Perkembangan Bayi 27 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perkembangan Bayi 27 Bulan

Halodoc, Jakarta - Usia Si Kecil sekarang sudah 27 bulan, pasti semakin banyak hal-hal unik yang dilakukannya yang mengundang senyum, tawa, bahkan gelengan kepala dari ibu dan ayah, ya? Tentu saja, karena tumbuh kembang anak seharusnya memang terjadi seiring dengan usianya yang terus bertambah.

Nah, memasuki usia ini, sang buah hati mengalami perubahan baik dalam berperilaku hingga kemampuannya dalam melihat. Bagaimana perkembangan tersebut dapat terjadi? Ini ulasannya.

Memahami Perilaku Unik Balita

Ada saat ketika sang buah hati terlelap di boks tidurnya, tetapi ada kalanya pula ia membawa semua mainan atau bonekanya dan tidur di kasur yang lebih besar. Bisa jadi, ia takut berada di tempat tidur sendirian dan menjadikan mainannya sebagai teman. Ini bukan hal yang aneh, Si Kecil hanya sedang belajar untuk lebih memahami bagaimana dunia di sekelilingnya bekerja. 

Ibu dan ayah perlu tahu, anak di usia ini suka dengan permainan interaktif. Permainan yang menggunakan jari dan iringan lagu akan lebih menarik perhatiannya. Pilihan permainan lain adalah tebak-tebakan. Permainan yang melibatkan kinerja otak anak direkomendasikan untuk dilakukan ketika ibu memiliki waktu luang atau menunggu sesuatu dengan sang buah hati. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 16 Bulan

Kemampuan Melihat Si Kecil

Waktunya untuk kembali jatuh cinta, ketika ibu mendapati Si Kecil menatap ibu dengan matanya yang begitu indah dan wajah mungilnya yang sangat manis. Pada saat ini, ibu mungkin belum memikirkan bagaimana cara menjaga agar sang buah hati tetap se-menggemaskan itu. Namun, pastikan bahwa kesehatan matanya tetap terjaga, ya!

Ini waktu yang tepat untuk membawa sang buah hati melakukan skrining penglihatan rutin. Tentu saja, menemukan atau mendeteksi adanya kelainan mata sejak dini adalah hal yang penting untuk melakukan pengobatan dan pencegahan dari berbagai masalah penglihatan yang mungkin terjadi. Supaya lebih mudah, ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membuat janji dengan dokter ahli mata di rumah sakit terdekat. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 19 Bulan

Namun, ibu dan ayah dapat menemukan masalah penglihatan pada sang buah hati, seperti mata juling, kelopak mata terkulai, mata yang tidak bergerak secara selaras, mata merah atau putih susu, atau mata memiliki kerak. Jika ibu memberikan perhatian lebih dan mendapati Si Kecil menyipitkan matanya setiap kali melihat atau mengalami kesulitan melihat dengan jelas, ini adalah gejala awal masalah penglihatan yang perlu ibu waspadai. 

Apabila Si Kecil harus memakai kacamata, ibu harus siap dengan waktu-waktu ketika ia tidak mau mengenakannya. Belajar menyesuaikan diri dengan kacamata akan butuh waktu, tapi ibu bisa mencoba cara mudah dengan membelikan kacamata mainan dan memakaikannya pada boneka kesayangannya. Sederhananya, selalu berikan contoh dengan baik dan jaga selalu agar mata anak tetap sehat. 

Baca juga: Perkembangan Bayi 22 Bulan

Meski anak mungkin tidak membutuhkan kacamata, mungkin sebaiknya ia tetap menggunakan kacamata hitam di luar ruangan. Cari warna yang bisa menghalangi UV untuk meminimalkan risiko terjadinya katarak. Tumbuh kembang anak pada usia 27 bulan ini memang cukup menyita perhatian ibu dan ayah, tetapi selalu ingat, masih ada bulan-bulan dan tahun berikutnya dengan segudang keunikan dan hal tidak terduga lainnya yang akan ibu dan ayah dapatkan dari sang buah hati. 

Referensi: 
Parents. Diakses pada 2019. 27 Month Old Child Development.
Babycenter. Diakses pada 2019. Your 27-Month-Old: Becoming Bilingual.
What to Expect. Diakses pada 2019. You Don’t Say! Toddler Speech Milestones.