• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Jenis Virus Herpes yang Bisa Menyerang Manusia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 8 Jenis Virus Herpes yang Bisa Menyerang Manusia

Kenali 8 Jenis Virus Herpes yang Bisa Menyerang Manusia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Januari 2021
Kenali 8 Jenis Virus Herpes yang Bisa Menyerang Manusia

Halodoc, Jakarta – Herpes dikenal sebagai penyakit yang ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan. Penyakit tersebut disebabkan oleh virus.

Dari lebih dari 100 virus herpes yang diketahui, hanya 8 yang bisa menginfeksi manusia, yaitu virus herpes simpleks tipe 1 dan 2, virus varicella-zoster, cytomegalovirus, virus Epstein-Barr, virus herpes manusia 6 (varian A dan B), virus herpes manusia 7, virus sarkoma Kaposi atau virus herpes manusia 8, dan virus B. Kenali masing-masing jenis virus herpes tersebut lebih jauh di sini.

1.Virus Herpes Simpleks

Virus herpes simpleks atau dikenal sebagai herpes dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu herpes tipe 1 (HSV-1 atau herpes oral) dan herpes tipe 2 (HSV-2 atau herpes genital). Herpes tipe 1 adalah jenis virus herpes simpleks yang umum yang menyebabkan luka di sekitar mulut dan bibir. Jenis virus ini ditularkan melalui cairan mulut atau luka pada kulit yang bisa menyebar melalui ciuman atau berbagi benda, seperti sikat gigi atau peralatan makan.

HSV-1 juga bisa menyebabkan herpes genital, namun kebanyakan herpes genital disebabkan oleh herpes tipe 2. Orang yang terinfeksi HSV-2 bisa mengalami luka di sekitar alat kelamin atau rektum. Jenis virus herpes ini hanya bisa ditularkan melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi herpes genital.

Baca juga: Ini Pengobatan Rumahan untuk Atasi Herpes Genital

2.Virus Varicella-Zoster

Infeksi virus varicella-zoster menyebabkan cacar air, penyakit yang dikenal dengan gejalanya yang khas yaitu lepuhan gatal yang bisa menyebar ke seluruh tubuh. Bahkan setelah cacar air sembuh, virus varicella-zoster bisa menetap di sekitar tulang belakang atau dasar dari tulang tengkorak tubuh, dan bisa kembali aktif di kemudian hari, sehingga menyebabkan herpes zoster.

Virus varicella-zoster sangat menular, yang biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan ruam. Virus tersebut bisa menyebar ketika pengidap cacar air batuk atau bersin dan kamu menghirup percikan liurnya yang ada di udara.

3.Cytomegalovirus

Cytomegalovirus (CMV) adalah virus yang umum. Setelah terinfeksi tubuh kamu bisa menyimpan virus tersebut seumur hidup. CMV menular dari orang ke orang melalui cairan tubuh, seperti darah, air liur, urin, air mani, dan ASI.

4.Virus Epstein Barr

Virus Epstein barr adalah jenis virus yang menyebabkan mononukleosis. Penyakit ini disebut juga penyakit berciuman, karena virus Epstein barr bisa menular melalui air liur yang bisa didapatkan melalui ciuman. Namun, kamu juga bisa tertular dengan berbagi gelas atau alat makan dengan orang yang terinfeksi mononukleosis. 

Baca juga: Kenali 2 Gejala Ketika Terserang Mononukleosis

5.Virus Herpes Manusia 6

Human herpes virus 6 (HHV 6) adalah virus yang umum dan menular yang menyebabkan roseola. Jenis virus herpes ini paling sering menyerang anak-anak yang berusia 6-24 bulan dan menyebabkan demam tinggi dan ruam. HHV 6 bisa menyebar dari satu orang ke orang lain melalui cairan dari saluran pernapasan.

6.Virus Herpes Manusia 7 

Human herpes virus 7 (HHV 7) juga menjadi virus yang biasanya menginfeksi anak-anak. Virus ini sudah dikaitkan dengan kasus roseola, pityriasis rosea, dan komplikasi transplantasi.

7.Virus Herpes Manusia 8

Infeksi human herpes virus 8 (HHV 8) lebih sering terjadi di beberapa negara Mediterania dan tersebar luas di Afrika. Virus ini menyebabkan sarkoma Kaposi, kanker yang biasanya muncul pada pengidap AIDS. HHV 8 juga sudah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker langka lainnya, seperti limfoma efusi primer. 

Virus ini menyebar terutama melalui air liur, tapi juga bisa menyebar melalui darah dan hubungan seksual. Meskipun virus bisa tetap berada di dalam tubuh setelah infeksi, sistem kekebalan biasanya bisa mengendalikan virus, sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sudah terinfeksi HHV 8.

8.Virus B

Pada manusia, virus B menyebabkan ensefalitis, radang otak yang bisa berakibat fatal. Virus B ditularkan ke manusia melalui gigitan monyet yang terinfeksi, lalu dibawa ke neuron yang menuju ke otak.

Baca juga: Awas, Ini Penyebab dan Gejala Radang Otak yang Perlu Diketahui

Itulah 8 jenis virus herpes yang bisa menginfeksi manusia yang perlu diketahui. Bila kamu mengalami gejala-gejala seperti gejala infeksi virus herpes, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Kamu bisa beli obat yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play. 

Referensi:
Medical Microbiology. 4th edition. Diakses pada 2021. Herpesviruses.
WebMD. Diakses pada 2021. Shingles.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cytomegalovirus (CMV) infection.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Mononucleosis.
Healthy Children. Diakses pada 2021. Human Herpes Virus 6.
National Library of Medicine. Diakses pada 2021. Human Herpes Virus 7.
Canadian Cancer Society. Diakses pada 2021. Human Herpes Virus 8.