Kenali Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Oktober 2021

“Sirsak merupakan salah satu buah yang kaya akan berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Bukan hanya dagingnya, daun buah sirsak juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi wanita. Melawan kanker payudara, meningkatkan kesuburan, menurunkan berat badan, dan memperlambat penuaan dini adalah beberapa manfaat daun sirsak untuk wanita.”

Kenali Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan WanitaKenali Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Wanita

Halodoc, Jakarta – Memiliki rasa asam manis yang menyegarkan membuat sirsak menjadi salah satu buah yang digemari banyak orang.  Buah ini biasanya dimakan secara langsung, tetapi bisa juga diolah menjadi jus sirsak atau minuman lainnya.

Tidak hanya punya rasa yang enak, daging buah sirsak juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, seperti vitamin B1, B2, B3, C, kalsium, folat, zat besi, magnesium dan masih banyak lagi. Selain daging buahnya yang penuh nutrisi, daun buah sirsak ternyata juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk wanita. Yuk, kenali manfaat daun sirsak untuk kesehatan wanita di sini.

Baca juga: 10 Makanan Tersehat yang Harus Dikonsumsi Wanita (Bagian 2)

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Wanita

Manfaat daun sirsak baik untuk kesehatan wanita, antara lain:

  1. Mencegah Kanker Payudara

Daun sirsak mengandung senyawa anti kanker yaitu acetogenins (AGEs). Menurut studi yang dilakukan oleh Soilia dan kawan-kawan, ekstrak daun sirsak bisa membunuh sel kanker payudara dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker. 

  1. Baik untuk Kesuburan

Minum teh daun sirsak dikatakan juga baik untuk kesuburan wanita. Hal Itu karena daun herbal tersebut berkhasiat untuk meningkatkan ovulasi dan juga melancarkan siklus menstruasi. Dengan begitu, daun sirsak bisa membantu meningkatkan kesuburan. Namun, manfaat daun sirsak yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Bagi Para Wanita, Simak 4 Cara Meningkatkan Kesuburan Ini

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi para wanita yang ingin menurunkan berat badan, cobalah minum secangkir teh daun sirsak setiap hari. Minuman dengan tambahan daun herbal tersebut bisa membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada daun sirsak juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Dengan begitu, berat badan kamu pun bisa berkurang.

Baca juga: Teh Daun Sirsak Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Benarkah?

  1. Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat daun sirsak yang tentunya diidamkan oleh para wanita adalah memperlambat penuaan dini. Hal itu berkat kandungan vitamin C dan asam askorbat yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini

Sekarang ini, ekstrak daun sirsak sudah tersedia dalam bentuk suplemen. Cek suplemen yang kamu butuhkan di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
UNAIR News. Diakses pada 2021. Soursop leaf extract inhibits breast cancer cell growth.
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Soursop.
Nimed Health. Diakses pada 2021. 15 Health Benefits of Soursop Leaves Tea.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan