• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Perkembangan Kognitif Bayi Usia 7 Bulan

Kenali Perkembangan Kognitif Bayi Usia 7 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat berusia 7 bulan, bayi sudah semakin mahir menggunakan tangannya. Di usia ini juga, ibu biasanya sudah melatih Si Kecil untuk memegang makanan atau camilannya sendiri. Tidak lama lagi pun Si Kecil sudah bisa menepuk tangan, atau mengangkat-angkat tangannya untuk menandakan bahwa mereka merasa senang. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 22 Bulan

Perkembangan tersebut juga disertai perkembangan pada giginya. Si Kecil mungkin akan lebih banyak mengeluarkan air liur, karena pertumbuhan gigi yang semakin banyak. Untuk meringankan gatal saat pertumbuhan gigi, ibu bisa memberikan Si Kecil teether untuk meringankan rasa gatalnya. Bukan hanya itu saja, berikut perkembangan bayi usia 7 bulan!

  • Si Kecil Sudah Bisa Menumpu Berat Badan pada Kakinya

Perkembangan bayi usia 7 bulan yang pertama adalah, Si Kecil sudah mampu menyokong sebagian berat badan dengan kakinya. Ia sudah belajar merambat, bahkan akan melompat-lompat ketika diposisikan berdiri. Bukan itu saja, Si Kecil juga sudah mampu merambat mencapai objek benda yang mencuri perhatiannya. 

  • Si Kecil Sudah Belajar Memegang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Si Kecil sudah mampu memegang makanannya sendiri. Kemahiran motorik halus ini akan semakin berkembang di usianya menginjak 7 bulan. Ia sudah mampu mengangkat barang dengan sebelah tangannya, dan dengan mudah memindahkan barang itu ke tangan sebelahnya. Ia juga sudah bisa minum sendiri dengan menggenggam cawan gelas.

Untuk melatihnya, ibu bisa meletakkan mainan dengan posisi yang lebih jauh dari jangkauan mereka, dan lihat bagaimana mereka mencoba meraihnya. Jika ia menangis karena tidak dapat mencapainya, coba untuk memotivasinya. Jika ibu sentiasa selalu membantunya, Si Kecil akan tetap rewel untuk mendapatkan semua keinginannya.

Baca juga: Perkembangan Bayi 26 Bulan

  • Si Kecil Sudah Bertumbuh Gigi

Perkembangan bayi usia 7 bulan selanjutnya sudah dapat dilihat dari banyaknya gigi yang tumbuh. Pertumbuhan gigi sendiri sebenarnya sudah dapat terlihat dari mereka menginjak usia lima atau enam bulan. Saat menginjak usia 7 bulan, ibu sudah bisa melihat dua gigi insisif tengah atas keluar. Tumbuhnya kedua gigi tersebut biasanya akan renggang.

Jika hal tersebut terjadi, ibu jangan keburu panik, ya! Karena terkadang gigi memang tumbuh secara renggang, karena mulut belum dipenuhi gigi. Namun, jika gigi Si Kecil sudah hampir tumbuh semua, kondisi gigi akan merapat dengan sendirinya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, selama proses pertumbuhan gigi, ibu akan melihat banyaknya air liur yang keluar dari mulut bayi. Hal tersebut wajar terjadi.

  • Si Kecil Rewel saat Berpisah dari Ibu

Tidak jarang banyak anak yang sangat rewel saat berpisah dengan ibunya. Hal tersebut juga yang terjadi di perkembangan bayi usia 7 bulan, karena semakin mengenali dan nyaman dengan ibu. Jika hal tersebut terjadi pada Si Kecil, kondisi ini dikenal dengan separation anxiety, yaitu bentuk kecemasan yang dialami bayi ketika ia harus terpisah dari orangtuanya.

Perlu ibu ketahui bahwa kecemasan tersebut adalah bagian dari perkembangan emosional yang dimulai saat bayi sudah mulai mengerti keberadaan orang-orang di sekitarnya. Pada tingkat tertentu, bayi akan menunjukkan kecemasan yang sangat nyata. Mereka bahkan bisa saja menjadi kesal, marah, atau kecewa bila terpisah dari orangtuanya. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 27 Bulan

Perlu ibu ingat bahwa perkembangan masing-masing anak akan berbeda. Ibu tidak bisa menyamaratakannya. Namun, jika anak terlalu lambat dalam menunjukkan perkembangan bayi yang seharusnya, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Pasalnya, tumbuh kembang yang dibiarkan saja akan memengaruhi tingkat tumbuh kembangnya di kemudian hari.

Referensi:

Healthychildren.org. Diakses pada 2020. Developmental Milestones: 7 Months.
Parents. Diakses pada 2020. Your Baby's Intellectual Development: Month 7.