Kenali Berbagai Cara Mengobati Sindrom Tangan Alien

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 November 2022

“Sindrom tangan alien merupakan gangguan saraf yang menyebabkan tangan bergerak tanpa terkontrol. Terapi dan penggunaan obat bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ini.”

Kenali Berbagai Cara Mengobati Sindrom Tangan AlienKenali Berbagai Cara Mengobati Sindrom Tangan Alien

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan ketika tangan kehilangan kemampuan untuk mengontrol gerakan. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya gangguan sindrom tangan alien. Penyakit ini merupakan gangguan saraf langka yang menyebabkan tangan bergerak tanpa adanya perintah dari otak. 

Tentunya kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada aktivitas sehari-hari. Sebaiknya ketahui berbagai pemicu kondisi ini agar kamu bisa melakukan pencegahan kondisi ini. Selain itu, cari tahu berbagai perawatan atau pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya melalui ulasan berikut!

Hal yang Jadi Pemicunya

Sindrom ini adalah gangguan neurologis langka yang menyebabkan tangan dapat bergerak sendiri, tetapi sindrom ini berbeda dengan kondisi tremor. Saat tremor, tangan akan gemetar secara berulang tanpa terkendali, sedangkan sindrom ini menyebabkan tangan bergerak sendiri. 

Tangan yang mengalami sindrom ini dapat melakukan berbagai gerakan, seperti menyentuh wajah, membelai rambut, bergerak seperti menari, hingga mengambil barang tertentu. Saat sindrom ini mengalami episode tertentu, kamu akan merasa bingung karena tangan bergerak tanpa sengaja untuk melakukan tindakan tertentu.

Hingga saat ini belum ada yang tahu pasti apa penyebab sindrom ini. Namun, adanya kerusakan pada otak khususnya bagian yang memengaruhi kontrol motorik memicu seseorang mengalami sindrom ini. Seseorang yang pernah mengalami tindakan bedah otak, khususnya bagian corpus callosum, berisiko tinggi mengidap sindrom ini.

Selain itu, beberapa pengidap mengidap sindrom ini setelah mengalami penyakit stroke, trauma, hingga tumor pada bagian otak. Penyakit ini juga bisa muncul akibat adanya penyakit kanker, neurodegeneratif, hingga aneurisma otak.

Cara Mengobati Sindrom Tangan Alien

Penyakit ini dapat terjadi oleh siapa saja, apalagi jika pernah memiliki riwayat dengan gangguan pada otak. Seorang dokter dapat mendiagnosis penyakit ini dengan melakukan observasi dan evaluasi terhadap gejala yang muncul.

Dokter juga akan mencari tahu mengenai riwayat kesehatan, tindakan pengobatan, hingga jenis obat-obatan yang pernah kamu konsumsi. Setelah itu, dokter akan melanjutkan pemeriksaan dengan melakukan tes, seperti:

  • MRI.
  • DT MRI.
  • CT Scan.

Jika dokter mendiagnosis kamu mengalami sindrom ini, mungkin ada beberapa perawatan bisa menurunkan gejalanya. Meski begitu, belum ada satu pun cara efektif untuk mengatasi sindrom ini.

Berikut ini beberapa perawatan yang bisa dilakukan:

1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini bisa kamu lakukan untuk membantu pengidap sindrom ini menerima kenyataan emosional dan kondisi kesehatan mereka. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk meredakan gerakan-gerakan yang sebelumnya tidak dapat dikontrol dengan baik.

2. Mengalihkan Gerakan Tangan

Dengan melakukan terapi yang tepat, maka pengidap bisa mengalihkan gerakan tangan yang terjadi. Kamu bisa memegang barang yang kecil setiap saat untuk mengalihkan tangan sehingga kamu bisa mengontrol gerakannya.

3. Visuospatial Coaching Techniques

Cara ini akan membantu persepsi kamu untuk mengerti bahwa sindrom ini berkaitan langsung dengan gangguan pada bagian tubuh lainnya. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang saat menghadapi dan mengontrol episode yang muncul.

4. Penggunaan Obat-obatan

Beberapa kasus sindrom tangan alien mendapatkan jenis obat-obatan tertentu, seperti clonazepam yang dapat menurunkan gejalanya sebanyak 70 persen. Selain itu, pemberian injeksi toksin botulinum pada sindrom tangan alien menunjukkan penurunan gejala sebanyak 80 persen.

Itulah beberapa pengobatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sindrom ini. Jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk menemui dokter spesialis yang bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah gangguan saraf. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. What Is Alien Hand Syndrome?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Alien Hand Syndrome?
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to Know about Alien Hand Syndrome.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan