• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Gejala Cacar Air pada Orang Dewasa

Kenali Gejala Cacar Air pada Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Cacar air adalah salah penyakit yang kerap menyerang anak-anak. Gangguan ini dapat menimbulkan bintik-bintik atau benjolan di seluruh tubuh. Penyakit ini juga dipercaya hanya terjadi sekali seumur hidup. Apabila seseorang pernah mengalaminya saat kecil, penyakit ini tidak akan terjadi lagi untuk seumur hidup.

Namun, tahukah kamu jika cacar air juga dapat terjadi pada orang dewasa? Gangguan cacar air yang menyerang orang dewasa terbilang mudah menyebar dan ditularkan ketika seseorang yang mengidapnya berada di dekat kamu. Selain itu, kamu mungkin saja sulit membedakan cacar air dengan gangguan lainnya karena jarang menyerang orang dewasa. Berikut beberapa gejala yang harus diketahui!

Baca juga: Mengapa Cacar Air Lebih Buruk Jika Terjadi pada Orang Dewasa?

Gejala Cacar Air yang Dapat Timbul pada Orang Dewasa

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang sangat menular. Penyakit ini kerap terjadi pada anak-anak dan menimbulkan gangguan yang ringan berupa suhu tubuh yang meningkat, batuk, hingga ruam gatal. Cara yang umum untuk mengatasinya adalah beristirahat selama satu minggu agar tubuh kembali normal.

Seseorang yang pernah mengidap cacar air juga biasanya memiliki kekebalan tersendiri dari penyakit ini. Maka dari itu, jika kamu pernah mengidap cacar air ketika anak-anak, kecil kemungkinannya untuk terkena gangguan ini ketika dewasa. Maka dari itu, penting untuk mendapatkan vaksin cacar air pada orang dewasa yang belum pernah mengidap cacar air.

Orang dewasa yang mengidap cacar air mempunyai kemungkinan untuk mengalami komplikasi, berbeda saat terjadi pada anak-anak. Virus ini lebih mudah menyerang orang dewasa yang sistem kekebalan tubuhnya rendah dan wanita hamil. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala dari cacar air pada orang dewasa agar dapat diatasi secara dini. Berikut beberapa gejalanya:

  1. Timbul Bentol di Seluruh Tubuh

Salah satu gejala dari cacar air yang umum terjadi pada anak-anak atau orang dewasa adalah timbulnya bentol di seluruh tubuh disertai rasa gatal. Bintik tersebut dapat melepuh dan berkembang selama beberapa hari. Selain itu, gangguan ini dapat menyebabkan pengidapnya kehilangan nafsu makan dan kerap merasa lelah.

Baca juga: Harus Tahu, Bahaya Komplikasi Cacar Air pada Orang Dewasa

  1. Gejala Mirip Flu

Kamu juga dapat mengalami gejala yang mirip dengan flu saat terserang cacar air. Saat terjadi, kamu dapat merasakan demam, kelelahan, tidak nafsu makan, dan rasa sakit pada tubuh serta kepala. Gangguan ini dapat muncul beberapa hari sebelum ruam atau bintik-bintik tersebut terjadi.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait gejala apa saja yang muncul jika cacar air menyerang orang dewasa. Hal tersebut dapat efektif untuk mencegah terjadinya komplikasi agar segera mendapat penanganan. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

  1. Bentol Mengering

Berselang beberapa hari, bintik-bintik yang tersebar di seluruh tubuh tersebut akan mulai mengering dan membentuk kerak. Jika sudah kering, pertanda tidak lama lagi tubuh akan sembuh. Koreng tersebut akan hilang dalam hitungan minggu. Untuk memastikan kesembuhan, jangan pernah menggaruk koreng tersebut karena dapat meninggalkan bekas luka atau gangguan lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Pengobatan di Rumah Guna Mengatasi Cacar Air?

Cacar air yang terjadi pada orang dewasa umumnya menyerang dalam waktu 5 hingga 10 hari. Meski begitu, gangguan ini dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya, terlebih lagi jika kamu mempunya sistem imun yang lemah. Maka dari itu, jika kamu merasakan gejala dari cacar air, ada baiknya untuk langsung mendapatkan perawatan dari ahli medis.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Chickenpox in Adults.
myDr. Diakses pada 2020. Chickenpox in adults.