antioksidan tersebut dapat meningkatkan kekuatan dan kilau rambut.   

5. Meredakan stres dan depresi

Kandungan lainnya dalam minyak wijen yaitu asam amino yang bernama tirosin. Senyawa tersebut secara efektif membantu meningkatkan hormon serotonin yang dapat meredakan perasaan stres dan depresi.

6. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Antioksidan dalam wijen mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Perlu kamu ketahui, minyak wijen memiliki ketahanan hingga 30 persen dari sinar UV, sedangkan minyak lainnya hanya tahan hingga 20 persen.

Penelitian mengenai manfaat wijen sebagai pelindung kulit masih terbatas. Sementara itu, beberapa sumber lain mengklaim minyak wijen bermanfaat sebagai tabir surya alami yang efektif. Namun, perlu adanya penelitian lebih banyak mengenai hal tersebut. 

Itulah manfaat minyak wijen untuk kesehatan yang sayang untuk kamu lewatkan. Minyak ini sebenarnya memiliki rasa yang enak dan bisa menjadi campuran dalam makanan. 

Nah, bila kamu atau anggota keluargamu memiliki keluhan kesehatan, sebaiknya jangan ragu untuk segera chat dokter umum dari aplikasi Halodoc. Jadi, kamu bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah terjadinya komplikasi. 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Sesame Oil: Is It Good for You?
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Science-Backed Benefits of Sesame Oil
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about sesame oil

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan