• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Penyakit Vertigo yang Sangat Mengganggu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Penyakit Vertigo yang Sangat Mengganggu

Kenali Penyakit Vertigo yang Sangat Mengganggu

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 Juni 2022

“Pusing seperti berputar dan kehilangan keseimbangan menjadi tanda awal vertigo yang perlu kamu ketahui. Kenali lebih jauh penyakit vertigo yang dapat mengganggu aktivitas pengidapnya.”

Kenali Penyakit Vertigo yang Sangat MenggangguKenali Penyakit Vertigo yang Sangat Mengganggu

Halodoc, Jakarta – Vertigo adalah perasaan pusing seperti berputar. Seseorang yang mengalami masalah kesehatan ini akan merasa seolah ruangan atau lingkungan di sekitarnya seperti sedang berputar. Vertigo biasanya mengacu pada rasa pusing sementara atau berkelanjutan karena masalah pada telinga bagian dalam atau otak.

Vertigo bukanlah suatu penyakit, tetapi lebih mengarah kepada gejala dari kondisi yang mendasarinya. Pasalnya, banyak kondisi berbeda yang dapat menyebabkan munculnya vertigo. Tentu saja, mengalami vertigo membuat seseorang tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengenal Vertigo Lebih Jauh

Ternyata, masih banyak orang yang salah mengartikan vertigo sebagai penyakit yang tidak serius. Padahal, tanpa adanya penanganan yang tepat, vertigo dapat berujung pada komplikasi yang membahayakan. Jadi, pastikan kamu mengenal dengan baik gejala vertigo, ciri penyakit vertigo, dan tips mengatasi vertigo yang tepat. 

  1. Vertigo Bukan Penyakit, Melainkan Gejala

Ternyata, selama ini masih banyak yang menganggap  vertigo sebagai sebuah penyakit. Padahal, vertigo lebih mengarah pada sebuah gejala, bukan penyakit. Vertigo biasanya muncul sebagai gejala dari penyakit seperti migrain hingga Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Kondisi ini terjadi karena adanya kelainan pada telinga bagian dalam.

Biasanya, vertigo akan diikuti dengan gejala lainnya seperti mual, muntah dan lemas. Guna membantu meredakan atau menghilangkan gejala ini, pastinya sangat penting untuk mengetahui penyakit apa yang menjadi penyebab munculnya vertigo.

  1. Tanda dan Gejala Vertigo

Tidak semua sakit kepala yang kamu rasakan menunjukkan gejala vertigo. Salah satu ciri penyakit vertigo yaitu perasaan seperti sedang berputar dan bergerak, padahal kamu tidak sedang melakukannya. Biasanya, kondisi ini akan berlangsung sekitar beberapa detik. Akan tetapi, kemunculannya bisa terjadi secara mendadak dan mengakibatkan pengidapnya mengalami kesulitan beraktivitas.

  1. Penyebab Vertigo

Sering kali, vertigo terjadi sebagai bentuk gejala dari suatu masalah kesehatan. Meski demikian, vertigo juga dapat muncul karena virus. Misalnya labyrinthitis yang merupakan virus yang bisa memicu vertigo. Virus ini bekerja dengan cara menginfeksi telinga bagian dalam sehingga menyebabkan gangguan pada area tersebut. 

  1. Risiko yang Tidak Sama

Risiko  vertigo  tidak sama antara satu pengidap dengan lainnya. Umumnya, penentu risiko vertigo mengacu pada kondisi struktur dan cara kerja tubuh. Misalnya, bagaimana cara telinga bagian dalam bekerja dengan otak atau organ tubuh lainnya. Menurut para ahli wanita lebih berisiko mengalami vertigo dibandingkan dengan pria.

  1. Dapat Menjadi Suatu Tanda

Rasa berputar pada kepala yang dialami pengidap vertigo bisa jadi merupakan tanda kondisi yang lebih serius. Perlu diketahui bahwa gejala vertigo tidak selalu menjadi tanda dari migrain atau BPPV. Vertigo yang terjadi karena penyakit atau kondisi radang telinga biasanya akan mereda pada beberapa hari.

Meski demikian, apabila gejala tak kunjung mereda bahkan setelah dilakukan perawatan mandiri, besar kemungkinan terdapat kondisi medis lain.  Terlebih kalau vertigo disertai dengan sakit kepala parah, penglihatan kabur, mengalami kesulitan berbicara, rasa sakit di sekitar dada, telinga berdengung, dan kehilangan kemampuan mendengar. Apabila kamu mengalami gejala tersebut, mungkin vertigo dapat menjadi tanda penyakit yang lebih serius, seperti stroke atau masalah jantung.

Oleh sebab itu, kamu harus mengenali semua ciri penyakit vertigo yang muncul. Selanjutnya, pastikan kamu segera mendapatkan penanganan setelah merasakan gejalanya. Supaya lebih mudah, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk bertanya jawab pada dokter dan mengecek kebutuhan obat untuk vertigo di Toko Kesehatan. Download aplikasi Halodoc secara gratis di App Store maupun Play Store.

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything you need to know about vertigo.
WebMD. Diakses pada 2022. Vertigo.
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Are the Causes and Risk Factors for Vertigo?