Kenali 7 Penyebab Seseorang Alami Kondisi Mati Otak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juni 2023

“Kematian otak adalah kondisi serius dan permanen di mana semua fungsi otak berhenti. Cedera kepala, stroke, infeksi otak, dan penyakit kardiovaskular adalah beberapa penyebab paling umum terjadinya kondisi ini.”

Kenali 7 Penyebab Seseorang Alami Kondisi Mati OtakKenali 7 Penyebab Seseorang Alami Kondisi Mati Otak

Halodoc, Jakarta – Kondisi mati otak atau disebut kematian serebral total, adalah kondisi yang sangat serius dan tingkat pulihnya sangat kecil. Saat seseorang mati otak, semua fungsi otak terhenti dan harapan untuk sembuh sangat kecil. 

Dengan mengetahui penyebab kondisi ini dapat membantu kita memahami mengapa seseorang bisa mengalami kematian otak. Lantas, apa saja penyebabnya? Berikut adalah penjelasannya!

Penyebab Seseorang Alami Kondisi Mati Otak

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang dapat terjadi.

1. Cedera kepala serius

Salah satu penyebab paling umum adalah cedera kepala parah. Cedera kepala ini dapat terjadi akibat kecelakaan mobil, jatuh, kecelakaan olahraga, atau benturan keras lainnya di kepala.

Cedera kepala yang mengakibatkan pendarahan otak yang signifikan atau kerusakan jaringan otak sehingga memicu hilangnya fungsi otak secara total. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu juga bisa membaca artikel mengenai Komplikasi yang Dapat Terjadi Akibat Cedera Kepala.

2. Stroke

Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika terhentinya aliran darah ke otak, baik karena pembuluh darah yang tersumbat atau karena pendarahan otak. Jika stroke terjadi sangat parah dan mempengaruhi bagian vital otak, seperti batang otak, maka bisa menimbulkan kematian otak total.

3. Serangan jantung

Serangan jantung atau gagal jantung yang parah dapat memengaruhi aliran darah ke otak. Ketika pasokan oksigen dan nutrisi otak terhenti, maka memicu terjadinya kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki dan akhirnya kematian otak dapat terjadi.

4. Infeksi otak yang parah

Beberapa infeksi otak yang serius, seperti ensefalitis atau meningitis bakteri, dapat menyebabkan kerusakan serius pada jaringan otak. Jika infeksi ini tidak segera mendapatkan pengobatan atau tidak merespon pengobatan dengan baik, kematian otak total dapat terjadi.

5. Keracunan atau overdosis

Jika dikonsumsi zat atau obat tertentu secara berlebih, maka dapat mengakibatkan kerusakan otak yang parah dan akhirnya terjadi kematian otak. Misalnya, overdosis yang menyebabkan kerusakan peredaran darah atau keracunan parah bisa menjadi penyebab kematian otak.

6. Gangguan kardiovaskular

Gangguan kardiovaskular yang serius seperti fibrilasi ventrikel, aritmia jantung atau gangguan kardiovaskuler lainnya dapat menyebabkan gangguan aliran darah ke otak. Ketika aliran darah terputus, otak tidak menerima oksigen dan nutrisi yang cukup, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian otak.

7. Hipoksia berkepanjangan

Hipoksia adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak menerima oksigen dengan cukup. Jika hipoksia berlanjut dalam waktu lama dan tidak segera mendapatkan pengobatan, maka otak dapat mengalami kerusakan permanen dan menyebabkan kematian otak. Penyebab hipoksia bisa bermacam-macam, seperti serangan jantung, kesulitan bernapas, atau kontak yang terlalu lama dengan ketinggian.

Penting untuk diketahui bahwa mati otak adalah kondisi yang sangat serius. Mendiagnosis kondisi ini biasanya membutuhkan pengujian dan pengamatan yang cermat oleh tim medis yang terlatih. Ada prosedur yang jelas dan standar untuk memastikan diagnosis yang akurat.

Mengenali penyebabnya dapat membantu kita meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit ini. Kesehatan otak yang baik, keamanan kerja dan memperhatikan tanda-tanda masalah kesehatan yang serius merupakan langkah penting untuk mencegah kematian otak.

Jika kamu mengalami keluhan terkait dengan masalah kesehatan otak, kamu bisa melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli melalui Halodoc. Selain itu, dapatkan kebutuhan suplemen dan vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
NHS Inform. Diakses pada 2023. Brain Stem Death.
National Library of Medicine. Diakses pada 2023. Brain Death.
Neurocritical Care Society. Diakses pada 2023. Brain Death.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan